Sabtu, Agustus 20, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menggunakan Equalizer di HP pada Aplikasi Spotify yang Mudah

Cara Menggunakan Equalizer di HP pada Aplikasi Spotify yang Mudah

Cara menggunakan equalizer di HP penting untuk kita ketahui bersama, sebab tidak semua orang bisa melakukannya, mungkin termasuk Anda juga.

Nah, equalizer atau EQ sendiri merupakan filter yang bisa menyesuaikan kenyaringan frekuensi audio tertentu saat mendengarkan musik.

Beberapa equalizer mampu meningkatkan bass dan juga bisa mengurangi bass hingga meningkatkan high end.

Sementara itu, pengaturan equalizer yang berbeda juga akan bekerja dengan lebih baik dan buruk pada berbagai macam musik.

Baca Juga: Cara Menggabungkan Audio di HP dengan Aplikasi dan Situs Online, Cek!

Cara Menggunakan Equalizer di HP yang Mudah di Spotify

Mendengarkan musik maupun live streaming merupakan salah satu aktivitas yang seringkali dilakukan oleh banyak orang.

Jika Anda suka mendengarkan musik melalui headset dengan kualitas standar maka dentuman bass dari musik itu terasa kurang puas.

Jika sudah seperti itu, maka momen mendengarkan lagu atau musik pun juga akan menjadi kurang nikmat. Sementara itu, ada beberapa orang yang suka menggunakan pengaturan equalizer khusus sehingga musiknya bisa mereka sesuaikan sendiri.

Sedangkan Spotify tidak mempunyai kontrol yang canggih sehingga masih mengkonfigurasi equalizer kustom pada aplikasi. Seperti yang kita ketahui, bahwa Spotify kini menjadi sangat populer sebab antarmuka yang begitu mudah kita mengerti serta memiliki banyak fitur.

Dari sekian banyak fitur tersebut, rupanya Spotify ini juga memiliki fitur keren yang bisa meningkatkan performa audionya, equalizer namanya.

Bagi siapa saja yang sudah sering mengurusi hal tentang audio, maka tidak asing lagi saat mendengar fitur tersebut.

Baca Juga: Cara Membuat Spotify Pie Chart di HP untuk Dengarkan Lagu Favorit

Equalizer Spotify

Sebelum lanjut ke cara menggunakan equalizer di HP, ada baiknya jika Anda memahami apa itu equalizer Spotify. Pada dasarnya equalizer Spotify Android ini sudah lama ada, akan tetapi penggunanya ada yang belum menyadari keberadaannya.

Padahal fitur equalizer Spotify Android seperti ini bisa membuat audio atau musik menjadi lebih asyik dan keren. Jadi equalizer Spotify rupanya selama ini sudah terkubur dalam pengaturan aplikasi tersebut.

Jadi tidak heran apabila ada banyak orang atau pengguna yang tidak menyadari keberadaan fitur yang bagus itu. Apabila Anda sampai saat ini masih belum pernah menggunakannya, maka kini harus segera untuk mencobanya.

Karena dengan memanfaatkan fitur tersebut, maka semua lagu atau musik yang akan Anda dengarkan menjadi lebih enak dan nyaman.

Selain itu, dengan menggunakan equalizer maka Anda juga bisa mengubah volume frekuensi kebisingan tertentu, supaya sesuai dengan genre musik yang Anda dengarkan.

Cara Menggunakan

Cara menggunakan equalizer di HP Spotify ini sebenarnya sangat mudah, sehingga Anda bisa menyimak beberapa langkah berikut ini.

Pertama-tama Anda bisa membuka aplikasi Spotify yang ada di HP Anda, kemudian pilih menu Settings dengan ikon berlambang gir bagian kanan atas.

Kemudian gulirkan layar ke bawah sampai Anda menemukan opsi Music Quality sehingga Anda bisa memilih opsi Equalizer. Nah, saat ada pesan yang tiba-tiba muncul, maka Anda bisa langsung menekan tombol OK saja.

Langkah selanjutnya adalah Anda akan langsung dibawa ke menu equalizer HP dan jangan lupa untuk menggunakan headset terlebih dahulu.

Jadi pengaturan dalam equalizer ini sebenarnya bisa menyesuaikan dengan nada jenis musik yang Anda dengarkan.

Lebih mudahnya lagi equalizer ini juga akan membantu Anda untuk mengatur bass serta treble dalam audio atau musik.

Meskipun Anda bisa mengaturnya secara manual, namun fitur ini juga menawarkan preset untuk Anda gunakan secara langsung dengan mudah.

Baca Juga: Tombol Volume HP Tidak Berfungsi, Begini Cara Mengatasinya

Simak Ini Sebelum Mendengarkan Musik!

Tidak hanya mengetahui cara menggunakan equalizer di HP saja, melainkan ada poin-poin penting yang harus Anda perhatikan sebelum mendengarkan lagu.

Sebaiknya jangan terlalu sering mendengarkan musik secara berlebihan, apalagi saat menggunakan headset atau earphone.

Terlebih jika suaranya juga terlalu keras, maka hal seperti ini bisa merusak pendengaran Anda. Selain itu, jika Anda mendengarkan lagu dalam waktu yang lama, maka bisa membuat telinga menjadi sakit meskipun volumenya sudah rendah.

Selain itu jangan mendengarkan lagu sambil tidur, sebab jika Anda sudah terlelap maka musik tersebut akan terus berjalan. Sedangkan Anda tidak akan menyadarinya bahwa pada telinga bagian dalam sedang terluka saat mengenakan earphone.

Karena pada beberapa kasur ada orang yang mengalami gejala seperti telinga berdengung, nyeri, bahkan sampai tuli gara-gara berlebihan menggunakan headset.

Oleh karena itu, sebagai pengguna cerdik ada baiknya jika Anda membatasinya dan jangan terlalu lama menempelkan di telinga.

Cara menggunakan equalizer di HP pada Spotify yang mudah seperti tadi mungkin bisa langsung Anda praktekkan sendiri. Spotify sendiri merupakan salah satu platform yang menawarkan banyak musik yang bisa menjadi pilihan terbaik Anda. (R10/HR-Online)