Senin, Agustus 8, 2022
BerandaGaya HidupInspirasi Menu Idul Adha untuk Keluarga

Inspirasi Menu Idul Adha untuk Keluarga

Idul Adha adalah salah satu momen yang sangat dinantikan karena pada saat itu sebagian orang ingin merayakannya bersama keluarga tercinta di rumah. Dalam Islam, Idul Adha merupakan suatu momen untuk memperingati kepatuhan Nabi Ibrahim A.S. kepada Allah SWT dengan menyerahkan putranya (Ismail A.S.), kemudian Allah SWT ganti dalam wujud domba. Sehingga guna memperingati peristiwa tersebut, maka dikenal pula dengan Idul Kurban atau Lebaran Haji.

Ketika Hari Raya Idul Adha, hidangan yang identik disantap biasanya berasal dari olahan daging kurban, baik sapi maupun kambing. Ini adalah beberapa contoh inspirasi menu makan lebaran Idul Adha yang bisa disajikan untuk keluarga tercinta.

Contoh Inspirasi Menu Makanan Idul Adha

1. Semur Daging Sapi

Menu pertama yang cocok dihidangkan saat Hari Raya Idul Adha adalah semur daging sapi. Makanan khas Betawi ini memiliki cita rasa manis gurih dan sedikit berempah, kuahnya cenderung kental dan berwarna coklat gelap karena bumbu utamanya adalah kecap. Semur daging sapi sangat lezat jika disajikan bersama nasi hangat maupun ditambahkan telur rebus di dalamnya.

Tidak hanya sapi, Anda pun bisa memasaknya dengan ayam, jengkol, telur, maupun kambing. Semur dapat ditemukan dengan mudah di berbagai daerah di Indonesia, namun dengan versinya masing-masing. Terutama orang Betawi, biasanya menyajikan semur sebagai makanan pelengkap untuk acara adat dan sebagai hidangan lebaran.

2. Rawon

Rawon adalah masakan khas Indonesia, tepatnya daerah Nguling, Jawa Timur yang isinya berupa daging sapi dengan kuahnya berwarna hitam karena bumbu dasarnya adalah kluwak. Rasa rawon cenderung berkuah ringan dan gurih, menambahkannya dengan tauge, bawang goreng, dan sambal tentu semakin menggugah selera makan.

Rawon sudah banyak pula dikenal di seluruh dunia, biasanya diberi sebutan black soup karena warna kuahnya hitam. Apabila Anda tertarik memasak rawon untuk hidangan keluarga saat perayaan Idul Adha, coba intip resep olahan daging kurban di Lottemart.co.id. Di sana terdapat bermacam-macam resep menarik sekaligus gampang dibuat di rumah.

3. Gulai Kambing

Ketika Hari Raya Idul Kurban, biasanya panitia kurban juga membagikan daging kambing kepada penduduk sekitar. Mengolahnya menjadi makanan enak dan tidak berbau prengus sebenarnya mudah sekali dilakukan, misalnya dengan menambahkan nanas sebagai marinasi, melakukan teknik potong yang benar, dan sebagainya.

Gulai kambing berbeda dengan sapi karena aroma dagingnya cenderung kuat dan teksturnya pun sedikit lebih kasar dibandingkan daging sapi. Oleh karena itu, proses pengolahannya pun harus benar supaya rasa gulainya enak dan tidak bau amis. Anda bisa menambahkan lebih banyak rempah dan bumbu untuk memperkuat cita rasa sekaligus aromanya, lalu boleh pula menambahkan daun singkong atau nangka muda sebagai isiannya.

4. Tongseng Sapi

Sekilas, tongseng hampir mirip dengan gulai, namun lebih kuat bumbunya dan mempunyai ciri khas yaitu daging masih melekat pada tulang. Tongseng dapat pula disajikan dengan bahan utama berupa daging kambing ataupun sapi, lalu ditambahkan irisan tomat, bawang putih, dan kubis. Jika ingin memasak hidangan tersebut, Anda bisa menggunakan bagian iga maupun tulang belakang.

Baca Juga : Kisah Pengrajin Tusuk Sate di Kota Banjar dan Harapannya saat Idul Adha

Cita rasa tongseng cenderung gurih karena adanya perpaduan rempah kuat dengan santan kental. Cocok sekali dihidangkan saat Idul Adha lalu disantap bersama keluarga di rumah. Meskipun kebanyakan dibuat dari kambing, Anda pun bisa juga memakai bagian dari sapi sebagai bahan utamanya.

5. Sop Kambing

Apabila ketika Hari Raya Idul Adha bosan dengan masakan berkuah kental maupun sate-satean, tidak ada salahnya mengolah daging kurban menjadi menu lebaran berkuah, yakni membuatnya jadi sup. Sop kambing merupakan salah satu inspirasi menu olahan daging kurban yang bisa dicoba di rumah. Menyantapnya dengan nasi hangat dan taburan bawang goreng, dijamin menggugah selera makan.

