Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita CiamisGorong-gorong Tersumbat, Jalan Desa di Ciamis Sempat Terendam Banjir

Gorong-gorong Tersumbat, Jalan Desa di Ciamis Sempat Terendam Banjir

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Sampah dan material tanah menyumbat gorong-gorong Cilumbu saat hujan deras mengguyur wilayah Desa Tanjungjaya, Kecamatan Rajadesa, Ciamis, Jawa Barat, Jumat (15/7/2022). Akibatnya, Jalan desa sempat terendam banjir.

Dede Sulaeman, warga Dusun Cilumbu, Desa Tanjungjaya Kecamatan Rajadesa, membenarkan kondisi tersebut. Hujan yang terjadi sepanjang malam menyebabkan gorong gorong jalan Cilumbu tersumbat sampah dan material tanah.

“Sedimen dan sampah tersebut menumpuk dalam gorong gorong . Untuk membersihkan gorong-gorong tersebut, maka kami meminta bantuan dari Pos WMK Damkar Kecamatan Rancah,” ujar Dede, Sabtu (16/7/2022).

Proses pembersihan gorong-gorong yang tersumbat, petugas Damkar WMK Rancah menyemprotkan air menggunakan mesin pompa. Sehingga tanah yang mengendap dalam gorong-gorong tersebut terkikis dan kembali mengalir.

Baca juga: Banjir Bandang Terjang Kampung Naga di Tasikmalaya

Sementara itu, Petugas Damkar Kecamatan Rancah Kabupaten Ciamis Yanto mengatakan sampah dan sedimen tanah nampak sudah menumpuk. Ia memprediksi tumpukan tersebut sudah terjadi cukup lama. Kemungkinan kondisi ini terjadi akibat sampah yang menyumbat lalu terjadi pengendapan tanah dalam gorong-gorong tersebut.

“Alhamdulillah material tanah dan sampah sudah kami evakuasi dari dalam gorong-gorong. Sekarang saluran air dan gorong-gorong yang tersumbat sudah kembali normal,” ungkap Yanto.

Yanto menghimbau warga jangan membuang sampah sembarangan. Agar saluran air dan gorong gorong tidak tersumbat.

“Jangan membuang sampah sembarangan. Jangan sampai jalan terendam banjir akibat gorong-gorong tersumbat oleh sampah,” tegasnya. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)