Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Mudah Atasi Internet Lemot dan Penyebabnya

Cara Mudah Atasi Internet Lemot dan Penyebabnya

Cara mudah atasi internet lemot yang bisa Anda lakukan setelah mengetahui penyebabnya. Karena, ada beberapa faktor penyebab yang membuat jaringan internet menjadi lemot.

Jika hal ini terjadi, tentunya akan menghambat aktivitas dan pekerjaan, terlebih bagi Anda yang bekerja menggunakan koneksi internet.

Seperti kita ketahui bahwa saat ini kebutuhan internet sangat penting sebagai penunjang aktivitas banyak orang. Jadi, ketika internet jaringannya tak bisa ditolerir, maka semua aktivitas digital akan terhambat.

Namun, masih banyak orang yang belum mengetahui apa penyebab internet menjadi lelet atau lemot sehingga sering membuat mereka merasa tidak nyaman.

Sebetulnya banyak yang menjadi faktor penyebab internet lemot. Dari mulai sinyal selulrr atau WiFi, jangkauan sinyal dan jumlah perangkat. Hal tersebut bisa jadi penyebabnya.

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa masalah yang menjadi penyebab jaringan internet lemot.

Baca Juga : Ubah Sinyal 4G Jadi 5G untuk Peroleh Koneksi Lebih Cepat, Ini Caranya!

Penyebab dan Cara Mudah Atasi Internet Lemot

Masalah pada Sistem Operasi

Adanya permasalahan dalam sistem operasi perangkat kita bisa menjadi penyebab berselancar internet terasa lemot/lambat.

Biasanya kita hanya cukup merestart perangkat. Cara seperti ini memang sudah terbukti efektif dalam mengatasi masalah internet yang lelet akibat adanya sistem operasi yang mengalami masalah.

Paket Data Menipis

Cara mudah atasi internet lemot yang berikutnya yaitu dengan mengisi ulang data internet, jika penyebabnya dari paket data yang menipis.

Baca Juga : Mempercepat Koneksi Internet di HP Android, Begini Solusinya

Karena, paket data yang mulai menipis dapat pula menyebabkan jaringan internet jadi lambat atau lemot.

Beberapa operator memang memberlakukan pengurangan dari segi kecepatan. Tujuannya supaya paket data yang konsumen miliki tidak cepat habis.

Terlalu Banyak Buka Aplikasi

Berpindah-pindah membuka aplikasi satu ke aplikasi lainnya bisa menjadi salah satu penyebab jaringan internet lemot.

Pasalnya, jika aplikasi yang sudah terbuka itu tidak ditutup lagi, maka jaringan internet akan terus berjalan. Dengan begitu, kapasitas jaringan pun terbagi ke beberapa aplikasi.

Baca Juga : Koneksi Internet Lemot? Begini Merubah APN Semua SIM Card Biar Ngebut

Mengakses Jaringan Secara Bersamaan

Cara mudah atasi internet lemot berikutnya, Anda bisa melakukan restart modem atau router. Karena, penyebab internet lemot bisa juga akibat padatnya penggunaan akses oleh pengguna lainnya dalam waktu yang bersamaan.

Restart Modem atau Router

Jika menggunakan jaringan WiFi, coba restart modem atau router. Anda bisa mematikannya melalui tombol power maupun saklar.

Selain itu, Anda juga dapat mencabut adaptornya secara langsung, kemudian tunggu antara 10 hingga 30 detik sebelum kembali dinyalakan.

Update Perangkat Gadget Secara Berkala

Jika menggunakan gadget, maka cara mudah mengatasi internet lemot yaitu dengan meng-update perangkat gadget Anda secara berkala.

Dengan melakukan update software bisa menjadi solusi lantara aplikasi terkadang masih bisa ‘menyedot’ data meski sedang tidak Anda gunakan. Sehingga akan memberatkan kinerja terhadap perangkat.

Selain itu, beberapa aplikasi yang belum terupdate juga bisa menjadi penyebab smartphone bekerja lebih keras. Hal ini akan mempengaruhi koneksi jaringan internet.

Bersihkan Cache pada Perangkat Gadget

Apabila Anda sering berpindah aplikasi, sebaiknya tutup dulu aplikasi tersebut ketika Anda akan membuka aplikasi lainnya. Sehingga aktivitas aplikasi tersebut akan terhenti.

Ganti Provider Internet

Langkah terakhir cara mudah atasi internet lemot yaitu dengan mengganti provider internet. Karena bisa saja provider internet yang Anda gunakan tidak memiliki akses jaringan internet yang baik. (R3/HR-Online/Editor-Eva)