Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruDoa Sapu Jagat di Hari Tasyrik Amalkan! Berikut Lafadz dan Artinya

Doa Sapu Jagat di Hari Tasyrik Amalkan! Berikut Lafadz dan Artinya

Doa sapu jagat di hari Tasyrik ternyata menjadi salah satu amalan yang juga dianjurkan. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa hari tasyrik yaitu jatuh pada tanggal 11, 12 dan 13 bulan Dzulhijjah.

Seperti yang sudah kita ketahui juga bahwa di hari Tasyrik kita tidak diperbolehkan untuk melakukan amal ibadah puasa. Kendati demikian kita juga tidak boleh hanya diam saja. Melainkan kita harus menggunakan waktu tersebut untuk memperbanyak berdzikir kepada Allah serta membaca doa sapu jagat.

Tapi sebelumnya Pernahkah Anda mendengar doa tersebut? Sangat unik bukan? Meskipun namanya demikian tetapi seringkali kita melafadzkan doa tersebut dalam kegiatan sehari-hari.

Pada dasarnya doa tersebut merupakan salah satu doa yang familiar bahkan kita juga membacanya setiap akan mengakhiri doa ataupun suatu acara. 

Sementara larangan puasa itu sendiri terdapat dalam hadits riwayat Abu Hurairah radhiyallahu anhu, Nabi SAW telah bersabda datanglah diantara kamu puasa pada hari Tasyrik. Karena pada hari itu merupakan hari untuk kita makan dan minum serta berdzikir kepada Allah SWT(HR. Ahmad).

baca juga: Doa Setelah Sholat Tasbih, Amalkan Supaya Pahalanya Jadi Sempurna

Doa Sapu Jagat Di Hari Tasyrik, Bagaimana?

Hadis tersebut Sebenarnya bukan hanya mengacu kepada umat muslim. Maksudnya adalah selain menjadi dasar hukum untuk kita tidak melaksanakan puasa di hari Tasyrik hadis tersebut juga berisi tentang perintah untuk kita memperbanyak berdzikir kepada Allah. Sedangkan zikir itu sendiri terdapat berbagai cara.

Berdzikir kepada Allah menggunakan kalimat Toyibah ataupun dengan membaca doa. Dalam hal ini juga Abu Musa Al Asy’ari mengatakan bahwa 3 hari setelah Idul Adha itu merupakan hari Tasyrik. Berdoa pada hari tersebut tidak akan tertolak maka bersegeralah kalian untuk berharap kepada Allah.

Sedangkan dalam agama Islam juga terdapat doa yang bisa kita panjatkan kepada Allah sebagai salah satu hajat. Tetapi ketahuilah bahwa doa sapu jagat menjadi salah satu doa yang dianjurkan untuk kita lafadz kan ketika berdzikir kepada Allah saat hari Tasyrik.

baca juga: Doa Sayyidul Istighfar Menjanjikan Surga Bagi yang Mengamalkannya

Potongan Ayat Al-Quran Tentang Doa Sapu Jagat

Alangkah lebih baiknya kita mengetahui terlebih dahulu mengenai doa sapu jagat di hari Tasyrik tersebut. Ternyata Doa Sapu Jagat tersebut merupakan potongan ayat dari surat Al Baqarah ayat 201. Supaya lebih jelas cobalah untuk membuka kembali al-quran Anda. Pemberian nama sebagai doa sapu jagat itu ada karena sebuah budaya masyarakat muslim.

Maksudnya adalah doa tersebut mencakup seluruh kehidupan dunia dan akhirat sesuai dengan isi kandungan doanya. Sudah hafal kah Anda? Sudahkah Anda mengamalkan nya selama ini?

Ketika belum mengetahui Itulah sebabnya Kenapa dalam ajaran Islam terdapat hadis supaya kita tidak berhenti dalam menuntut ilmu karena memang menuntut ilmu itu merupakan kewajiban bagi setiap muslim dan muslimah.

Melafadzkan doa sapu jagat di hari Tasyrik juga menjadi salah satu hal yang sangat ampuh dan menjadi amalan yang mulia. Tidak hanya itu saja melainkan membaca doa sapu jagat di hari Tasyrik itu mempunyai banyak keutamaan yang menakjubkan. Lalu bagaimana doanya Apakah Anda tidak mau mendapatkan keutamaan tersebut?

baca juga: Doa Setelah Witir Tarawih Lengkap Beserta Artinya

Lafadz dan Artinya

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa doa sapu jagat di hari Tasyrik itu merupakan potongan dari ayat Al Quran surah Al Baqarah 201….. “Robbana aatinaa fiddunya hasanatan wafil aakhirati hasanataw waqinaa adzabannar”. Sedangkan untuk artinya sendiri adalah Wahai Allah, berikan kami kebaikan dunia dan kebaikan akhirat serta peliharalah dari siksa neraka.

Sangat mudah bukan lafadz doa sapu jagat tersebut? Biasanya ketika memasuki usia TPQ kita juga sudah akan diajarkan untuk selalu melafadzkan doa tersebut Setelah selesai melaksanakan sholat.

Tidak hanya itu saja dalam Hadits Riwayat Bukhari dan Muslim Nabi Muhammad SAW telah bersabda bahwa doa yang paling banyak beliau ucapkan atau baca adalah, Allahumma Rabbana Atina Fiddunya Hasanah wa fil akhiroti Hasanah waqina adzabannar.

Sehingga sudah sangat jelas bahwa doa sapu jagat di hari Tasyrik menjadi anjuran tersendiri yang harus kita baca untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dengan tujuan dan pengharapan Semoga Allah memberikan pertolongannya di akhirat kelak. (Muhafid/R6/HR-Online)