Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruEksterior Rumah Batu Alam Pilihan Tepat untuk Rumah Idaman

Eksterior Rumah Batu Alam Pilihan Tepat untuk Rumah Idaman

Eksterior rumah batu alam hadir dengan berbagai keunggulan. Itulah alasan mengapa material tersebut banyak yang menggunakan untuk dinding rumah.

Sebenarnya banyak material yang bisa dijadikan pilihan untuk eksterior rumah. Namun untuk batu alam memang cukup populer dengan segudang keunggulannya.

Salah satunya membuat eksterior rumah terlihat cantik dan menarik. Batu alam banyak dijadikan pilihan untuk dinding rumah dengan beragam keindahan.

Batu alam sebagai pelapis dinding ini mampu memberikan kesan natural dengan berbagai keindahan yang ditampilkan. Ada banyak pilihan batu alam untuk dinding rumah yang memiliki karakter unik dan berbeda.

Karakter ini bisa sebagai elemen dekoratif interior yang cukup populer. Bagi Anda yang menginginkan batu alam sebagai pelapis dinding rumah, ada berbagai rekomendasi pilihan.

Berbagai jenis batu alam juga memiliki keunggulan masing-masing. Sehingga eksterior rumah batu alam akan terkesan lebih menarik dan estetik. Tidak akan mengurangi nilai dari tampilan luar rumah.

Baca Juga: Eksterior Rumah Tanpa Pagar Ciptakan Berbagai Keuntungan

Keunggulan Memilih Eksterior Rumah Batu Alam

Tampilan dinding yang monoton tanpa hiasan apapun akan terlihat membosankan. Apalagi jika hal ini terkait eksterior rumah, sudah pasti Anda menginginkan yang terbaik.

Tampilan rumah tidak akan terkesan membosankan. Salah satu cara yang bisa Anda jadikan pilihan untuk menambahkan kesan menarik pada dinding rumah yaitu penggunaan batu alam.

Sehingga membuat material pelapisan lebih unik dan fungsional. Ada banyak keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan material batu alam.

Berikut ini ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan batu alam pada rumah idaman.

Mampu Mengontrol Suhu

Penggunaan exterior rumah batu alam terkesan menarik dan berbeda. Selain itu, batu alam juga memiliki keunggulan mampu mengontrol suhu. Sehingga mampu memberikan kesan ruangan lebih sejuk.

Batu lam lebih mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan. Kemampuannya ini biasa disebut dengan thermal inertia.

Kapasitas batu alam mampu menyimpan panas dan tidak langsung mengantarkannya.

Hal ini membuktikan jika untuk daerah tropis pilihan tepat ketika memilih batu alam sebagai pelapis dinding rumah. Sehingga rumah akan terasa lebih sejuk dan adem.

Baca Juga: Desain Eksterior Rumah Type 36, Ciptakan Tempat Tinggal yang Hangat

Kuat dan Tangguh

Ada banyak keunggulan dari eksterior rumah batu alam. Selain mampu mengontrol suhu, batu alam juga memiliki tekstur yang kuat dan kokoh.

Tingkat kekuatan material ini dapat Anda ukur dengan skala Mohs dari angka 1-10.

Semakin tinggi skalanya menandakan jika semakin tinggi tingkat kekerasan material tersebut. Adapun hasil pengujian yang ada pada batu alam tersebut sangat kuat dan tangguh untuk material dalam berbagai kebutuhan baik interior maupun eksterior rumah.

Tidak Mudah Kotor

Keunggulan memang bisa Anda dapatkan pada setiap jenis material yang berbeda. Sebab semuanya memiliki keunggulan masing-masing termasuk batu alam. Batu alam memiliki keunggulan dari segi kebersihannya.

Sehingga tetap menjaga tampilan agar selalu menarik dan bersih. Debu, bulu hewan, dan sisa sel kulit mati tidak mudah menempel begitu saja pada batu alam.

Selain itu, batu alam juga mudah Anda bersihkan. Meski demikian, batu alam juga membutuhkan perawatan secara rutin agar polesannya tetap mengkilap.

Anda juga bisa gunakan surface disinfectant khusus agar material terbebas dari bakteri, kuman, dan virus. Sebaiknya berikan perawatan pada eksterior rumah batu alam secara berkala.

Ciptakan Nuansa Hangat

Batu alam memiliki corak dan warna menarik. Sehingga mampu menciptakan nuansa hangat secara visual dalam sebuah ruangan.

Ruangan yang dilapisi dengan batu alam akan menciptakan kesan nyaman dan betah untuk lama-lama tinggal.

Pastikan Anda bisa memilih corak dan warna yang bervariasi untuk menciptakan kesan hangat. Corak dan warna batu alam cukup bervariasi, bahkan bisa Anda sesuaikan dengan konsep rumah idaman.

Baca Juga: Eksterior Rumah 2 Lantai Minimalis, Inspirasi Hunian Cantik yang Nyaman

Ramah Lingkungan

Sebenarnya batu alam adalah salah satu material eco-friendly. Sehingga proses pengadaan batu alam tidak melibatkan banyak penggunaan bahan berbahaya.

Sehingga tidak akan mempengaruhi dampak buruk bagi lingkungan, minim limbah, minim polusi, dan hemat energi. Tidak hanya itu saja, faktanya batu alam juga menjadi material yang bisa masyarakat daur ulang dan multifungsi.

Misalnya eksterior rumah batu alam pada bangunan tua bisa Anda daur ulang sebagai bahan paving, dinding, atau dekorasi rumah. (R10/HR-Online)