Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengatur Sensitif Layar Android agar Bisa Kembali Normal

Cara Mengatur Sensitif Layar Android agar Bisa Kembali Normal

Cara mengatur sensitif layar Android penting Anda lakukan, sebab HP sudah memiliki desain sedemikian rupa agar touchscreen mudah kita tekan.

Akan tetapi, ini akan kembali lagi ke tipe layar apa yang digunakan dan sebagian memang kurang sensitif dan sulit kita tekan.

Apalagi pada ponsel yang sudah kita gunakan selama bertahun-tahun lamanya, maka akan menimbulkan masalah seperti itu.

Jadi, tidak heran jika ada banyak orang yang mencari cara untuk mengatur sensitif layar HP dengan mudah.

Baca Juga: Cara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Cara Mengatur Sensitif Layar Android yang Bisa Anda Simak dan Ketahui

Semenjak produksi ponsel dengan full layar tanpa keyboard, maka keberadaan touchscreen memang sangat penting dalam pengoperasiannya. Maka banyak hal yang bisa dilakukan dengan cara menekan touchscreen alias layar sentuh pada HP itu.

Meski demikian, masalah sensitivitas layar sentuh juga menjadi salah satu hal yang seringkali dikeluhkan oleh banyak pengguna Android.

Jika Anda salah satunya, maka juga harus mengetahui bagaimana untuk mengatur sensitivitas layar HP supaya performanya kembali lancar.

Penting Anda ketahui juga, bahwa layar HP yang kurang sensitif juga bisa terjadi karena beberapa hal seperti animasi yang Anda aktifkan. Selain itu, pernah terbentur bahkan jatuh juga bisa menjadi penyebab mengapa HP kurang sensitif lagi.

Jika Anda sudah mengalami hal semacam itu, maka mau tidak mau harus segera mengatasinya agar tidak semakin parah kondisinya.

Kini sudah ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan sensitivitas layar HP dengan mudah.

Baca Juga: Cara Update Android 12 yang Paling Mudah, Simak Beberapa Tutorialnya!

Kurangi Skala Animasi Layar

Cara mengatur sensitif layar Android untuk tips yang pertama adalah mengurangi skala animasi pada layar HP tersebut.

Pasalnya skala animasi ini merupakan pengaturan yang memungkinkan HP agar mengganti waktu respon touchscreen saat menerima sentuhan.

Jika semakin tinggi nilainya, maka juga akan menjadi semakin lebih lambat pula responnya. Maka dari itu, secara tidak langsung hal seperti ini akan menyebabkan sensitivitas layar menurun sehingga harus mengaturnya kembali.

Pertama-tama Anda bisa membuka menu Setelan pada HP, lalu pilih opsi Tentang HP dan klik opsi Nomor Bentukan sebanyak 5x. Tunggu beberapa saat sampai ada notifikasi muncul bahwa Opsi Pengembang Sudah Aktif.

Jadi setelah berhasil aktif, maka pada pengaturan HP itu juga akan langsung muncul menu baru yaitu berupa Opsi Pengembang. Kemudian Anda tinggal geser ke bawah saja sampai Anda mendapat kolom Draw (Menggambar).

Kalibrasi Layar

Cara mengatur sensitif layar Android sudah bisa meningkat untuk langkah selanjutnya adalah dengan melakukan kalibrasi layar HP.

Ini fungsinya adalah untuk mengenali apakah ada kerusakan pada bagian layar dan untuk memajukan sensitivitas pada touchscreen.

Pasalnya pengaturan kalibrasi ini juga hanya bisa diperoleh pada beberapa HP Android tertentu saja. Maka dari itu, sebelumnya Anda juga dapat mencoba aplikasi pihak ketiga melalui layanan Google Play Store.

Langkah pertama Anda buka Play Store lalu cari saja aplikasi yang bernama Touchscreen Fixer dan install sampai selesai. Kemudian buka aplikasinya dan tekan opsi Mulai lalu ikuti beberapa syarat dan proses kalibrasi sampai akhir.

Nah, melalui proses kalibrasi seperti ini, maka Anda bisa mengetahui seberapa sensitif layar atau touchscreen HP.

Karena cara kerja dari aplikasi ini adalah dengan meminimalkan waktu tanggapan itu, sehingga memiliki dampak pada sensitivitas layar yang akan meningkat.

Baca Juga: Cara Setting Microphone Android yang Paling Mudah, Simak Tutorialnya!

Kurangi Pointed Speed

Cara mengatur sensitif layar Android juga bisa Anda lakukan dengan cara mengurangi pointed speed. Jadi pada beberapa situs lain yang membahas tentang teknologi, maka akan ada yang merekomendasikan untuk meningkatkan pointed speed.

Karena pengaturan seperti ini bisa Anda temui pada seluruh merek HP Android, mulai dari versi lama sampai dengan versi terbarunya.

Untuk langkah-langkahnya juga sangat mudah, pertama bisa buka menu Setelah pada HP Android seperti biasa.

Jika sudah, kemudian masuk saja ke opsi Bahasa dan masukkan lalu cari menu pointer speed atau kecepatan penunjuk. Lalu buka opsi itu dan geser nilainya sampai benar-benar full.

Selanjutnya Anda tinggal menutup semua jendelanya saja. Akan tetapi apabila ingin kembalikan lagi, maka Anda bisa mengulangi saja langkah sebelumnya dan menyesuaikan kembali nilainya. Bagaimana, cukup mudah bukan?

Sebenarnya cara mengatur sensitif layar Android juga masih ada banyak, sebut saja seperti dengan melepas tempered glass. Namun ini cukup berisiko karena bisa menyebabkan layar mudah pecah apabila terjatuh. (R10/HR-Online)