Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Ambeien Saat Hamil, Mengatur Pola Makan Tinggi Serat

Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil, Mengatur Pola Makan Tinggi Serat

Cara mengatasi ambeien saat hamil bisa kita lakukan dengan mudah dan sederhana. Pada dasarnya, ambeien atau wasir ini menjadi salah satu keluhan yang sering dirasakan oleh ibu hamil.

Namun, sebagian ibu hamil seringkali merasa khawatir, jika ambeien yang tidak segera mendapatkan penanganan akan mempengaruhi kehamilan.

Misalnya saja, menghalangi untuk menjalani lahiran secara normal. Padahal, sebagian besar ambeien pada ibu hamil ini, tidak menimbulkan gejala yang buruk.

Baca Juga: Gangguan Kesehatan Ibu Hamil yang Wajib Kita Waspadai

3 Cara Mengatasi Ambeien Saat Hamil

Ada dua penyebab yang membuat ibu hamil mengalami ambeien. Pertama, pengaruh hormon kehamilan.

Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh efek samping dari suplemen zat besi yang ibu hamil konsumsi. Feses akan menjadi mengeras, kemudian akan sulit keluar.

Tak sedikit, ibu-ibu hamil yang mengeluarkan tenaga lebih untuk mengeluarkan feses tersebut. Penyebab kedua, yakni karena pembuluh darah besar pada area usus mendapatkan tekanan oleh rahim yang membesar.

Adanya tekanan tersebut, membuat pembuluh darah pada anus membengkak. Umumnya, hal ini terjadi pada akhir trimester kedua.

Untuk mengatasinya, berikut ini adalah cara mengatasi ambeien saat hamil.

Baca Juga: Makanan Penyebab Ambeien, Mulai dari Makanan Pedas Hingga Asin

1. Mengatur Pola Makan

Cara pertama, yakni dengan mengatur pola makan. Ada baiknya, ibu hamil memperbanyak makanan yang mengandung serat tinggi.

Terutama, kandungan serat yang terdapat dari sayuran berdaun hijau maupun buah-buahan. Pengaturan makanan ini dapat menghindari konstipasi dengan cara melembutkan feses.

Pentingnya menyeleksi apa yang harus ibu hamil makan juga melatih kebiasaan baik. Seperti kebiasaan buang air besar saat pagi hari atau setelah sarapan.

Pasalnya, saat pagi hari gerakan peristaltik sedang tinggi-tingginya. Tak kalah penting, ibu hamil ada baiknya tidak terlalu banyak makan makanan pedas dan berminyak.

Sebab, makanan pedas dan berminyak dapat meningkatkan risiko ambeien.

2. Mengonsumsi Air Putih yang Cukup

Cara mengatasi ambeien saat hamil lainnya yakni dengan mengonsumsi air putih dalam jumlah cukup setiap harinya. Konsumsi air putih yang cukup inilah, dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Setidaknya, ibu hamil mengonsumsi air putih sebanyak 1,5 sampai 2 liter setiap harinya.

Baca Juga: Tentang Penyakit Ambeien Sering Kali Terjebak Mitos, Ini Ulasan Medisnya

3. Menggunakan Laksatif atau Pelembut Feses yang Aman Bagi Ibu Hamil

Laksatif atau pelembut feses yang aman bagi ibu hamil memiliki beberapa kandungan tertentu. Misalnya saja bisakodil, polietilen glikol, polycarbophil, psyllium, dan kandungan lainnya.

Namun, ada baiknya jika menggunakan laksatif ini ketika kedua cara sebelumnya tidak menunjukkan hasil.

Selain ketiga cara tersebut, ibu hamil juga bisa menerapkan kebiasaan baik selama masa kehamilan. Misalnya saja melakukan senam kegel secara rutin.

Setidaknya sebanyak 3 sampai 5 kali dalam sehari. Hal ini bertujuan untuk memperkuat otot dasar panggul untuk mencegah ambeien.

Bila cara mengatasi ambeien saat hamil seperti di atas tidak kunjung membantu, baiknya segera konsultasi ke dokter. Dengan begitu, dokter akan memberikan saran dan pengobatan yang tepat. (R10/HR-Online)