Minggu, Agustus 7, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Aplikasi Crash di iPhone atau iPad Secara Mudah

Cara Mengatasi Aplikasi Crash di iPhone atau iPad Secara Mudah

Cara mengatasi aplikasi crash di iPhone dapat membantu pengguna menangani crash secara tepat. Pada dasarnya aplikasi yang hadir pada iPhone telah diseleksi secara ketat, namun masih banyak beberapa penyebab sehingga aplikasi tersebut crash dengan sendirinya.

Penyebab utamanya dari kode aplikasi yang bermasalah, software yang belum diperbarui, hingga bug di aplikasi. Selain itu, aplikasi yang besar atau spek yang tidak mendukung juga menjadi salah satu penyebabnya.

Jika sudah begini mau tidak mau pengguna harus menanganinya secara tepat.

Baca Juga: Cara Mengunci Aplikasi di iPhone Privasi Lebih Terjaga, Simak Triknya!

Ikuti Cara Mengatasi Aplikasi Crash di iPhone Secara Mudah

Jika Anda mengalami aplikasi crash, maka berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan stabilitas yang lebih baik untuk ponsel Anda.

Restart iPhone atau iPad

Pertama mengatasi masalah dengan merestart iPhone Anda. Penyebab aplikasi mungkin crash karena ada masalah dengan iPhone. Bukan dari aplikasi itu sendiri.

Ambil cara dengan mencoba melakukan restart. Maka Anda akan terkejut betapa banyak masalah pada iPhone.

Bukan hanya aplikasi crash yang dapat diperbaiki dengan restart. Namun restart ini akan menghapus masalah-masalah dasar yang biasanya muncul dari penggunaan iPhone sehari-hari tersebut.

Install Ulang Aplikasi

Ketika Anda masih belum yakin aplikasi mana yang menyebabkan masalah. Maka lakukan uninstall dan install ulang aplikasi tersebut.

Coba uninstall aplikasi dan kemudian install ulang, namun pastikan penginstalan tersebut lancar tidak corrupt.

Cara mengatasi aplikasi crash di iPhone bisa membantu mengembalikan aplikasi menjadi lebih baik. Pilihan terbaik lainnya dengan meng-uninstall aplikasi hingga ada perbaikan.

Namun saat menghapus dan memasang aplikasi tersebut, perlu diingat, Anda tidak hanya menghapus aplikasi saja, namun juga memastikan data yang berhubungan dengan aplikasi tersebut disingkirkan.

Baca Juga: Cara Menonaktifkan WA di iPhone Tanpa Uninstall Aplikasi

Membuka Ulang Aplikasi

Langkah selanjutnya dan paling mudah adalah menghentikan aplikasi yang dapat menyebabkan crash sekaligus menyalakannya kembali.

Selain itu, melakukan hal tersebut akan menghentikan proses aplikasi yang berjalan secara keseluruhan. Kemudian memulai dari awal kembali.

Jika aplikasi crash penyebabnya adalah karena beberapa fitur yang sedikit salah, maka seharusnya bisa menyelesaikannya dengan baik. Sehingga tidak terjadi crash kembali.

Cara mengatasi aplikasi crash di iPhone, lakukan dengan menyapu layar dari bawah setelah itu, pilih aplikasi yang tidak merespons tersebut. Selanjutnya buka kembali lewat laman depan.

Update Aplikasi Segera

Ketika restart atau menutup aplikasi belum berhasil juga untuk menyembuhkan crash. Maka masalah tersebut terjadi adanya bug pada versi aplikasi yang telah Anda jalankan.

Sejatinya pengembang aplikasi telah teratur meng-update aplikasi mereka. Hal ini untuk menyelesaikan bug dan menyediakan fungsionalitas baru.

Agar menjadi update untuk memecahkan bug yang menyebabkan masalah tersebut. Anda cukup install dan segera terbebas dari masalah tersebut.

Umumnya ada update yang tersedia untuk aplikasi tersebut di App Store. Namun Anda dapat langsung memperbaruinya.

Karena update tersebut hadir untuk mengatasi bug sekaligus meningkatkan performa sebuah aplikasi pengembangan.

Hubungi Pihak Pengembang

Ketika cara mengatasi aplikasi crash di iPhone sebelumnya tidak menyelesaikan masalah, Anda memerlukan bantuan ahli. Karena opsi terbaik Anda saat ini adalah menghubungi pengembang aplikasi secara langsung.

Biasanya ada informasi kontak yang ada di aplikasi tersebut. Selain itu, Anda juga coba mengirim email kepada pengembang atau pelaporan dan bug. Maka nantinya Anda mendapatkan jawaban yang tepat.

Baca Juga: Cara Melihat iOS iPhone dan Langkah Update Termudah, Ini Dia Tipsnya!

Update iOS pada Versi Terbaru

Langkah terakhir adalah update iOS ke versi terbaru. Umumnya cara yang sama seperti pada pengembang aplikasi yang merilis update untuk dapat memperbaiki bug.

Pabrikan Apple sendiri secara teratur telah merilis update ke iOS. Sehingga sistem operasi yang menjalankan iPhone, iPad, dan iPod touch dengan baik.

Dengan cara update, maka mampu menambahkan fitur baru yang keren. Bahkan yang paling penting untuk artikel ini adalah mereka juga memperbaiki bug.

Namun saat crash belum berhasil, dapat dengan restart ponsel Anda ataupun meng-update aplikasi berkala. Karena ada kemungkinan bug tersebut ada di dalam iOS itu sendiri.

Tentunya dalam hal ini, Anda perlu update ke OS versi barunya. Cara mengatasi aplikasi crash di iPhone mudah bukan. Selamat mencoba. (R10/HR-Online)