Rabu, Oktober 5, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Baterai iPhone yang Kembung, Cukup Mudah!

Cara Memperbaiki Baterai iPhone yang Kembung, Cukup Mudah!

Cara memperbaiki baterai iPhone yang kembung bisa Anda lakukan dengan berbagai macam cara.

Baterai kembung memang merupakan salah satu permasalahan yang kerap terjadi, tak terkecuali para pengguna iPhone.

Pada saat baterai iPhone Anda sudah kembung, maka ini bisa menjadi masalah yang cukup serius. Jangan sampai Anda membiarkannya dan tetap memakainya.

Sebab, bisa menimbulkan kerusakan komponen lainnya, sepertiĀ  LCD rusak atau Housing bengkok.

Baca Juga: Cara Menampilkan Persentase Baterai iPhone, Ikuti Tutorial Mudahnya

Ketahui Cara Memperbaiki Baterai iPhone yang Kembung!

Baterai kembung merupakan salah satu permasalahan yang pada umumnya terjadi karena pemakaian yang kurang tepat.

Sebelum mengetahui bagaimana cara memperbaiki baterai iPhone yang kembung, ada baiknya kita ulas terlebih dulu penyebab baterai iPhone kembung.

Penyebab Baterai iPhone Kembung

Salah satu penyebabnya yaitu bisa karena pemakaian yang berlebihan. Terutama untuk pengguna iPhone yang bermain game atau melihat live streaming video dalam waktu yang lama.

Hal ini tentunya bisa menjadikan ponselĀ  Anda mengalami panas berlebihan atau overheating. Nah, kebiasaan seperti inilah yang bisa memicu timbulnya kerusakan pada baterai ponsel Anda.

Selain itu, bisa juga karena penggunaan charger yang tidak orisinil dan tidak berkualitas. Sebab, ini bisa memicu kerusakan baterai.

Nah, cara memperbaiki baterai iPhone yang kembung berikut ini bisa Anda coba. Asalkan baterai Anda yang kembung belum mengalami kerusakan yang sepenuhnya.

Lepaskan Baterai pada Ponsel Anda

Cara memperbaiki baterai iPhone yang kembung agar bisa menjadi lebih kempis lagi sebenarnya tidaklah sulit.

Terlebih dahulu Anda harus melepaskan baterai iPhone dari ponselnya. Siapkan obeng supaya proses membuka ponsel untuk melepas baterai bisa lebih mudah.

Namun, untuk membuka casing pada bagian belakang iPhone juga bisa Anda lakukan dengan mudah tanpa obeng.

Selanjutnya, Anda bisa mencopot baterai ponsel dengan cara membuka casing belakang iPhone Anda hingga bagian baterainya bisa Anda jangkau. Dengan begitu, baterai iPhone bisa Anda lepas dengan mudah.

Baca Juga: Cara Screenshot Panjang di iPhone Full Page, Berikut Tutorialnya!

Masukkan ke Freezer

Baterai iPhone Anda yang menggelembung juga bisa karena adanya gas berlebih yang ada di dalam wadah. Gas tersebut bisa muncul karena adanya sebagai hasil reaksi kimia dari elektrolit serta elektroda.

Jika hal tersebut yang menjadi penyebab masalah baterai iPhone kembung, maka cara mengatasi masalah ini yaitu bisa dilakukan dengan 2 cara.

Pertama, Anda bisa mencoba menusuk-nusukkan baterai iPhone Anda yang menggelembung dengan menggunakan jarum.

Kemudian, untuk cara yang kedua bisa Anda lakukan dengan menyimpan baterai ponsel yang menggelembung ke dalam freezer lemari es beberapa saat.

Jangan langsung memasukkan baterai ke freezer, akan tetapi Anda perlu memastikan baterai iPhone Anda tetap aman. 

Caranya yaitu dengan membungkus baterai dengan memakai plastik. Setelah itu baru Anda masukkan ke freezer.

Setelah 24 Jam, Segera Ambil Baterai Lalu Keringkan

Sesudah baterai Anda letakkan ke dalam freezer selama 24 jam, maka selanjutnya Anda bisa langsung mengambil baterai iPhone Anda kembali.

Jangan langsung memakainya! Namun terlebih dulu baterai iPhone tersebut perlu Anda keringkan.

Untuk mengeringkannya, Anda bisa membiarkannya pada tempat yang teduh. Atau bisa juga Anda menyimpannya di depan kipas angin.

Perlu Anda ketahui, jangan menjemurnya langsung di bawah terik matahari. Sebab, hal ini justru akan membahayakan baterai iPhone Anda.

Baca Juga: Cara Logout Line iPhone Tanpa Hapus Akun, Ikuti Tutorial Lengkap!

Pasang Lagi Baterai pada iPhone Anda

Ketika baterai ponsel sudah dalam keadaan benar-benar kering, maka Anda dapat memasukkan baterai kembali ke dalam ponsel.

Jangan lupa untuk menutup kembali bagian casing belakang iPhone dengan cara yang baik dan benar. Periksa dengan teliti, jangan sampai ada sela yang terbuka.

Jika baterai mudah Anda masukkan ke ponsel dan casing bisa tertutup dengan rapat dan tidak ada lagi sedikit celah yang terbuka, maka ukuran baterai sudah kembali normal.

Pada saat baterai sudah normal kembali, tandanya iPhone Anda bisa menyala saat menggunakan baterai tadi.

Akan tetapi yang penting untuk Anda perhatikan yaitu kondisi baterai yang menggelembung tersebut. Apakah sudah parah atau belum.

Jika kerusakan baterai iPhone Anda belum parah, maka cara memperbaiki baterai iPhone yang menggelembung ini bisa Anda coba terapkan. (R10/HR-Online)