Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita JabarJelang Pemilu, Pemprov Jabar Bentuk Unit Saber Hoaks di 27 Daerah

Jelang Pemilu, Pemprov Jabar Bentuk Unit Saber Hoaks di 27 Daerah

Berita Jabar (Harapanrakyat.com),- Menjelang tahun politik atau pemilu, Pemprov Jawa Barat (Jabar) akan membentuk Unit Saber (Sapu bersih) Hoaks dan Komisi Informasi (KI).

Rencananya dibentuk untuk seluruh daerah di Jabar. Tujuannya untuk mengantisipasi munculnya hoaks atau informasi yang tidak bisa dipertanggungjawabkan saat pemilu.

Kadiskominfo Jabar Ika Mardiah menyampaikan hal tersebut saat memberikan sambutan dalam pembukaan Informasi Komunikasi Publik atau IKP Fest 2022, Kabupaten Pangandaran, Rabu (13/7/2022).

Ika menjelaskan Unit Jabar Saber Hoaks dan Komisi Informasi ini akan lebih optimal ketika lebih dengan masyarakat masing-masing daerah.

Baca Juga: Stop Hoaks, Diskominfo Ciamis Ajak Masyarakat Smart Bermedia Sosial

“Kami prediksi menjelang tahun politik akan banyak informasi negatif atau hoaks. Untuk itu kita replikasi unit yang ada dari Pemprov Jabar ke daerah. Supaya masyarakat dapat menerima informasi yang akurat,” ungkapnya.

Menurut Ika, pemerintah berkewajiban memberikan layanan informasi untuk masyarakat. Untuk itu perlu untuk membentuk Jabar Saber Hoaks dan KI.

Sementara itu, gelaran IKP Fest 2022 ini merupakan yang pertama kali. Selama ini rakor hanya berbicara masalah infrastruktur, namun kali ini lebih kepada masalah informasi serta komunikasi publik.

“Hal lainnya yang menjadi pembahasan pada IKP Fest 2022 adalah G20, Unit Jabar Saber Hoaks dan wabah PMK, termasuk analog switch off,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum membuka secara resmi IKP Fest 2022.

Uu pun mengapresiasi rakor bidang IKP Fest 2022 ini. Hal ini untuk membangun iklim informasi dan kolaborasi yang baik.

“Kolaborasi yang baik dan tepat antara provinsi dan kota/kabupaten. Ini juga dalam rangka mendukung Presidensi G20. Peran dari Diskominfo Jabar untuk menyebarkan informasinya,” ujar Uu. (R9/HR-Online/Editor-Dadang)

Diskominfo Kota Banjar