Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Pasang Skotlet Motor Sendiri dengan Langkah yang Tepat

Cara Pasang Skotlet Motor Sendiri dengan Langkah yang Tepat

Cara pasang skotlet motor bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan catatan Anda tahu teknik tepat dalam pemasangannya. Sehingga hasil yang akan Anda dapatkan sudah pasti memuaskan.

Seperti yang sudah banyak masyarakat ketahui jika saat ini sepeda motor menjadi kendaraan pribadi yang menjadi pilihan. Selain mudah untuk digunakan, juga banyak kelebihan yang bisa Anda dapatkan.

Untuk tetap menjaga performa dan tampilannya, banyak hal yang harus pemlik motor lakukan. Salah satunya yaitu dengan selalu memberikan perawatan secara rutin.

Namun untuk menjaga tampilannya Anda bisa gunakan banyak cara. Seperti halnya selalu membersihkan dan mencucinya. Selain itu, penggunaan skotlet juga menjadi pilihan terbaik.

Skotlet itu sendiri adalah seni yang berfungsi untuk menutupi body motor seperti stiker. Cara pasang skotlet motor pun tergolong mudah.

Jika Anda tahu tekniknya bisa saja langsung melakukan pemasangan sendiri.

Namun jika masih ragu, kini sudah banyak tempat modifikasi motor yang bersedia memasangkan skotlet sekaligus menyediakannya.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Warna Motor yang Pudar, Mudah Tanpa Biaya Mahal

Cara Pasang Skotlet Motor dengan Benar

Melakukan perawatan sepeda motor harus dilakukan oleh setiap pemiliknya. Terkadang bodi motor juga sering terkena goresan ketika motor jatuh atau lainnya.

Sehingga bodi baret itu terlihat ada goresan yang membuat tampilannya kurang menarik. Untuk mengatasi adanya hal ini, skotlet menjadi pilihan tepat.

Skotlet adalah stiker body motor yang bisa menutupi dengan tampilan yang menarik. Ada banyak pilihan warna skotlet yang bisa disesuaikan dengan keinginan pemilik motor.

Dalam pemasangannya memang tidak bisa sembarangan. Hal ini bertujuan agar skotlet terlihat rapi dan membuat body motor terlihat semakin menarik.

Jika Anda salah satu yang berusaha ingin memasangnya sendiri tidak masalah.

Berikut ini ada beberapa langkah tepat yang akan membantu Anda lebih mudah dalam pemasangan skotlet. Ikuti setiap langkahnya agar hasil skotlet tampak lebih memuaskan.

Bersihkan Bodi Motor

Melakukan cara pasang skotlet motor sebenarnya cukup mudah. Asalkan Anda tahu teknik yang tepat.

Langkah awal yang harus Anda lakukan yaitu dengan membersihkan body motor.

Bersihkan seluruh bodi motor agar skotlet dapat menempel dengan baik. Kotoran dan debu yang menempel akan menghalangi hasil dari pemasangan. Selain kotoran dan debu, tanah juga bisa mengganggu proses tersebut.

Setelah bodi benar-benar bersih, sebaiknya pastikan jika bodi juga kering. Pastikan sudah tidak ada air yang ada pada bodi motor. Sebab jika masih basah, sudah pasti skotlet akan mudah mengelupas.

Baca Juga: Cara Merawat Motor Agar Tetap Kinclong, Dijamin Ampuh

Lumuri Bodi dengan Air Sabun

Setelah melakukan cara pasang skotlet motor yang pertama masih banyak langkah selanjutnya. Anda bisa lumuri bodi motor dengan air sabun.

Menggunakan cara ini akan membantu agar skotlet dapat menempel dengan sempurna. Selain itu, skotlet juga tidak akan saling menempel satu sama lain.

Penempelan

Cara pasang skotlet motor selanjutnya yaitu bagian penempelan. Anda bisa memilih skotlet sesuai keinginan.

Setelah bodi motor Anda lumuri dengan air sabun segeralah untuk menempel skotlet.

Perhatikan dengan teliti dalam proses pemasangan. Jangan biarkan ada gelembung udara yang terjebak. Usahakan untuk memulai penempelan dari sisi ujung ke sisi ujung lainnya.

Merapikan tempelan, jika masih ada gelembung udara yang terlihat segeralah untuk menghilangkan dengan cara menusuk menggunakan jarum atau peniti. Sehingga gelembung udara akan hilang.

Baca Juga: Cara Mencuci Ban Motor Agar Terlihat Semakin Mengkilap, Ini Langkahnya

Biarkan Air Sabun Hingga Mengering

Penempelan skotlet harus Anda lakukan dengan cermat. Hal ini bertujuan agar hasil skotlet maksimal meski Anda lakukan sendiri di rumah.

Setelah skotlet terpasang semua dengan rapi, biarkan air sabun yang ada pada bodi motor mengering dengan sendirinya. Saat air sabun sudah benar-benar kering baru Anda bisa bersihkan bagian luar skotlet.

Sehingga tidak ada kotoran dan debu yang menempel pada bagian bodi. Gunakan cara yang tepat dengan mengikuti step by step. Cara ini bisa membantu Anda lebih menghemat biaya.

Meski melakukannya sendiri hasilnya tidak akan kalah memuaskan. Skotlet berfungsi untuk membuat tampilan bodi tetap mulus seperti baru. Sehingga ketika jatuh atau tergores bodi motor akan terlindungi skotlet.

Jika Anda ingin melakukan pemasangan skotlet sendiri bisa saja. Pastikan Anda tahu cara pasang skotlet motor baik dari langkah pertama hingga akhir. Dengan cara yang tepat, dijamin hasil skotlet tetap memuaskan. (R10/HR-Online)