Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruIstri Nabi Yusuf Adalah Perempuan Cantik yang Pernah Memfitnahnya

Istri Nabi Yusuf Adalah Perempuan Cantik yang Pernah Memfitnahnya

Istri Nabi Yusuf, tahukah Anda siapa istri nabi tersebut? Selama ini apakah Anda berpikiran sebetulnya siapa perempuan yang menjadi istri dari nabi yang paling tampan tersebut?

Pasalnya dalam Al Quran itu tidak menyebutkan mengenai pernikahan nabi paling tampan tersebut ataupun siapa nama perempuan, seperti apa gambarnya yang menjadi istrinya.

Sehingga tidak heran apabila banyak dari kita yang bertanya sebenarnya Nabi Yusuf itu mempunyai istri atau tidak?

Tetapi jika memang Nabi Yusuf tidak mempunyai istri, lantas bagaimana kisahnya dengan Zulaikha? Seperti yang sudah kita ketahui bahwa kisah cinta dari para nabi itu bisa menjadi salah satu teladan.

Jika mengingat kembali kisah Nabi Yusuf dengan Zulaikha, tentunya terdapat hikmah yang bisa kita ambil. Padahal kita tahu bahwa kisah Nabi Yusuf dengan Zulaikha itu sangat fenomenal.

Nabi Yusuf merupakan sosok laki-laki yang tampan. Tak hanya itu saja, ketampanan tersebut juga dapat memikat para perempuan.

Salah satunya adalah istri majikannya sebelum ia menjadi seorang nabi utusan Allah. Tepat sekali, ia adalah Zulaikha.

baca juga: Kisah Cinta Nabi Yusuf AS dan Zulaikha yang Penuh Lika-liku

Istri Nabi Yusuf As yang Cantik

Perlu Anda ketahui pertemuan awal antara Nabi Yusuf dengan Zulaikha itu bukan terjadi ketika ada sebuah acara pesta mewah. Bukan juga ketika mereka berpapasan di sebuah jalan.

Sebab pada dasarnya nabi Allah tersebut merupakan budak yang kemudian diangkat menjadi anak oleh Qithfir. Tahukah Anda siapa itu Qithfir?

Ia adalah suami dari Zulaikha. Dalam sebuah sejarah Islam mengatakan bahwa suami Zulaikha tersebut merupakan Menteri Keuangan kota Mesir. Sehingga tidak heran apabila ia mempunyai pengaruh yang cukup kuat.

Karena Yusuf merupakan budak, maka ia juga tinggal di istana bersama keluarga angkatnya tersebut.

Tanpa disadari ternyata Zulaikha terpedaya dengan ketampanan serta pesona dari nabi Allah tersebut. Hal tersebut juga menyebabkan Zulaikha memuji-muji Yusuf dari rambutnya yang indah juga wajahnya yang tampan.

Zulaikha mengatakan, Wahai Yusuf, sungguh indah rambutmu. Mendapatkan pujian dari Zulaikha tersebut Nabi Yusuf menjawab, Ia merupakan pertama kali yang akan diukur dari badanku.

Kemudian Zulaikha kembali berkata kepada Yusuf, Wahai Yusuf sungguh tampan wajahmu. Lantas Yusuf kembali menjawab, kelak ia akan menjadi makanan tanah dan akan terus begitu sampai ia menelannya.

Meskipun dalam sejarah Islam tidak menyebutkan siapa nama istri Nabi Yusuf. Tetapi dalam kisahnya, Zulaikha mengejar cinta Yusuf dan pada akhirnya mereka menikah.

Dalam kisah Nabi Yusuf ternyata Zulaikha merupakan orang yang menjadi cobaan terberat bagi nabi Allah tersebut.

Sebagai laki-laki pada umumnya, sudah pasti Nabi Yusuf juga mempunyai nafsu. Tambah lagi Zulaikha sendiri merupakan perempuan yang cantik jelita.

baca juga: Kisah Keteladanan Nabi Yusuf, Bukti Bahwa Pertolongan Allah Itu Ada

Tidak Tergoda

Seorang Zulaikha terus-menerus menggoda nabi Allah. Bagaimana menurut Anda, apakah nabi Yusuf akan tergoda?

Penting sekali untuk Anda ketahui, terdapat satu waktu yang mana ia tergoda dengan Zulaikha. Bahkan ia sempat ingin menanggalkan celananya dan hampir terpedaya dengan bujuk rayu dari perempuan tersebut.

Tetapi terdapat bayangan Yakub yang berdiri di rumah sembari menggigit jarinya dan berkata, wahai Yusuf janganlah kamu melakukan perbuatan tersebut.

Sebab perumpamaan apabila kamu tidak melakukannya seperti burung yang berada di langit tapi tidak mempunyai kekuatan. Tetapi perumpamaan jika kamu melakukannya seperti ia mati dan jatuh ke bumi, sebab tidak mampu mempertahankan dirinya.

Akhirnya Yusuf mengikat kembali celananya. Tetapi apa yang calon istri Nabi Yusuf tersebut lakukan?

Perempuan tersebut malah menangkap dan memegang ujung gamisnya dari arah belakang.

Tak hanya itu saja perubahan tersebut juga menyobek gamis dari nabi yang terkenal ketampanannya sampai lepas. Akhirnya Yusuf pun menjauh dan bergegas menuju ke pintu keluar.

baca juga: Putra Nabi Yakub, Ini Kisah dan Hikmah yang Bisa Kita Petik!

Fitnah dari Zulaikha

Tetapi Zulaikha calon istri Nabi Yusuf tersebut tidak mau diam saja setelah melihat keberhasilan Yusuf dari ruangan tersebut. Penolakan tersebut justru membuat nabi tampan malah masuk penjara.

Sebab, setelah adanya peristiwa tersebut terdapat berbagai fitnah. Perempuan cantik tersebut menutupi aibnya dan menjatuhkan semua kesalahan kepada Nabi Yusuf.

Ia juga meminta sang suami untuk memenjarakan Yusuf dalam beberapa waktu.

Tak lama setelah itu, suami Zulaikha meninggal dan ia jatuh miskin. Ia juga terus menangis karena Yusuf yang menyebabkan penglihatannya menjadi hilang.

Tak hanya itu saja, bahkan perempuan cantik tersebut juga menjadi seorang pengemis. Setelah sekian lama Nabi Yusuf dipenjara, tibalah waktunya ia untuk bebas dan menjadi seorang pejabat negara.

Dalam kisahnya juga, Nabi Yusuf menjadi raja dan bertemu kembali dengan Zulaikha.

Ternyata pertemuan Nabi Yusuf dengan Zulaikha kali ini sudah berbeda dengan zaman dahulu. Di mana Zulaikha mengejar cinta Yusuf dengan taat kepada Allah.

Hingga suatu hari Yusuf bertanya kepada Zulaikha apakah masih tersisa rasa sukamu tersebut kepadaku wahai Zulaikha? Kemudian istri Nabi Yusuf tersebut menjawab demi Allah sekali saja memandang wajahmu itu membuatku suka daripada dunia ini dan segala kenikmatannya.

Singkat cerita Nabi Yusuf juga mendoakan Zulaikha agar penglihatannya kembali muda. Allah ternyata mengabulkan sehingga mereka berdua menikah. Jadi Zulaikha merupakan istri Nabi Yusuf Alaihissalam. (Muhafid/R6/HR-Online)