Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Merekam Acara TV di Android Anti Ribet Hasil Berkualitas

Cara Merekam Acara TV di Android Anti Ribet Hasil Berkualitas

Cara merekam acara TV di Android bisa dilakukan dengan mudah. Bahkan Anda cukup menonton dan merekamnya secara langsung. Saat ini kemajuan dalam dunia teknologi cukup pesat.

Berbagai platform digunakan untuk mengunggah video untuk memperoleh konten yang menarik. Banyak cara yang dilakukan oleh pengguna Android untuk mendapatkan perhatian publik.

Salah satunya dengan mendapatkan video baik biasa atau berkualitas tinggi. Salah satu cara yang biasa masyarakat lakukan yaitu merekam siaran TV.

Apakah cara merekam acara TV di Android bisa dilakukan? Tentu jawabannya cukup mudah. Ada banyak metode terbaik yang bisa Anda gunakan.

Cara merekam acara TV kini sudah bukan hal asing lagi. Cara ini sudah sering dilakukan oleh para YouTuber.

Hal ini dilakukan karena masih banyak masyarakat yang mencari siaran ulang dari suatu acara TV. Video tersebut biasanya di upload di YouTube dan berhasil menarik perhatian masyarakat luas.

Baca Juga: Cara Merekam Game di HP Android dengan Aplikasi, Berikut Pilihannya!

Cara Merekam Acara TV di Android Anti Ribet

Android menjadi perangkat yang cukup populer hingga saat ini. Penggunanya tergolong banyak baik untuk kalangan muda maupun tua. Saat ini aktivitas upload video menjadi hal yang wajar.

Hampir setiap saat pengguna Android mencoba memberikan konten terbaik di berbagai platform. Merekam siaran TV bukan hal yang baru. Namun tidak semua orang bisa merekamnya melalui ponsel Android.

Sebenarnya untuk merekam siaran TV tidak hanya bisa dilakukan melalui ponsel Android saja. Anda juga bisa merekamnya menggunakan USB TV Stick dan software screen capture.

Merekam Menggunakan Ponsel Android

Sebenarnya ada beberapa cara merekam acara TV di Android yang bisa Anda lakukan. Namun cara ini tergolong paling mudah dan anti ribet. Anda cukup siapkan smartphone Android saja.

Caranya juga tergolong sederhana. Cukup tempatkan smartphone persis berada di depan TV untuk merekam. Sesuaikan setting jarak, suara dan cahayanya.

Dengan cara ini Anda bisa mendapatkan rekaman TV sesuai yang diinginkan. Meski tergolong sederhana, sayangnya untuk hasilnya memang kurang memuaskan.

Hasil video akan terpengaruh oleh kejelasan TV itu sendiri. Selain itu, dari segi pencahayaannya juga kurang jelas. Hal ini karena terkadang sinar TV memantul ke kamera yang membuatnya terlihat lebih redup.

Bahkan untuk suaranya sendiri juga bisa merekam suara dari luar. Suara yang masuk ke rekaman tidak hanya dari siaran TV saja, namun juga dari area sekitar TV.

Baca Juga: Cara Baca Line Tanpa Read Android Termudah, Pemula Wajib Baca

Menggunakan Bantuan Aplikasi

Sedangkan untuk cara merekam acara TV di Android yang lain yaitu melalui pihak ketiga. Anda bisa merekam siaran TV dengan bantuan aplikasi SCR Screen Recorder.

Aplikasi pihak ketiga ini membantu mempermudah Anda dalam merekam siaran TV. Aplikasi SCR Screen Recorder bisa Anda unduh melalui Google Play Store.

Anda bisa mencari aplikasi dan unduh di ponsel Android. Dengan aplikasi tersebut Anda bisa merekam berbagai aktivitas pada layar Android.

Untuk melakukan perekaman pastikan Android terhubung dengan siaran TV streaming via internet. Setelah itu, Anda bisa aktifkan aplikasi SCR Screen Recorder dan mulailah untuk merekam siaran TV.

Sebaiknya gunakan Android yang memiliki ruang penyimpanan 1GB lebih. Sehingga akan muat ketika Anda harus menyimpan hasil rekaman siaran TV tersebut dan menjalankan dua program secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Menyambungkan CCTV ke HP Android dengan Langkah Mudah Ini!

Menggunakan USB TV Stick

Selain cara merekam siaran TV di Android ada juga teknik lainnya. Ada beberapa jenis perangkat dengan fitur perekaman yang bisa Anda jadikan pilihan.

Menggunakan USB TV Stick sebenarnya harus Anda lakukan menggunakan PC. Cara ini bisa melakukan perekaman secara langsung menggunakan software bawaan. Anda cukup klik tombol record maka proses perekaman akan terjadi.

File hasil perekaman juga biasanya akan berupa file .mpeg atau .wmv. Sehingga Anda tidak perlu lagi mengeditnya kembali. Menggunakan USB TV Stick laptop tidak perlu terhubung dengan internet.

Anda cukup menggunakan antena TV yang terhubung dengan USB TV Stick. Sebenarnya perangkat ini menjadi alat khusus untuk menampilkan acara TV di PC.

Untuk pembelian USB TV Stick tidaklah mahal cukup 100-250 ribu saja. Dengan mengeluarkan sedikit uang hasil yang diberikan tentu cara merekam acara TV di Android jauh lebih baik dan memuaskan. (R10/HR-Online)