Sop kambing jika dimasak dengan benar, baunya tidak akan amis atau prengus. Anda bisa menambahkan rempah-rempah supaya dapat mengurangi aroma prengusnya, sekaligus menciptakan cita rasa segar saat menyantapnya. Tertarik untuk membuat hidangan ini saat Idul Kurban?

6. Bakso Sapi

Siapapun pasti tahu bakso sapi, sebab makanan satu ini termasuk banyak yang menyukainya dari berbagai usia dan kalangan. Kuahnya ringan serta memiliki rasa gurih, menambahkannya dengan potongan lontong, mie, dan lontong membuat makanan berbentuk bola-bola daging tersebut semakin lezat dinikmati. Cobalah membuatnya sebagai menu makan lebaran Idul Adha untuk keluarga.

Bakso sebenarnya merupakan adaptasi dari hidangan asal Tiongkok. Cara membuat bakso sapi termasuk mudah dilakukan, yaitu dengan menggiling dagingnya terlebih dahulu dan  ditambahkan campuran tepung tapioka, kemudian dibentuk bola, lalu direbus. Sajikan bersama mie, pangsit, goreng, siomay, tahu, sawi, tauge, maupun tambahan lainnya sesuai selera masing-masing.

7. Rica-rica Kambing

Rica-rica adalah salah satu kuliner khas Manado (Sulawesi Utara) yang memiliki cita rasa pedas dengan bahan dasar utama yaitu cabai rawit, cabai merah, bawang-bawangan, serta bumbu lainnya. Makanan ini salah satunya dapat dibuat menggunakan bahan dasar kambing, cocok sekali jadi inspirasi menu untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga.

Anda bisa memasak hidangan asal Manado ini dengan cara mengiris daging kambing tidak terlalu tebal. Kemudian marinasi terlebih dahulu dengan nanas dan garam supaya lebih empuk, serta menghilangkan aroma prengusnya. Tertarik untuk mencoba membuatnya di rumah dengan daging kurban?

8. Nasi Kebuli

Inspirasi menu Idul Adha untuk keluarga tercinta, tidak ada salahnya membuat olahan nasi kebuli. Nasi kebuli adalah hidangan khas timur tengah yang cukup populer di Indonesia, berbahan utama kaldu daging kambing, susu kambing, dan bumbu rempah kuat untuk membuatnya.

Baca Juga : Hukum Qurban Tapi Belum Aqiqah Apakah Boleh? Simak Penjelasannya!

Campuran rempah untuk membuat nasi kebuli, antara lain cengkeh, jintan, kayu manis, lada hitam, pala, ketumbar, bawang-bawangan. Lalu nantinya nasi ditanak bersama campuran rempah tersebut, serta susu dan kaldu kambing (dimasak memakai minyak samin).

Melihat campuran bumbunya yang begitu kuat, sudah bisa terbayang bagaimana rasa gurihnya sekaligus aroma harumnya benar-benar menggugah selera. Apalagi biasanya disajikan dengan tambahan daging kambing goreng, taburan kurma atau kismis, kemudian ditambahkan pelengkap lainnya, yaitu sambal goreng ati.

9. Daging Sapi Lada Hitam

Olahan daging sapi kurban yang paling mudah dan bisa dicoba di rumah untuk dibuat sebagai santapan lezat bersama keluarga adalah daging sapi lada hitam. Sesuai namanya, untuk membuat menu tersebut bumbu utamanya adalah saus lada hitam, Anda bisa membelinya di toko terdekat, salah satunya adalah LOTTE Mart.

Jika ingin membuat sajian ini, Anda perlu memotong daging sapi dengan bentuk tipis dan memanjang kemudian dimarinasi dengan saus lada hitam. Tidak perlu merebus dagingnya terlebih dahulu, sebab potongan tipis lebih cepat matang ketika dimasak.

10. Tengkleng

Selanjutnya, resep Hari Raya Idul Kurban yang bisa dicoba dibuat adalah tengkleng. Sajian kuliner asal Solo, Jawa Tengah ini sebenarnya mempunyai komposisi bumbu tidak jauh berbeda dengan gulai. Namun Tengkleng kuahnya lebih ringan dan tidak sekental gulai.

Tengkleng dapat dibuat dengan bagian tulang sapi maupun kambing, bisa jadi kepala atau kakinya. Berbeda dengan gulai yang biasanya memakai bagian daging dan jeroan. Hidangan ini dinamakan tengkleng karena tulang sapi atau kambing disajikan pada piring seng, sehingga berbunyi ‘kleng kleng’, pada zaman dahulu hanya disajikan untuk kaum non bangsawan, sebab hanya bangsawan yang boleh mengonsumsi daging.

Inspirasi menu Idul Adha di atas dapat Anda coba untuk mengolah daging kurban menjadi sajian lezat bersama keluarga di rumah. Resep manakah yang ingin dicoba saat Idul Adha?. (R5/HR-Online/Editor-Adi)