Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruEfek Busi Motor Kotor yang Cukup Serius, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu

Efek Busi Motor Kotor yang Cukup Serius, Pemilik Kendaraan Wajib Tahu

Efek busi motor kotor bisa berakibat fatal. Bahkan mengakibatkan kendaraan dapat mogok di tengah jalan secara tiba-tiba.

Semua komponen kendaraan membutuhkan perawatan yang tepat.

Untuk itu, bagi pemilik sepeda motor harus memperhatikannya setiap saat. Apalagi ketika sepeda motor Anda gunakan untuk perjalanan jauh.

Ada baiknya jika Anda melakukan pengecekan dan service secara rutin. Jika komponen kendaraan terjaga, sudah pasti performanya juga akan tetap bagus.

Salah satu komponen yang cukup vital yaitu busi. Busi adalah komponen kecil namun besar manfaatnya.

Jika tidak ada busi, sudah pasti mesin motor tidak akan menyala.

Sayangnya meski perannya cukup penting tidak semua pemilik motor memperhatikan kondisinya. Sehingga mengakibatkan busi kotor atau tidak berfungsi lagi.

Padahal efek busi motor kotor cukup beragam, Anda perlu tahu agar dapat lebih hati-hati saat menjaga komponennya.

Saat komponen tersebut bermasalah akan mengakibatkan masalah baru jika tidak segera teratasi. Busi harus selalu Anda kontrol agar dapat berfungsi secara tepat.

Baca Juga: Ciri Busi Motor Mati, Bisa Terjadi karena Berbagai Faktor Penyebabnya

Beberapa Efek Busi Motor Kotor

Sama seperti komponen motor pada umumnya, busi memiliki masa pakai.

Semua tergantung dengan pemakaian dan lamanya komponen Anda gunakan. Busi menjadi komponen kecil dengan manfaat yang besar.

Seiring pemakaiannya, busi akan mengalami performa yang menurun. Berbeda lagi jika busi belum lama dipakai namun memberikan ciri-ciri bermasalah, sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu.

Lakukan pengecekan hingga busi dapat berfungsi kembali dengan normal.

Munculnya deposit karbon pada kepala busi jika bahan bakar tidak terbakar sempurna. Perbandingan bahan bakar dan udara yang tidak tepat.

Suhu ruang bahan bakar yang terlalu panas bisa memberikan dampak buruk pada komponen tersebut. Saat kepala elektroda penuh deposit atau kotoran, sudah pasti percikan yang dihasilkan busi tidak akan besar.

Semua akan terhambat dan mengakibatkan mesin tidak bisa dinyalakan. Busi yang kotor akan mengakibatkan banyak dampak buruk.

Sebab busi kotor juga menjadi salah satu indikasi bermasalah. Adapun dampak buruk yang ditimbulkan jika busi bermasalah yaitu:

Baca Juga: Cara Membersihkan Busi Motor Tanpa Harus Bawa ke Bengkel

Boros BBM

Ada banyak hal yang bisa terjadi dan mengakibatkan timbulnya masalah. Masalah pada sepeda motor pun cukup bervariasi, termasuk busi yang bermasalah.

Efek busi motor kotor juga dapat menimbulkan borosnya bahan bakar. Pembakaran yang tidak sempurna akan mengakibatkan hal ini terjadi. Kondisi misfire yang dihasilkan akibat busi rusak.

Endapan yang menempel pada kepala busi mengakibatkan kotoran sulit untuk dibersihkan. Kotoran pada ujung insulator busi atau elektroda juga mengakibatkan hal buruk.

Karena percikan api yang berkurang tidak dapat menimbulkan pembakaran sempurna. Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan pengecekan atau penggantian busi baru.

Misfire

Saat motor bermasalh sudah pasti akan menimbulkan banyak masalah buruk jika tidak diatasi. Hal ini juga akan terjadi jika busi kotor.

Efek busi motor kotor juga bisa menimbulkan kondisi misfire pada ruang bahan bakar. Anda bisa langsung merasakan ketika mesin motor berhenti sesaat dan kembali berfungsi normal.

Terkadang masalah ini justru pemilik motor abaikan. Padahal hal ini justru bisa menjadi indikasi munculnya masalah.

Sehingga busi kotor juga sebaiknya untuk segera Anda ganti. Jika tidak, akan mengakibatkan motor mati di tengah jalan.

Kondisi ini juga akan membahayakan ketika Anda melakukan perjalanan, baik jarak jauh maupun dekat.

Baca Juga: Cara Mengganti Busi Motor dengan Benar dan Teliti

Mesin Tidak Bisa Menyala

Fungsi busi yang cukup vital tentu harus selalu terjaga. Jika sampai ada masalah yang muncul pun sebaiknya untuk mengatasinya dengan cepat dan tepat.

Salah satu efek busi motor kotor yaitu mesin tidak dapat menyala. Kotoran yang ada memang dengan mudah dapat terjadi.

Untuk itu, sebagai pemilik sepeda motor Anda harus lakukan pengecekan terutama ketika motor hendak untuk perjalanan jauh. Saat Anda mendapatkan kesulitan ketika menyalakan motor, bisa jadi pertanda busi bermasalah.

Bisa saja karena busi rusak dan tidak mampu menghasilkan percikan api yang bagus. Motor akan sulit menyala karena percikan api tidak besar pada ruang bahan bakar.

Anda akan merasa kesulitan saat menggunakan kick starter atau electric starter. Sebaiknya untuk segera mengatasi dan cari tahu apa saja dampak busi motor kotor.

Dengan begitu Anda akan dapat memberikan penanganan secara tepat. Efek busi kotor yang cukup serius ini wajib pemilik kendaraan ketahui. (R10/HR-Online)