Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita JabarDemokrat Jabar Minta Calon Ketua DPC Tidak Terpilih, Taati Pakta Integritas

Demokrat Jabar Minta Calon Ketua DPC Tidak Terpilih, Taati Pakta Integritas

Berita Jabar, (harapanrakyat.com),- Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Barat, M Handarujati Kalamullah, mengingatkan  para calon ketua DPC (Dewan Perwakilan Cabang) yang tidak terpilih, agar tetap mentaati pakta integritas yang sudah ditandatangani bersama.

Kata dia, pakta integritas tersebut isinya tentang komitmen para calon Ketua DPC, untuk menerima segala keputusan soal penetapan Ketua DPC terpilih.

“Sebelum adanya Muscab, semua calon ketua DPC Demokrat menandatangani pakta integritas itu,” ujar M Handarujati Kalamullah, Senin (18/7/2022).

Baca juga: Ketua Demokrat Jabar Minta Penjabat Kepala Daerah Bebas dari Politik Partisan

Pihaknya menyikapi tentang adanya aksi ketidakpuasan dari beberapa Pengurus Anak Cabang (PAC) Demokrat, di sejumlah daerah yang melaksanakan Muscab tahun 2022.

Mereka merasa tidak puas dengan hasil Muscab yang sudah DPP tetapkan

“Tolong taati pakta integritas yang sudah ditandatangani itu. Mari berusaha berjiwa besar, meski ada ketidakpuasan, tapi harus juga diimbangi dengan kebesaran hati dan kedewasaan,” katanya.

Pihak Demokrat Jabar juga membuka ruang dialog, bagi seluruh kader partai supaya tidak terjadi disinformasi.

“Terutama soal syarat jumlah dukungan PAC terhadap calon ketua DPC,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, sesuai dengan aturan organisasi di Partai Demokrat, bahwa jumlah dukungan PAC bukan untuk menentukan kemenangan si calon Ketua DPC, tapi itu hanya digunakan sebagai salah satu syarat pencalonan saja.

“Mekanisme ini sudah berjalan di semua Muscab Partai Demokrat di seluruh Indonesia, termasuk di Jabar, sudah sesuai mekanisme itu,” jelas M Handarujati Kalamullah.

Demokrat Jabar Beri Ruang untuk Ketua DPC Tidak Terpilih

Sebelumnya juga, Ketua DPD Demokrat Jabar Anton Sukartono telah mengundang para calon Ketua DPC Demokrat tidak terpilih, untuk melakukan dialog.

Partai Demokrat Jawa Barat membuka diri untuk menempatkan calon Ketua DPC tidak terpilih, agar masuk di kepengurusan DPD atau DPP.

Adapun calon ketua DPC tidak terpilih yang hadir antara lain, Rohmani Calon Ketua DPC Subang, Endang DPC Kabupaten Bandung, serta Ahmad Yani DPC Kabupaten Sukabumi.

M Handarujati Kalamullah menegaskan, semua calon tidak terpilih sudah diingatkan agar berpegang teguh kepada aturan organisasi dan juklak yang berlaku. 

“Jika ada kader yang melakukan cara-cara destruktif, maka pihaknya bakal mengambil langkah-langkah preventif dalam rangka menjaga marwah partai,” tegasnya.

DPD Partai Demokrat Jabar juga meminta para calon ketua DPC yang telah ditetapkan menjadi pemenang agar merangkul pihak yang kalah. (R8/HR Online/Editor Jujang)