Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita TerbaruGejala Kanker Otak pada Wanita yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Gejala Kanker Otak pada Wanita yang Perlu Diwaspadai Sejak Dini

Gejala kanker otak pada wanita perlu kita waspadai. Pasalnya, kanker otak merupakan salah satu penyakit yang menjadi penyebab kematian.

Deteksi dini gejala kanker otak ini sangatlah penting. Sebab, para wanita seringkali tidak menyadari penyakit berbahaya tersebut.

Baca Juga: Gejala Awal Tumor Otak, Waspadai Sebelum Menjadi Kanker

5 Gejala Kanker Otak pada Wanita

Wanita memiliki tubuh yang lebih peka terhadap rasa sakit. Itulah mengapa, terkadang wanita lebih cepat dalam merespon gejala suatu penyakit.

Tak terkecuali dengan gejala kanker otak ini.  Meskipun kanker otak sulit untuk kita deteksi secara langsung, akan tetapi ada beberapa gejala yang bisa dirasakan. Berikut penjelasannya.

1. Merasa Mual dan Muntah Tak Terkontrol

Gejala kanker otak pada wanita yakni merasakan mual dan muntah yang tak terkendali. Biasanya, gejala ini akan timbul meskipun tubuh kita dalam kondisi sehat, tidak sakit, atau tidak kelelahan.

Ketika gejala ini dirasakan oleh wanita berusia 40 tahun ke atas, ada baiknya untuk segera mengkonsultasikan ke dokter.

2. Mengalami Sakit Kepala

Gejala lainnya yakni mengalami sakit kepala. Gejala yang satu ini perlu mendapatkan perhatian lebih, karena sulit kita bedakan dengan sakit kepala biasa.

Bahkan, terkadang dokter tidak bisa langsung menemukan adanya gejala kanker otak. Namun, bila serangan sakit kepala tersebut terjadi secara terus-menerus dan tiba-tiba, perlu untuk kita waspadai.

Seiring waktu, sakit kepala ini akan terus memburuk. Biasanya, sakit kepala ini akan terasa saat pagi hari setelah bangun tidur.

Hal ini karena kanker menekan beberapa bagian otak setelah kita berbaring dalam waktu lama.

Baca Juga: Perbedaan Kanker dan Tumor Serupa Tapi Tak Sama, Jangan Keliru!

3. Tubuh akan Terasa Lelah dan Lemah

Gejala kanker otak pada wanita selanjutnya yakni tubuh yang terasa lelah dan lemah. Hal ini terjadi, karena kemungkinan kortek motorik pada otak mengambil alih semua bagian otot tubuh.

Ketika bagian ini mendapatkan tekanan dari kanker, sinyal tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Alhasil, tubuh akan kehilangan fungsi untuk bergerak lincah, setelah itu tubuh akan terasa lemas.

4. Pikiran Kabur dan Bingung

Gejala kanker otak pada wanita lainnya yakni pikiran kabur, bingung atau blank. Namun, biasanya kondisi pikiran semacam ini bisa kita rasakan karena beberapa hal.

Misalnya, terlalu lelah, kadar gula darah yang turun, hingga kurang tidur. Jika pikiran kabur atau bingung terjadi bukan karena faktor ketiga tersebut atau lainnya, ada baiknya harus segera periksa ke dokter.

Baca Juga: Makanan Penyebab Kanker Otak yang Perlu Anda Waspadai

5. Suasana Hati yang Berubah-ubah

Akibat kondisi otak yang tidak terkendali dan sakit, penderitanya akan memiliki suasana hati berubah-ubah. Hal ini terjadi karena otak depan mengendalikan kepribadian dan emosi menjadi terganggu.

Demikianlah gejala kanker otak pada wanita yang bisa kita ketahui. Tidak ada yang tahu kapan datangnya sakit, akan tetapi kita bisa menerapkan pola hidup sehat untuk mencegahnya. (R10/HR-Online)