Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memasang Klakson Keong di Motor Sendiri dengan Tahapan Mudah

Cara Memasang Klakson Keong di Motor Sendiri dengan Tahapan Mudah

Cara memasang klakson keong di motor dengan mudah. Caranya dengan melakukan tahapan demi tahapan hingga terpasang secara tepat.

Melakukan modifikasi pada sepeda motor memang sudah banyak dilakukan masyarakat saat ini. Tidak hanya dari segi tampilannya saja. Namun Anda juga bisa melakukan modifikasi pada komponen lain.

Salah satunya klakson. Klakson sepeda motor memiliki fungsi yang cukup penting.

Tanpa adanya klakson seorang pengendara tidak bisa memberikan pertanda pada kendaraan lain.

Sehingga bisa jadi timbul kecelakaan. Suara klakson bawaan memang terkesan monoton.

Tidak sedikit dari pemilik sepeda motor mengubahnya menjadi suara yang menarik atau bahkan lebih keras.

Cara untuk melakukan modifikasi yaitu dengan mengubah jenis klakson motor yang digunakan. Apalagi banyak sekali jenis klakson yang beredar dipasaran.

Salah satunya yang cukup populer yaitu klakson keong. Cara memasang klakson keong di motor cukup sederhana. Sehingga banyak dari mereka yang memilih klakson keong daripada jenis lainnya.

Baca Juga: Cara Cek Klakson Motor Mati Melalui Beberapa Komponen Bersangkutan

Cara Memasang Klakson Keong di Motor dengan Langkah Sederhana

Penggunaan klakson pada sepeda motor cukup penting. Ada baiknya jika Anda memilih klakson yang tepat dan mudah dalam pemasangannya. Klakson keong adalah salah satu jenis yang cukup populer.

Selain itu, suaranya yang keras dan memiliki ciri khas sendiri membuat pemilik sepeda motor semakin tertarik. Namun, apakah semua pemilik sepeda motor bisa memasangnya sendiri?

Tentu jawabanya mengapa tidak. Semua bisa saja melakukan pemasangan klakson keong sendiri. Anda cukup mengikuti langkah yang tepat dan sederhana.

Bahkan cara ini bisa Anda lakukan termasuk pada berbagai jenis klakson lainnya. Memasang klakson sebenarnya tinggal memasang unit klakson pada body motor.

Selanjutnya bisa mencolokkan socket klakson ke komponen baru. Namun untuk cara ini idak tepat jika diterapkan pada klakson variasi. Hal ini karena adanya perbedaan klakson bawaan dan variasi.

Sehingga jika tidak tepat, maka membuat risiko sekring sering putus. Ada cara tepat yang bisa Anda lakukan yaitu dengan memasang rangkaian klakson baru.

Siapkan Peralatan

Sebelum melakukan cara memasang klakson keong di motor Anda tentu harus persiapkan peralatan terlebih dulu.

Ada beberapa perlengkapan yang harus ada. Mulai dari unit klakson, kabel, konektor, sekring, dan rumahnya serta relay 4 kaki.

Baca Juga: Cara Setel Klakson Motor Tidak Perlu ke Bengkel, Ini Solusinya

Rangkaian Klakson

Sebenarnya untuk pemula yang tidak mengerti bidang otomotif bisa mencoba melakukan pemasangan sendiri. Sebab cara ini memang cukup sederhana saja.

Anda pun bisa mencobanya dengan membuat rangkaian secara tepat. Untuk rangkaian klakson Anda bisa ikuti langkah berikut ini:

  1. Langkah pertama sebaiknya Anda ambil relay 4 kaki dan pahami setiap relaynya. Ada 4 relay dengan kaki 30, 85, 86, dan 87
  2. Segera hubungkan terminal 30 relay dengan sekring
  3. Selanjutnya bisa sambungkan ke terminal positif aki
  4. Pada sekringnya sendiri sesuaikan dengan arus yang klakson butuhkan. Pastikan memilih sekring dengan daya tidak lebih rendah dari arus klakson
  5. Jika sudah, Anda bisa hubungkan terminal 87 relay dengan klakson
  6. Pada bagian klakson Anda akan menemukan dua terminal yang satu terhubung dengan terminal 87 relay dan satunya ke ground
  7. Sedangkan untuk terminal 85 dan 86 relay bisa terhubung dengan soket bawaan klakson
  8. Gunakan konektor model donat untuk kabel yang tersambung ke terminal 30 dan kabel ground klakson. Anda bisa langsung pasang pada mur dan baut
  9. Sedangkan pada konektor terminal 85 dan 86 relay ke soket klakson
  10. Setelah pemasangan selesai coba ON kunci kontak dan nyalakan klakson. Jika klakson hidup berarti cara memasang klakson keong di motor yang Anda lakukan sudah tepat. Namun jika klakson belum juga hidup silahkan cek kabel masa klakson ke frame
  11. Jika sampai gagal lagi cobalah untuk balik koneksi kabel ke klakson
  12. Rapikan kabel, pastikan koneksi tertutup isolasi dan aman dari konsleting.

Baca Juga: Motor Matic Tidak Bisa Distarter, Kenali Apa Penyebabnya

Fungsi Relay pada Klakson

Dalam pemasangan klakson keong sepeda motor tentunya membutuhkan relay. Adapun fungsi dari relay yaitu mengurangi hambatan arus listrik. Sehingga membantu tenaga baterai dapat diterima oleh komponen lain.

Selain itu, fungsi relay juga membuat komponen listrik lebih aman. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba melakukan cara memasang klakson keong di motor sendiri tanpa bantuan mekanik. (R10/HR-Online)