Sabtu, Agustus 13, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mengganti Pemutar Video di Android dengan Aplikasi Ketiga

Cara Mengganti Pemutar Video di Android dengan Aplikasi Ketiga

Cara mengganti pemutar video di Android terbaik dengan simpel dan mudah. Anda bisa pilih salah satu cara terbaik.

Android menjadi salah satu perangkat pintar yang cukup populer. Kepopulerannya ini juga dilihat dari banyaknya penggunanya.

Berbagai alasan mengapa masyarakat memilih Android. Selain tampilannya yang keren, fitur terbarunya juga mampu memikat para konsumen Android.

Perangkat Android tidak hanya digunakan untuk alat komunikasi saja. Dunia yang semakin modern ini membuat Android menawarkan berbagai fitur lengkap.

Seperti halnya memutar video di Android. Anda bisa memutar video sesuai keinginan.

Sayangnya ada juga yang mengalami masalah saat memutarnya. Saat menonton video yang didownload tiba-tiba otomatis play pada aplikasi bawaan.

Padahal ingin nonton di aplikasi lainnya. Untuk mengatasinya, Anda perlu cara mengganti pemutar video di android ke settingan default.

Dengan mengaktifkan settingan tersebut secara otomatis play di aplikasi yang Anda inginkan secara permanen.

Settingan default video tersebut secara otomatis play dan tidak perlu gonta-ganti lagi. Sehingga aktivitas nonton video tidak akan terganggu dengan cara mengganti pemutar video di Android.

Baca Juga: Cara Memperjelas Video di Android dengan Mudah, Gunakan Langkah Ini!

Cara Mengganti Pemutar Video di Android Mudah dan Praktis

Semua perangkat Android memiliki aplikasi default sebagai aplikasi utama dalam tugas-tugas tertentu. Seperti halnya pemutar video default yang sudah diinstall sebelumnya.

Nonton video di Android sudah menjadi aktivitas yang banyak pengguna lakukan. Untuk bisa melakukan aktivitas nonton yang lebih baik, ada cara mudah untuk melakukannya.

Caranya yaitu dengan mengubah pemutar video default dan menggunakan aplikasi pihak ketiga terbaik. Adapun cara mudah yang bisa Anda lakukan yaitu:

Install Pemutar Video Android Terbaik

Sebagi cara mengganti pemutar video di Android tentukan terlebih dulu pilihannya. Android menyediakan banyak pilihan aplikasi yang cukup populer.

Beberapa aplikasi tersebut misalnya VLC untuk Android. Pemutar video yang satu ini mendukung berbagai format dan codec untuk file audio maupun video.

Fiturnya yang lebih canggih yaitu EQ dengan lima filter berbeda. Selain itu, audio multi track dan streaming jaringan.

Aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat menyesuaikan pengaturan kecerahan hingga volume melalui kontrol gerakan. Anda juga bisa menambah subtitle pada teks tertutup ke video tersebut.

Menariknya lagi, tentang pop-up komersial acak pemutar VLC sepenuhnya bebas iklan. Jika Anda menemukan aplikasi pemutar video terbaik, lanjutkan untuk menginstalnya dengan langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Play Store
  2. Selanjutnya bisa klik menu pencarian dan tuliskan aplikasi yang ingin diinstall
  3. Jika aplikasi pemutar video sudah muncul bisa klik install di bawah info aplikasi
  4. Klik tombol buka > izinkan.

Baca Juga: Cara Memotong Video di Android Tanpa Maupun dengan Aplikasi

Setel Pemutar Video di Android

Setelah Anda menemukan aplikasi video terbaik, saatnya untuk melakukan pengaturan atau setting. Anda bisa jadikan aplikasi pihak ketiga tersebut sebagai pemutar video default.

Semuanya sebenarnya tergantung dengan sistem operasi dan penerbit dari sebuah perangkat. Setiap perangkat juga memiliki cara yang tidak sama.

Secara umum berikut ini ada cara mengganti pemutar video di Android dengan aplikasi pihak ketiga yang sebelumnya sudah diinstall.

  1. Langkah awal untuk melakukan pengaturan yaitu klik ikon roda tiga pada bagian layar beranda
  2. Gulir daftar pengaturan dan ketuk aplikasi
  3. Dari menu pilihan Anda bisa klik kelola aplikasi
  4. Ketuk ikon tiga gigi yang berada pada bagian sudut kanan atas dan Anda bisa pilih aplikasi default
  5. Selanjutnya akan muncul daftar kategori, buka aplikasi pemutar video. Untuk setiap perangkat memiliki kategori yang berbeda
  6. Jika sudah, aplikasi pemutar video yang Anda pilih akan muncul > klik lingkaran kecil di sampingnya.

Dengan cara ini Anda bisa menggunakan aplikasi default dengan pengaturan Android. Aktivitas nonton video jadi tidak terganggu.

Baca Juga: Cara Membuat Subtitle Video di Android Paling Mudah, Ini Langkahnya!

Versi Terbaru OS Android

Berbeda dengan cara sebelumnya, berikut ini ada langkah-langkah yang lebih praktis mengatur video versi terbaru OS Android atau Lolipop.

  1. Anda bisa buka menu pengaturan dan pilih aplikasi
  2. Jika sudah, bisa gulir ke bawah menuju aplikasi default
  3. Anda bisa pilih aplikasi pemutar video dan ketuk di atasnya
  4. Silahkan pilih opsi hapus default
  5. Kembali ke aplikasi default dan pilih opsi set default. Anda bisa pilih aplikasi pemutar video lain dari daftar.

Jika perangkat Android tidak memiliki aplikasi default biasanya secara otomatis merekomendasikannya. Dengan menggunakan cara mengganti pemutar video di Android melalui aplikasi default semua lebih praktis dan mudah. (R10/HR-Online)