Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Ban Mobil Benjol dengan Cari Tahu Penyebabnya

Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol dengan Cari Tahu Penyebabnya

Cara mengatasi ban mobil benjol bisa dilakukan dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Sehingga dapat teratasi dengan baik.

Ban mobil menjadi salah satu komponen penting pada kendaraan.

Apalagi menjadi komponen yang berhadapan langsung dengan berbagai kondisi jalan. Jika sampai ban memiliki kondisi yang kurang baik akan berpengaruh terhadap performa kendaraan.

Jika kondisi ban tidak Anda perhatikan, bisa mengakibatkan hal buruk termasuk terjadinya kecelakaan. Sebenarnya semua komponen mobil memiliki masa pakai dan perawatan yang berbeda.

Sama saja semua komponen yang digunakan dalam jangka waktu lama, performanya akan menurun. Hal ini juga terjadi pada ban mobil. Berbagai masalah juga bisa dialami oleh komponen yang satu ini.

Salah satunya yaitu ban benjol. Lantas bagaimana cara mengatasi ban mobil benjol?

Ada baiknya jika Anda mengatasinya secara tepat. Sehingga tidak akan menimbulkan masalah baru.

Jika ban benjol tentu performnya akan berkurang. Apalagi jika mobil berkendara di area jalan yang terjal, maka ban benjol akan memberikan dampak buruk. Segera atasi dengan cara mengetahui penyebabnya terlebih dulu.

Baca Juga: Tanda Ban Mobil Kurang Angin Membantu Mengurangi Risiko Kecelakaan

Penyebab dan Cara Mengatasi Ban Mobil Benjol

Mungkin ada banyak pemilik mobil yang mengalami kondisi ban bermasalah. Sebenarnya banyak sekali masalah yang bisa muncul.

Jadi tidak hanya ban bocor atau sekedar gembos saja. Namun ban yang memiliki permukan benjol juga menjadi salah satu masalah yang tidak bisa disepelekan.

Untuk itu, bagi pemilik mobil ada baiknya untuk mengetahui apa saja penyebab ban benjol. Apalagi ban memiliki faktor penting.

Sehingga membutuhkan performa yang kuat agar dapat melaju di berbagai area jalan baik itu terjal, aspal, naik, turun, dan berbelok.

Jika kondisinya baik, maka performanya pun juga akan tetap baik. Ban juga menjadi sistem keselamatan berkendara.

Penyebab Ban Benjol

Permukaan ban yang benjol akan mengurangi kenyamanan dalam berkendara. Saat kondisi ban benjol pengemudi dan penumpang akan merasakan mobil yang bergoyang.

Padahal mobil sudah berada di area jalan beraspal. Biasanya ban tubeless yang memiliki risiko besar mengalami benjol. Berikut ini ada beberapa penyebab ban mobil benjol antara lain:

  • Deformasi bentuk
  • Penyebab lainnya yaitu permukaan ban yang terlalu sering terkena benda tajam
  • Bisa karena suspensi mobil keras dan mati
  • Selain itu, akibat Anda melakukan pengisian angin secara berlebih

Baca Juga: Ukuran Kunci untuk Membuka Ban Mobil Lengkap dengan Jenisnya

Pemilihan Tipe Ban

Setelah Anda tahu apa saja penyebab ban mobil benjol, kini giliran langkah dalam mengatasinya. Cara mengatasi ban mobil benjol yang pertama yaitu dengan memilih tipe ban yang tepat.

Anda bisa membeli ban jika kondisinya tidak memungkinkan digunakan kembali. Anda bisa pilih tipe ban dengan spesifikasi yang tepat. Selain itu, sebaiknya sesuaikan dengan ukuran velgnya.

Ukurannya sudah tersedia pada angka belakang huruf R yang berada di dalam plakat. pilih ban yang kondisinya tepat seiring mobil sering dilakukan di area jalan seperti apa.

Pengecekan Ban Benjol

Ada baiknya jika Anda juga melakukan pengecekan ban secara rutin. Anda bisa cek dengan mendongkrak ban mobil agar sedikit lebih tinggi.

Agar ban bisa berputar, Anda bisa rem tangan untuk menahan roda. Jangan lupa ganjal pada persilangan ban. Jika sudah Anda bisa mencoba memutar ban, periksa apakah ada bagian yang tersangkut dengan tanah atau tidak.

Jika ada, menandakan jika ban benjol atau tidak rata. Sebaiknya segera ganti ban yang baru sebagai cara mengatasi ban mobil benjol.

Baca Juga: Menggunakan Ban Mobil Lebih Lebar untuk Harian, Ini Nilai Plus Minusnya

Perbaiki Sementara

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ban benjol. Melakukan penambalan misalnya bisa mengatasi ban benjol secara sementara.

Anda bisa cari tahu di mana posisi ban benjol. Jika sudah, bisa untuk menusuknya agar kempes. Sebaiknya lakukan dengan cara menyamping agar tidak menusuk ban bagian dalam.

Karena sifatnya yang sementara sebaiknya untuk segera mengganti ban mobil dengan baru. Sebab, dengan cara ini menjadi solusi terbaik. Kendaraan akan lebih nyaman dan aman Anda gunakan.

Sebenarnya mengatasinya akan lebih cepat dengan Anda tahu penyebabnya. Seperti halnya cara mengatasi ban mobil benjol dengan mengetahui penyebabnya terlebih dulu agar tepat. (R10/HR-Online)