Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membuat URL di Android Lengkap dengan Fungsi dan Bagiannya

Cara Membuat URL di Android Lengkap dengan Fungsi dan Bagiannya

Cara membuat URL di Android bisa dilakukan dengan mudah. Android pun sudah menyediakan sebuah tools khusus.

Mungkin sebagian besar orang masih bingung dengan singkatan URL. Namun sudah familiar dengan pengertian website.

URL menjadi salah satu istilah yang bisa Anda temukan ketika berselancar di internet. Sebenarnya sudah sering ditemukan URL saat Anda membuka website atau sejenisnya.

URL itu sendiri singkatan dari Uniform Resource Locator. Biasanya URL digunakan untuk menyebut alamat website. Anda bisa ditunjukkan pada sebuah website secara spesifik yang ingin dituju.

Anda cukup klik alamat pada address bar di browser. Cara membuat URL di Android pun tergolong cukup mudah.

Hal ini dapat membantu para pembuat website atau blogger untuk memberikan halaman khusus pada informasi yang mereka inginkan. Dengan adanya URL dapat membantu siapa saja yang berkunjung hanya dengan satu klik saja.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Akses Root di Android dengan Aplikasi MoboClean

Cara Membuat URL di Android Video YouTube

Sebenarnya untuk membuat URL bisa pada berbagai platform atau aplikasi. Misalnya saja untuk pembuatan URL video YouTube.

Melalui aplikasi tersebut Anda akan dapat membuka peramban web Android. Adapun langka yang bisa Anda lakukan yaitu:

  1. Silahkan buka menu perangkat atau setting
  2. Selanjutnya, Anda bisa geser layar dan sentuh Apps yang biasanya terletak pada bagian bawah device
  3. Jika sudah, segeralah Anda tekan tiga titik yang berada pada posisi pojok kanan atas layar. Namun untuk setiap smartphone berbeda-beda. Ada juga yang memiliki ikon roda gigi
  4. Sentuh default Apps yang biasanya tersimpan di bawah menu lain. Pilihan ini mungkin memiliki label yang berbeda seperti opening links
  5. Cara membuat URL di Android melalui aplikasi YouTube selanjutnya yaitu dengan menyentuh set as default
  6. Silahkan pilih opsi in this App yang secara otomatis semua tautan YouTube akan terbuka. Selain itu, bukan peramban web utama perangkat, namun pada aplikasi YouTube.

Baca Juga: Cara Login Get Contact di Android, Fungsi Hingga Tips Download Aplikasi

Fungsi URL

Tidak hanya cara membuat URL di Android tergolong sederhana. Apalagi mengingat fungsi URL cukup penting.

Ada perumpamaan jika website adalah rumah, maka URL itu merupakan alamat menuju rumah tersebut.

URL dan domain itu dua hal yang berbeda. Domain menjadi salah satu bagian dari alamat itu sendiri.

Secara spesifik jika domain adalah pemilik rumahnya dan URL adalah jalan untuk menuju rumah tersebut.

Adanya URL sebenarnya untuk mempermudah user dalam menelusuri internet. Selain itu, fungsi dari URL juga menambah user experience dari pengguna internet.

Saat membuka sebuah website pastikan alamatnya jelas dan mudah Anda ingat. Jika sampai Anda lupa, biasanya harus kembali ke IP Address.

Bagian-Bagian URL

Setelah Anda tahu cara membuat URL di Android dan fungsinya, ada beberapa bagian dari URL. URL memiliki beberapa bagian yang bisa memberikan informasi terkait dengan alamat menuju website. Berikut ini ada beberapa bagian dari URL yaitu:

Subdomain

Bagian pertama dari URL yaitu subdomain. Subdomain biasanya berguna untuk dua hal. Pertama untuk melakukan staging dan testing dari website.

Sedangkan yang kedua yaitu memudahkan Anda dalam tracking dan menyimpan perubahan dalam website. Dengan adanya subdomain ini alamat website tidak jadi terlalu panjang.

Anda tidak perlu menempatkan konten dalam hirarki website terlalu dalam. Sebab hal tersebut justru akan membuat konten website sulit untuk diindeks.

Scheme

Ada bagian lain dari URL yaitu scheme. Scheme menjadi salah satu bagian ketika Anda menggunakan cara membuat URL di Android. Bagian ini menunjukkan fungsi URL secara spesifik yang bisa Anda lakukan dalam website.

Scheme yang umum digunakan yaitu HTTPS. Selain untuk mengamankan data pribadi HTTPS, juga berperan untuk menaikkan reputasi website di mesin pencari. Website dengan SSL ini biasanya memiliki rating tertinggi.

Baca Juga: Cara Decrypt File di Android yang Paling Mudah, Para Pemula Wajib Tahu

Subdirectory

Subdirectory adalah ekor dari URL. Bagian ini menunjukkan spesifikasi yang website tampilkan. Bisa diibaratkan jika subdirectory adalah kamar khusus sebuah rumah.

Sebenarnya ada banyak bagian-bagian dari URL yang perlu Anda ketahui. Sebab, semua bagian memiliki peran masing-masing. Dengan mengetahui bagian-bagiannya, cara membuat URL di Android pun akan jauh lebih mudah. (R10/HR-Online)