Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisHarga Cabai Rawit di Pasar Ciamis Naik, Capai Rp 140 Ribu

Harga Cabai Rawit di Pasar Ciamis Naik, Capai Rp 140 Ribu

Berita Ciamis (harapanrakyat.com), – Pasca hari raya Idul Adha 1443 H, sejumlah harga bahan pokok di Pasar Manis Ciamis kembali naik. Salah satunya harga cabai rawit domba yang mencapai Rp 140 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 120 ribu.

Salah satu pedagang di Pasar Manis Ciamis Henhen mengatakan, yang naik itu bukan hanya cabe rawit jenis domba saja, namun ada juga cabe rawi biasa yang tadinya Rp 100 ribu kini menjadi Rp 120 ribu per kilogramnya.

Kemudian ada cabai merah tanjung Rp 150 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 100 ribu. Kemudian cabai hijau tanjung Rp 60 ribu per kilogramnya dari Rp 40 ribu. 

“Kalau cabai merah tanjung itu naiknya sudah sejak lebaran Idul Adha. Normalnya itu Rp 50 sampai 60 ribu per kilogramnya untuk cabai merah tanjung,” katanya, Jumat (15/7/2022). 

baca juga: H-1 Idul Adha, Harga Jual Ayam Kampung di Cipaku Mendadak Naik

Menurutnya, pihaknya tidak mengetahui penyebab naiknya harga cabai tersebut. Pasalnya, untuk stok sendiri itu tidak ada kendala jadi aman, namun kenapa harga masih mahal.

“Mungkin dari atasnya sih, dari petaninya kayaknya. Kalau stok banyak kita nggak kekurangan,” tuturnya.

Henhen mengaku saat harga cabai normal, pihaknya dapat menjual kurang lebih sekitar 50 kilogram, namun saat ini hanya Rp 10 sampai 15 kilogram saja. 

“Yang beli paling mengurangi pembeliannya yang tadinya biasa beli satu kilogram sekarang hanya setengah karena harganya mahal,” ucapnya.

Selain kelompok cabai yang saat ini naik harganya, ada juga Kentang yang saat ini naik sekitar Rp 16 ribu per kilogramnya dari tadinya Rp 14 – 15 ribu per kilogramnya.

“Mudah-mudahan saja, harga-harga bisa kembali normal supaya tidak memberatkan pembeli dan pedagang tidak mengeluh,” pungkasnya. (Ferry/R6/HR-Online)