Jumat, Agustus 19, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Atau Mengobati Depresi

Cara Menghilangkan Atau Mengobati Depresi

Cara menghilangkan depresi sebenarnya tidak sulit. Namun karena gangguan depresi ini menyentuh aspek psikis, maka kemampuan kita untuk mengendalikan emosi menjadi sangat penting. Ada sejumlah langkah dan cara yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat mengobati atau menghilangkan depresi.

Biasanya orang yang mengalami depresi hanya ingin berpura-pura dengan merasa dirinya dalam keadaan baik-baik saja. Hal ini mungkin karena depresi bukan hal yang membanggakan.

Pasalnya, orang depresi akan merasa banyak orang yang akan mencibirnya, sehingga akan mengundang malu. Bahkan penderita sering akan menghakimi bahwa penyakit tersebut termasuk penyakit yang dibuat-buat.

Baca juga: Penyebab Depresi Berkepanjangan, Gejala dan Cara Mengatasinya

Maka tak heran jika orang depresi selalu menyembunyikan penderitaannya karena merasa takut. Rupanya stigma penyakit mental seperti inilah yang selalu datang dari orang depresi.

Penelitian menunjukkan lebih dari 340 juta orang di seluruh dunia menderita depresi. Ada banyak faktor yang menyebabkan kondisi ini. Namun kebanyakan karena tekanan pekerjaan, problem dalam rumah tangga, maupun karena adanya konflik.

Cara Menghilangkan Depresi dengan Kegiatan Produktif

Sebenarnya depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental lainnya bukan penyakit sungguhan. Melainkan sebuah penyakit yang menyerang mental seseorang.

Lantas bagaimana cara menghilangkan atau mengobati depresi? Nah, berikut ini ada beberapa tips yang bisa Anda coba lakukan untuk meredakan dan mengatasi tekanan mental yang Anda alami.

Ringankan dengan Bercerita

Anda bisa meringkankan tekanan depresi dengan cara bercerita pada orang terdekat yang Anda percaya. Depresi dapat muncul karena anda menyimpan dan memendam beban pikiran tersebut sendirian.

Baca juga: Tanda Depresi pada Wanita yang Perlu Anda Ketahui, Hati-hati!

Cobalah anda berbagi dengan teman atau sahabat anda. Jika demikian, maka beban yang mulai muncul akan berkurang.

Dengan bercerita kepada teman atau sahabat, anda akan mengeluarkan aura dan energi negatif yang ada akibat depresi.

Anda dapat menceritakan semua beban yang ada dalam pikiran anda perlahan dan bertahap. Cara ini efektif dalam mengobati atau menghilangkan depresi.

Melakukan Meditasi

Jika anda mengalami depresi maka penting mendapatkan ketenangan hati dan jiwa. Ketenangan emosi sangat penting untuk mengendalikan stress. Salah satu caranya adalah dengan melakukan meditasi.

Berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli membuktikan bahwa meditasi dapat membuat hati lebih tenang dan terkontrol.

Baca juga: Penanganan Orang Depresi, Ini Pilihan yang Cepat dan Alami

Meditasi juga sangat berguna dalam mencegah kambuhnya depresi. Cara tersebut lebih sering dilakukan dalam mengobati atau menghilangkan depresi.

Hanya dengan kekuatan meditasi anda seperti mengonsumsi obat antidepresan, sehingga akan membuat anda merasa lebih tenang. Akan tetapi meditasi haruslah Anda lakukan dengan konsisten sebagai rutinitas harian.

Rutin Olahraga Ringan

Hanya dengan berolahraga secara rutin tidak hanya bisa menyehatkan badan. Aktivitas fisik juga merupakan cara mengatasi depresi yang cukup efektif. Terutama untuk depresi ringan hingga depresi sedang.

Sebaiknya lakukan rutinitas yang menyehatkan ini setiap pagi. Jika Anda lakukan pada pagi hari memungkinkan udara cukup segar dan belum banyak terkontaminasi dengan asap kendaraan dan polusi lainnya.

Cobalah dengan berjalan kaki mengelilingi kompleks pemukiman pun sudah cukup membantu menghilangkan depresi. Anda juga bisa melakukan senam di halaman rumah sambil menghirup udara pagi yang segar.

Berliburlah

Memandang sesuatu secara berat dan rumit rupanya menjadi ciri munculnya depresi. Gejala depresi tersebut dapat kita hilangkan dengan lebih sering jalan-jalan, traveling, dan kegiatan liburan lainnya.

Hanya dengan berlibur, maka hati dan pikiran biasanya akan lebih tenang dan bahagia. Stres yang kita biarkan berlarut dan semakin menumpuk akan berubah membuat anda mengalami depresi yang akut.

Baca juga: Bahaya Main Smartphone Sebelum Tidur, Waspada Risiko Alami Depresi

Karena itulah isi hari Anda dengan lebih banyak berlibur ke berbagai tempat wisata yang ada di daerah anda. Sebaiknya lakukan kegiatan ini setiap akhir pekan sambil mengajak anak-anak dan istri yang juga berguna meningkatkan komunikasi keluarga.

Menulis Jurnal

Satu lagi cara menghilangkan atau mengobati depresi adalah dengan menulis jurnal. Pasalnya hanya dengan menulis akan menjadi terapi bagi mereka yang hati dan pikirannya tengah galau dan depresi.

Ungkapkan suasana hati yang Anda rasakan dalam sebuah buku harian. Usahakan untuk anda menuliskannya setiap hari agar suasana yang ada masih bisa terekam dengan baik.

Cara mengatasi depresi melalui menulis ini banyak menjadi rekomendasi dari para ahli. Tidak perlu bisa menulis dengan baik dalam menulis. Yang penting Anda bisa mengungkapkan gejolak dalam pikiran untuk Anda keluarkan melalui tulisan.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghilangkan atau mengobati depresi. Selain praktis, tips ini juga murah dan tidak membutuhkan biaya yang besar. Namun lakukan ini saat depresi masih ringan dan belum mejadi akut. (R11/HR-Online)