Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri-Ciri Umum Protista yang Wajib Diketahui, Berikut Ini 5 di Antaranya!

Ciri-Ciri Umum Protista yang Wajib Diketahui, Berikut Ini 5 di Antaranya!

Ciri-ciri umum protista wajib kamu ketahui. Sebab, materi ini seringkali muncul dalam mata pelajaran biologi.

Sebelumnya, apakah kamu tahu apa itu protista? Protista dalam biologi merupakan organisme eukariotik yang memiliki inti sel penyusun dalam tubuhnya yang terlindungi oleh membran inti.

Sedangkan menurut Alastair Simpson, seorang profesor di departemen biologi Universitas Dalhousie, protista merupakan sebuah organisme eukariotik yang bukan termasuk hewan, tumbuhan, maupun jamur.

Baca Juga: Perbedaan Monera dan Protista Terlihat Dari Berbagai Sudut

5 Ciri-Ciri Umum Protista

Selama ini kamu mungkin menganggap bahwa makhluk hidup di dunia ini hanya terbagi menjadi tiga yakni hewan, tumbuhan, dan manusia. Jika iya, maka ternyata kamu salah besar.

Ternyata, protista merupakan jenis makhluk hidup lainnya. Protista sendiri bukan termasuk ke dalam tumbuhan, hewan, maupun jamur.

Dengan kata lain, memang protista memiliki klasifikasi mereka sendiri. Itulah kenapa makhluk hidup satu ini seringkali menjadi bahan penelitian, baik ketika mereka berkumpul dalam sebuah koloni maupun sendiri-sendiri.

Karena berbeda dari golongan makhluk hidup lain, maka tentunya protista juga memiliki ciri-cirinya tersendiri. Melansir dari Live Science, berikut ini beberapa ciri-ciri protista dan juga penjelasannya.

Protista Sebagian Besar Merupakan Uniseluler

Ciri yang pertama adalah bentuk tubuh dari makhluk hidup ini. Protista merupakan makhluk uniseluler.

Artinya, mereka hanya terdiri dari satu sel tunggal saja. Protista juga cenderung memiliki koloni yang terdiri dari satu atau berbagai jenis sel berbeda.

Namun, tidak semua dari protista berwujud unisel. Sebab, beberapa dari mereka juga ada yang multiseluler seperti jenis tertentu alga coklat dan juga alga merah.

Baca Juga: Contoh Kingdom Protista dan Ciri-Cirinya Berdasarkan Klasifikasi

Memiliki Organ Sel

Ciri selanjutnya adalah protista juga memiliki mesin seluler khusus. Mesin tersebut merupakan organel sel yang bertugas untuk menjalankan fungsi khusus di dalam sel.

Sebagai contoh, berbagai jenis alga memiliki organel sel plastida. Organel ini terdapat di bagian protista mirip tumbuhan dan memiliki fungsi sebagai tempat fotosintesis.

Memiliki Nukleus

Selain memiliki organel sel, ciri-ciri umum protista yang lain adalah juga terdapat nukleus di dalamnya. Nukleus atau inti sel sendiri merupakan kompartemen sentral yang khas.

Fungsi dari nukleus adalah untuk menyimpan materi genetik dari protista.

Bersifat Heterotrof

Sebagai makhluk hidup, protista bisa memperoleh nutrisi dari beberapa cara.

Menurut Simpson, protista bisa melakukan proses fotosintesis atau heterotrof yang berarti organisme ini dapat mencari sumber makanan dari luar berupa bahan organik.

Baca Juga: Siklus Hidup Sporozoa Si Parasit yang Berbahaya, Simak di Sini!

Berkembang Biak Secara Aseksual

Umumnya, protista akan berkembang biak melalui cara aseksual. Proses tersebut mencakup pembelahan biner yang merupakan sel induk yang terbelah menjadi dua sel identik, sehingga memunculkan beberapa sel yang juga identik.

Ada kemungkinan sebagian lain dari protista juga dapat memiliki semacam siklus berkembang biak secara seksual. Namun, untuk ciri-ciri umum protista hingga saat ini banyak diketahui masih berkembang biak secara aseksual. (R10/HR-Online)