Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruHujan Meteor Delta Aquarids di Akhir Juli, Ini Cara Melihatnya!

Hujan Meteor Delta Aquarids di Akhir Juli, Ini Cara Melihatnya!

Hujan meteor Delta Aquarids akan terjadi pada akhir Juli 2022 atau menjelang tahun baru Islam. Fenomena ini juga terkenal dengan istilah bintang jatuh.

Selain Delta Aquarids, hujan meteor lain bernama Capricornids juga akan terjadi di waktu yang berdekatan. Hujan meteor sendiri merupakan fenomena astronomis yang akan terjadi secara tahunan.

Bagaimana cara menyaksikan fenomena ini?

Baca Juga: Hujan Meteor Eta Aquarid Dapat Diamati di Indonesia, Ini Jadwalnya!

Waktu Terjadinya Hujan Meteor Delta Aquarids

Akhir Juli 2022 akan terjadi fenomena astronomi di langit, yaitu hujan meteor. Hujan meteor ini jika dari Bumi terlihat seperti bintang jatuh.

Itulah kenapa, banyak orang-orang yang juga menyebutnya fenomena bintang jatuh. Padahal, yang terjadi sesungguhnya adalah batuan atau debu antar planet yang berhasil memasuki atmosfer.

Karena menjadi benda asing, maka batuan tersebut pada akhirnya terbakar karena adanya gesekan dengan atmosfer. Pada akhir Juli ini terjadi fenomena hujan meteor berama Delta Aquarids dan juga Alpha Capricornids.

Peneliti utama bidang astronomi dan juga astrofisika Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin menjelaskan waktu yang tepat untuk melakukan pengamatan.

Delta Aquarids dapat Anda saksikan pada 29 hingga 30 Juli 2022. Waktu pengamatan mulai dari pukul 23.00 WIB di ufuk timur.

Sementara itu, waktu puncak dari fenomena ini adalah pada pukul 02.00 WIB di langit selatan.

Sedangkan hujan meteor Alpha Capricornids akan terjadi setelahnya, yaitu pada 30 sampai 31 Juli 2022 mulai pukul 20.00 WIB di ufuk timur. Namun, waktu terbaik untuk pengamatan adalah setelah lewat malam di langit selatan.

Menurut Thomas, waktu pengamatan yang terbaik adalah dini hari atau sebelum subuh.

Di sisi lain, peneliti pusat sains antariksa BRIN, Andi Pangerang mengatakan bahwa fenomena hujan meteor yang satu ini akan berakhir 30 menit sebelum Matahari terbit atau sekitar pukul 05.30 WIB di arah barat daya.

Baca Juga: Hujan Meteor Chi-Orionid Malam Ini Bersamaan Fase Bulan Perbani Awal

Cara Mengamati Hujan Meteor

Tentu saja fenomena hujan meteor Delta Aquarids dan juga Alpha Capricornids ini sangat menarik untuk disaksikan. Namun, bagaimana sebenarnya cara mengamati hujan meteor ini?

Kabar baiknya adalah hujan meteor ini dapat terlihat dengan mata telanjang. Hal itu Thomas tuturkan sendiri karena menurutnya cara terbaik menyaksikan hujan meteor adalah dengan mata telanjang.

Pasalnya, ketika mengamati dengan mata telanjang maka pandangan jauh lebih luas.

Selain itu, lantaran puncak dari hujan meteor ini akan berada di langit bagian selatan, maka Thomas menyarankan agar medan pandang ke langit selatan tidak terhalang gedung ataupun pohon.

Baca Juga: Fakta Hujan Meteor Arid Pada Bumi Bagian Selatan, Sorotan Menarik

Untuk dapat melihat hujan meteor ini juga harus dalam keadaan cerah dan sebisa mungkin jauh dari polusi cahaya sehingga dapat terlihat dengan jelas.

Anda hanya perlu mengarahkan pandangan ke langit untuk mengamati fenomena ini. Hujan meteor Delta Aquarids dan juga Alpha Capricornids akan terlihat seperti bintang jatuh atau bintang beralih. (R10/HR-Online)