Sabtu, Oktober 1, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengambil Patahan Kunci Mobil dengan 3 Metode Tercepat

Cara Mengambil Patahan Kunci Mobil dengan 3 Metode Tercepat

Cara mengambil patahan kunci mobil dengan metode yang tepat. Anda bisa menggunakannya agar sisa patahan kunci tidak mengganggu.

Kunci adalah komponen yang cukup penting pada setiap kendaraan baik itu, motor maupun mobil.

Dengan adanya komponen tersebut mobil dapat dinyalakan. Kunci mobil patah menjadi salah satu masalah yang bisa saja dialami oleh siapa saja.

Jika sudah terjadi hal seperti ini, sudah pasti membuat Anda merasa bingung. Kunci mobil sudah tidak dapat difungsikan kembali.

Sama seperti komponen lain kunci juga perlu dirawat dan diperhatikan secara tepat. Jika kunci hilang atau rusak akan mengakibatkan mobil tidak bisa berfungsi dengan baik.

Sebaiknya letakkan kunci mobil pada tempat yang aman dan mudah untuk dicari. Cara ini berfungsi agar Anda lebih mudah dalam mencarinya.

Selain itu, sebaiknya Anda juga dapat melumasi lubang kunci agar mekanisme on/off-nya lebih mudah.

Jangan biarkan lubang kunci macet dan menimbulkan masalah. Anda bisa berikan pelumas terlebih dulu agar kunci bisa lebih lancar dan mudah ketika memutarnya.

Jika sampai kunci macet dan Anda paksa, bisa-bisa kunci patah dan tertanam di dalam sebagian. Sebenarnya kondisi lain yang bisa mengakibatkan kunci patah yaitu kondisinya yang bengkok akibat terlindas atau terbentur.

Jika kunci bengkok kemungkinan besar bisa mengalami patah. Saat kondisi seperti ini, ada baiknya jangan panik. Anda cukup tahu bagaimana cara mengambil patahan kunci mobil secara sederhana.

Baca Juga: Kunci Mobil Tidak Bisa Diputar, Cari Penyebabnya Sebelum Mengatasi

Cara Mengambil Patahan Kunci Mobil dengan Tepat

Kunci patah dan tertinggal di lubang kunci bukan hal yang jarang terjadi. Masalah ini bisa saja terjadi pada mobil atau motor.

Jika sudah terlanjur patah, mau tidak mau Anda perlu mengeluarkannya dari lubang tersebut.

Berbagai alasan membuat kunci bisa patah secara tiba-tiba. Untuk itu, agar tidak panik Anda bisa cari tahu bagaimana solusi untuk mengambil patahan kunci yang tertinggal pada lubangnya.

Berbagai alasan bisa mengakibatkan kunci patah, baik karena kondisinya sudah tidak normal atau kualitas kunci duplikat yang tidak berkualitas.

Lantas bagaimana solusi untuk mengeluarkan patahan kunci tersebut? Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan yaitu:

Baca Juga: Kunci Mobil Tidak Bisa Dicabut, Begini Cara Cepat Mengatasinya

Gunakan Perekat Besi

Langkah yang cukup mudah tetapi bisa membantu mengatasi ketika potongan kunci berada di dalam lubangnya akibat patah. Anda bisa mencoba menggunakan perekat besi.

Cara mengambil patahan kunci mobil yaitu dengan membersihkan terlebih dulu dari debu, air, maupun minyak pada bagian permukaan agar lem meresap sempurna.

Ada banyak perekat besi dengan merek tertentu yang dengan mudah bisa Anda dapatkan di pasaran. Bersihkan juga lubang kunci dari kotoran maupun debu.

Jika sudah bersih keduanya, silahkan melumuri lem pada bagian pangkal kunci yang patah. Gunakan lem perekat besi dengan tepat. Masukkan ke dalam lubang kunci hingga patahan menempel.

Jangan tergesa-gesa untuk mengambilnya. Ada baiknya tunggu hingga ujung kunci menempel dengan bagian yang patah hingga kering.

Jika sudah, coba untuk menarik secara perlahan. Anda juga bisa mencoba memutar kunci agar mesin bisa menyala.

Menggunakan Tang Cucut

Cara mengambil patahan kunci mobil juga bisa membongkarnya dengan tang cucut. Buka lubang kunci dengan peralatan tersebut.

Anda bisa masukkan tang ke dalam lubang kunci hingga terbuka lebar.

Saat lubang terbuka lebar, masukkan tang hingga dapat menjepit patahan kunci tersebut. Jika tang tidak juga bisa menjangkau patahan, Anda bisa gunakan kawat atau pinset.

Saat patahan kunci sudah terjepit, cobalah untuk menariknya secara perlahan hingga keluar lubang. Jika patahan bisa keluar dari lubang kunci, Anda bisa gunakan kunci cadangan lainnya.

Baca Juga: Kunci Mobil Tertinggal di Dalam, Jangan Panik dan Ikuti Cara Darurat Ini

Minta Bantuan Bengkel Otomotif

Sebenarnya mengatasi kunci mobil yang patah dan tertinggal di dalamnya cukup sulit. Sebaiknya Anda mencoba menggunakan dua cara sebelumnya yaitu dengan lem besi dan tang cucut.

Jika sampai kedua cara tersebut tidak berhasil Anda bisa segera panggil bengkel otomotif yang profesional. Dengan menggunakan cara yang tepat, masalah dapat segera teratasi.

Sebaiknya gunakan cara mengambil patahan kunci mobil yang tertinggal pada lubangnya secara tepat. Jika tidak, kunci akan terjebak dan membuat Anda tidak bisa lagi mengoperasikan mobil. (R10/HR-Online)