Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita PangandaranGempa Berkekuatan M 4,9 Guncang Pangandaran

Gempa Berkekuatan M 4,9 Guncang Pangandaran

Berita Pangandaran (Harapanrakyat.com),- Gempa bumi berkekuatan Magnitude (M) 4,9 guncangan Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Sabtu (16/7/2022) pada pukul 22.05 WIB.

Meski merasakan getaran gempa, warga sekitar pesisir Pantai Pangandaran tetap tenang. Mereka tetap melakukan aktivitas seperti biasa.

Menurut BMKG, Pusat gempa berada di laut 84 km BaratDaya Pangandaran. Kedalamnya 28 KM. Selain warga Pangandaran, warga Ciamis, Banjar dan Tasikmalaya pun merasakan guncangan gempa berkekuatan M 4,9 ini.

Dadi, warga Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, mengaku ia merasakan ada gempa saat berada dalam rumah. Kemudian Dadi bersama keluarganya langsung bergegas ke luar rumah.

“Sedang santai nonton tv namun tiba-tiba ada guncangan kami pun langsung ke luar rumah. Warga lainnya juga merasakan guncangan gempa langsung ke luar rumah. Namun tidak sedikit warga pun yang tidak merasakan gempa,” ujar Dadi kepada HR Online.

Baca Juga: Dalam Sepekan Terakhir, Pangandaran Diguncang Gempa Bumi 2 Kali

Pantauan HR Online di obyek wisata Pantai Pangandaran tidak nampak kepanikan saat terjadi gempa. Mereka terlihat tenang dan tetap beraktivitas meski merasakan adanya getaran gempa.

Sementara itu, Basir, warga Kabupaten Ciamis, mengaku merasakan getaran gempa sebanyak dua kali. Pertama terasa cukup kecil. Namun selang 15 lebih kemudian merasakan gempa kedua dengan getaran yang cukup besar.

“Getaran gempa sekitar 2 sampai 3 detik. Tapi terasa cukup besar. Warga yang dari dalam rumah langsung keluar semua,” ungkapnya.

Sampai saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa berkekuatan M 4,9 tersebut. Gempa ini merupakan susulan dari sebelumnya berkekuatan M 4,4 pada pukul 21.41 WIB dengan pusat Kabupaten Pangandaran. (Entang/R9/HR-Online/Editor-Dadang)