Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisEmpat SD di Korwil Pendidikan Cipaku Ciamis Kekurangan Guru

Empat SD di Korwil Pendidikan Cipaku Ciamis Kekurangan Guru

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Empat Sekolah Dasar (SD) di Korwil Pendidikan Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, akan mengalami kekurangan guru. Hal tersebut terjadi karena banyak guru PNS yang akan pensiun pada bulan Agustus dan September 2022.

Kasubag Kepegawaian Korwil Pendidikan Cipaku Dani membenarkan kondisi tersebut. Empat SD tersebut yakni SDN 2 Gereba, SDN 2 Cipaku, SDN 2 Pusakasari dan SDN 2 Selacai.

“Dari empat sekolah tersebut ada 12 orang yang akan pensiun pada bulan Agustus dan September tahun 2022,” ujar Dani, Selasa (19/7/2022).

Baca Juga: Ratusan Guru di Ciamis Akhirnya Terima SK PPPK Setelah Belasan Tahun Mengabdi

Dani menjelaskan sebelumnya sekolah tersebut telah mendapat tambahan guru dari rekrutmen P3K (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja). Namun dengan adanya guru PNS yang pensiun, maka otomatis tenaga pendidik akan kembali berkurang.

“Meski sudah ada guru P3K tapi sekarang kembali berkurang karena ada PNS yang pensiun,” ungkap Dani.

Dani pun berharap agar secepatnya ada guru pengganti. Supaya pelaksanaan belajar mengajar berjalan lancar. Mengingat kekurangan guru ini khawatir akan membuat proses belajar mengajar terhambat.

“Harapannya begitu guru PNS pensiun langsung ada penggantinya,” ungkapnya.

Dani juga mengusulkan ketika ada pengangkatan guru P3K, Pemkab Ciamis melalui Dinas Pendidikan dapat mengalokasikan untuk mengisi kekosongan guru di empat sekolah tersebut. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)