Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Speaker iPhone dengan Alat Sederhana, Anti Ribet!

Cara Membersihkan Speaker iPhone dengan Alat Sederhana, Anti Ribet!

Cara membersihkan speaker iPhone akan sangat berguna agar suara dari ponsel tetap terjaga. Selain itu, kotoran yang ada di dalam speaker juga dapat merusaknya.

Speaker merupakan komponen yang tidak kalah penting dalam sebuah ponsel, termasuk iPhone. Komponen satu ini berguna untuk menghasilkan suara.

Umumnya speaker iPhone memiliki lubang kecil. Jika lubang kecil tersebut terisi kotoran dan debu, maka lama kelamaan pasti akan tersumbat sehingga suaranya tidak lagi terdengar.

Baca Juga: Cara Mengeluarkan Air dari iPhone Paling Ampuh, Segera Coba!

3 Cara Membersihkan Speaker iPhone

iPhone milik Anda tiba-tiba tidak mengeluarkan suara atau bahkan terdengar samar? Jika iya, maka jangan buru-buru pergi ke tempat service.

Sebab, belum tentu speaker iPhon Anda rusak. Speaker pada ponsel bisa mengeluarkan suara yang lebih lirih maupun mati total akibat dari penumpukan debu dan kotoran di dalamnya.

Speaker iPhone memang memiliki celah kecil yang sangat rentan terisi debu. Jika debu yang sudah menumpuk terlalu banyak, maka speaker tidak akan berfungsi dengan maksimal lagi.

Ketika hal ini terjadi, maka satu-satunya cara yang dapat Anda lakukan adalah membersihkan celah yang ada pada speaker iPhone. Untuk membersihkan speaker iPhone pun tidak membutuhkan peralatan mahal.

Berikut ini tiga cara membersihkan speaker iPhone yang kotor dengan sederhana di rumah.

Baca Juga: Cara Pakai iPhone untuk Pemula Paling Dasar, Pelajari dengan Cermat!

Menggunakan Sikat Gigi

Setiap orang tentunya memiliki sikat gigi di rumah. Ternyata, selain berguna untuk membersihkan gigi, sikat gigi juga bisa untuk membersihkan speaker iPhone Anda yang kotor.

Sikat gigi memiliki kuas atau bulu sikat yang halus dan lembut. Bagian tersebut yang akan Anda gunakan untuk membersihkan speaker. Ini dia langkah-langkahnya:

  1. Pastikan terlebih dahulu kuas halus atau sikat gigi lembut berada dalam keadaan kering.
  2. Setelah itu gosok lembut bagian port speaker, ini bertujuan untuk membersihkan kotoran, debu, atau bahkan minyak dari pengeras suara.
  3. Jangan lupa untuk mengarahkan bagian speaker ke bawah agar kotoran jatuh dengan sendirinya.

Mengutip dari CIO News, Anda dapat mencelupkan sedikit ujung bulu sikat dengan kadar alkohol 90% lalu melakukan langkah seperti di atas.

Anda bisa menggosokkan sikat gigi pada port speaker iPhone selama beberapa kali sampai debu mulai menghilang tidak tersisa. Satu yang harus Anda perhatikan, yaitu jangan menggosok terlalu kencang.

Hal itu karena bisa saja menyebabkan port speaker justru rusak dan tidak berfungsi.

Menggunakan Selotip

Selotip atau alat perekat ini ternyata juga bisa menjadi cara membersihkan speaker iPhone. Alat yang dapat Anda temukan dengan mudah dan murah ini memiliki banyak manfaat, salah satunya untuk membersihkan bagian port speaker.

Langkah pertama adalah memotong sebagian selotip dan kemudian menggulungnya hingga membentuk silinder. Pastikan sisi lengket selotip berada di luar.

Kemudian, Anda bisa selipkan ujung selotip tersebut ke dalam bagian celah speaker yang berisi debu. Selanjutnya geser ke segala arah agar setiap kotoran dan debu dapat menempel ke selotip.

Lakukan cara tersebut beberapa kali hingga dirasa debu pada speaker tidak tersisa. Anda bisa gunakan senter untuk melihat kondisi di dalam port speaker.

Baca Juga: Water Ejection Siri Shortcut iPhone Efektif untuk Keluarkan Air dari Ponsel

Menggunakan Udara Terkompresi atau Gas Daster

Cara membersihkan speaker iPhone ketiga ini sedikit lebih rumit dari lainnya. Hal itu karena Anda membutuhkan alat gas kompresor atau udara terkompresi.

Alat ini berguna untuk membersihkan perangkat elektronik yang bersifat sensitif. Berikut ini Cara menggunakannya:

  1. Letakkan iPhone milik Anda pada pinggir permukaan datar seperti halnya meja dengan arah port speaker menghadap ke kalian.
  2. Setelah itu, semprotkan gas yang berupa angin ke arah port speaker iPhone secara perlahan hingga nantinya debu terbuang.

Anda tentunya bisa memilih yang paling mudah dari ketiga cara di atas. Alat-alat yang harus Anda butuhkan juga tersedia secara umum dan bisa dengan mudah ditemukan di sekitar.

Untuk pencegahan, lebih baik lakukan pembersihan secara rutin. Anda tidak perlu menunggu hingga suara speaker mulai melirih atau bahkan mati untuk membersihkannya.

Selain menjaga kualitas speaker, cara membersihkan speaker iPhone juga berguna untuk menjaga higienitas atau kebersihan ponsel. Debu yang menumpuk tentu saja tidak baik untuk tubuh sehingga harus rutin melakukan pembersihan. (R10/HR-Online)