Sabtu, Januari 28, 2023
BerandaBerita PangandaranDipantau Kemendagri, Pilkades Serentak di Pangandaran Sukses

Dipantau Kemendagri, Pilkades Serentak di Pangandaran Sukses

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Pangandaran berjalan sukses tanpa ekses. Pilkades ini diikuti oleh 17 desa dari 7 kecamatan.

Kemendagri memantau langsung secara virtual pilkades ini. Lokasinya di Desa Paledah yang merupakan Desa Percontohan.

“Alhamdulillah pelaksanaan pilkades berjalan lancar dan sukses tanpa ekses. Kemendagri memantau langsung melalui siaran virtual,” ujar Kadinsos PMD Pangandaran Wawan Kustaman melalui Kepala Bidang Penataan Kerjasama dan Administrasi Pemerintahan Desa Yuningsih,” ungkapnya, Sabtu (30/7/2022).

Yuningsih mengatakan suksesnya pilkades serentak di Pangandaran berkat kekompakan dan koordinasi semua pihak. Panitia pilkades hingga petugas pengamanan melaksanakan tugasnya dengan baik.

“Sinergitas dengan semua stakeholder. Sehingga bisa meminimalisir permasalahan-permasalahan yang akan timbul. Walau pun ada gesekan, berhasil meredamnya,” jelas Yuningsih

Menurut Yuningsih, ada gesekan itu hal biasa. Kesigapan dan kekompakan semua stakeholder dan TNI-Polri, semua permasalahan bisa tertangani dengan baik.

“Kekompakan panitia pilkades yang utamanya. Semua panitia desa kompak sejalan dengan arahan dari panitia Kabupaten,” ujar Yuningsih.

Yuningsih berpesan kepada kepala desa terpilih agar membuat berbagai inovasi, ide dan gagasan dalam membangun desa.

“Kepala Desa yang baru harus bisa membuat inovasi-inovasi dan sinergitas dengan seluruh aparat. Dalam peningkatan kelembagaan desa tersebut,” jelasnya.

Sementara Ketua panitia Pilkades Desa Paledah Dachlan mengatakan yel yel sukses tanpa ekses terbukti ampuh. Meski ada gesekan, namun bisa tertangani dengan baik .

“Alhamdulillah tingkat partisipasi pemilih sekitar 79,5 persen. Jemput bola juga dilakukan 100 persen,” kata Dachlan.

Dachlan berharap kepala desa terpilih bisa amanah dan menjalan tugas menurut bisi misinya dalam membangun desa. Setelah pilkades serentak di Pangandaran ini selesai, kepala desa harus merangkul semuanya,” pungkasnya. (Madlani/R9/HR-Online/editor-Dadang)