Jumat, Agustus 12, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Washer pada Mobil dan Komponen Pelengkapnya

Fungsi Washer pada Mobil dan Komponen Pelengkapnya

Fungsi washer pada mobil untuk membantu kinerja wiper. Sebagai pemilik mobil Anda perlu mengetahuinya. Mobil memiliki banyak sekali komponen dengan fungsi berbeda.

Semua berfungsi demi membantu kinerja kendaraan dan keselamatan bagi pengemudi. Agar kaca mobil tetap dalam kondisi bersih, tentu dibutuhkan komponen yang namanya wiper.

Sedangkan wiper juga memiliki komponen lain yang menunjang kinerjanya agar optimal yaitu washer. Washer menjadi komponen vital dengan beberapa komponen.

Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu komponen pelengkap washer agar bisa menjaga kondisinya agar tetap baik. Sehingga kinerja washer akan optimal.

Bahkan fungsi washer pada mobil akan membantu wiper untuk membersihkan kaca mobil. Jika kaca bersih jarak pandang pengemudi akan lebih jelas.

Berbeda dengan kaca yang kotor atau terkena air akan menghambat pandangan. Itulah peran washer bisa Anda gunakan.

Baca Juga: Cara Cek Karet Wiper Mobil, Sudah Saatnya Ganti atau Belum

Fungsi Washer pada Mobil dan Komponennya

Saat musim hujan mobil menjadi salah satu jenis kendaraan yang cukup dicari. Selain mampu melindungi seseorang dari hujan, mobil juga memiliki kapasitas yang cukup banyak.

Sehingga tidak sedikit dari masyarakat yang memilih membeli mobil daripada sepeda motor. Meski demikian, semua jenis kendaraan memiliki kelebihan masing-masing.

Namun ketika musim hujan mobil juga harus dijaga dengan baik. Terutama sistem keselamatan seperti wiper dan washer.

Wiper itu sendiri adalah penghapus kaca, sedangkan washer adalah cairan yang mampu membantu pengemudi mendapatkan jarak pandang yang baik.

Peran dari washer cukup penting, mampu menghindari pengemudi dari kecelakaan akibat jarak pandang. Sebenarnya fungsi washer pada mobil tidak hanya itu saja.

Komponen tersebut bekerja untuk membantu kinerja wiper. Washer juga berperan untuk menyemprotkan cairan pembersih yang ada dalam tangki.

Gunanya membantu kaca agar bersih ketika ada kotoran yang menempel. 

Komponen Washer Mobil

Fungsi washer pada mobil terletak pada bagian kaca depan dan belakang. Saat terdapat kotoran mengering di bagian kaca mobil yang tidak bisa hilang maka washer yang berperan.

Sebab wiper tidak dapat mengatasi masalah tersebut. Dengan cairan pembersih washer, kaca secara otomatis akan bersih optimal.

Cairan washer juga untuk dapat meringankan kinerja wiper agar hasilnya maksimal.

Selain fungsinya yang cukup penting, washer juga membantu pengoperasian wiper lebih mudah saat bergerak. Adapun beberapa komponen yang ada pada washer mobil antara lain:

Nozzle

Ada komponen yang berada pada washer yaitu nozzle atau lubang penyemprotan. Nozzle terbuat dari pipa tembaga alumunium dengan bagian ujung terdapat satu atau dua lubang.

Diameter lubang yaitu 0,8-1,0 mm. Fungsi komponen washer pada mobil ini untuk menyemprotkan fluida sebagai pembersih kaca.

Baca Juga: Cara Melepas Tangkai Wiper Mobil dan Waktu yang Tepat Menggantinya

Selang

Komponen washer yang lain yaitu selang atau hose. Berfungsi untuk menghubungkan pompa washer dengan nozzle. Adanya komponen ini saling membantu cairan pembersih bisa disemprotkan pada area kaca.

Tangki Washer

Sebenarnya banyak fungsi washer pada mobil. Dengan adanya komponen pelengkapnya membantu kinerja lebih optimal. Komponen washer mobil yang lain yaitu tangki.

Tangki ini berfungsi sebagai media yakni untuk menampung pembersih kaca mobil. Bentuk tangki washed bervariasi. Semua tergantung dengan posisi penempatan dan bentuk rangka dari kendaraan.

Motor Washer

Komponen selanjutnya ini yang menjadi pintu dari washer mobil. Motor washer memiliki bentuk seperti selang dan berwarna hitam, menempel pada washer tank.

Fungsi komponen yang satu ini untuk menggerakkan pompa. Motor washer ini akan memberikan dorongan pada larutan pembersih atau fluida dari washer tank.

Bentuknya wound motor dan ferrite magnet. Sedangkan untuk pompa yang digunakan yaitu antara roda gigi dan gir.

Baca Juga: Cara Mencopot Wiper Mobil Sendiri yang Penting untuk Anda Ketahui

Cairan Pembersih

Komponen penting pada washer yaitu cairan pembersih. Cairan tersebut berupa zat anti beku, zat anti karat, dan detergen.

Fungsi cairan pembersih untuk dapat menghalau berbagai jenis kotoran yang menempel pada kaca.

Untuk mengganti cairan, sebaiknya pilih yang terbaik dan tidak merusak karet wiper serta karet melekat pada sisi depan maupun belakang.

Sebagai pemilik mobil Anda perlu mengetahui apa saja komponen dari washer. Selain membantu kinerja wiper, fungsi washer pada mobil juga menghilangkan noda membandel lebih optimal. (R10/HR-Online)