Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita BisnisInvestasi Real Asset, Memahami Definisi Hingga Contohnya

Investasi Real Asset, Memahami Definisi Hingga Contohnya

Investasi real asset adalah salah satu cara paling efektif untuk mempersiapkan keuangan masa depan. Ada banyak jenisnya bisa Anda pilih sesuai keinginan.

Saat ini kegiatan investasi tidak hanya dilakukan bagi mereka yang memiliki pekerjaan tetap atau banyak uang.

Selain berbagai jenis investasi yang cukup banyak, modal yang bisa investor gunakan juga sedikit. Tidak harus memiliki banyak uang baru Anda bisa jalankan investasi.

Salah satu kegiatan yang bisa merealisasikan kebutuhan finansial yaitu dengan investasi real asset. Memilih investasi ini cukup baik karena jenisnya cukup beragam.

Baca Juga: Investasi Uang Kuno, Jika Anda Tertarik Gunakan Tips Cerdasnya

Memahami dan Contoh Investasi Real Asset

Aset investasi memang diklasifikasikan menjadi dua kelompok. Pertama real asset dan kedua yaitu aset keuangan.

Keduanya memiliki berbagai jenis instrumen dengan keunggulan dan kekurangannya masing-masing.

Untuk pembahasan kali ini kita akan memulainya dari investasi real asset terlebih dulu. Dengan mengetahui penjelasannya secara lengkap, Anda bisa memilih investasi yang tepat.

Sehingga mampu memperbaiki kebutuhan finansial di masa mendatang. Real Asset sendiri berupa wujud atau fisik. Misalnya berupa investasi properti, gedung, tanah, rumah, emas, berlian, dan sejenisnya.

Karena nilainya yang akan terus naik, membuat Anda harus bisa memilih secara tepat. Apalagi Anda juga bisa menentukan jangka waktu investasi apakah pendek atau panjang.

Dengan penanaman modal pada aset investasi saat menjualnya dalam jangka waktu tertentu akan mengalami kenaikan. Apalagi tujuan untuk investasi setiap investor berbeda.

Misalnya untuk membeli tempat tinggal, kendaraan, biaya pendidikan, dan yang lainnya. Sesuaikan pilihan jenis investasi dengan tujuan Anda melakukannya.

Baca Juga: Investasi Barang Modal, Definisi, Perbedaan dan Produknya

Contoh Real Asset

Investasi real asset atau sektor riil tentunya memiliki fisik seperti bangunan dan sebagainya. Salah satu contoh dari investasi ini yaitu properti.

Properti merupakan hak dalam memiliki sebidang tanah dan bermanfaat untuk apa saja.

Properti mencakup banyak hal mulai dari tanah dan semua kegiatan yang pada lahan tersebut. Misal menara, ruko, apartemen, dan sejenisnya.

Saat melakukan investasi ini ada beberapa pihak yang terlibat antara lain penanam modal, pemberi pinjaman, pemerintah, dan pemakai atau penyewa.

Sedangkan untuk contoh investasi riil yang lain yaitu emas. Emas menjadi aset yang nilainya dapat menentukan dengan sendirinya.

Bahkan memiliki wujud nyata dan dapat Anda uangkan sesuai kebutuhan.

Emas batangan menjadi contoh real asset dengan keuntungan tinggi. Sebenarnya emas batangan juga lebih menguntungkan daripada perhiasan. Cocok untuk Anda yang menginginkan investasi jangka panjang.

Baca Juga: Jumlah Saham Dalam 1 Lot, Ketahui Sebelum Investasi

Adapun beberapa keuntungan dengan memilih investasi emas batangan yaitu nilai jual relatif tinggi, tidak terkena PPN atau pajak dan tidak terkena biaya cetak jika dibeli dalam unit 1 kg.

Sebenarnya masih banyak contoh investasi real asset. Anda bisa memilih salah satu jenisnya untuk investasi jangka panjang sesuai tujuan. (R10/HR-Online)