Rabu, Agustus 17, 2022
BerandaBerita TerbaruKaki Kram di Malam Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kaki Kram di Malam Hari? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kaki kram di malam hari atau saat tidur sering terjadi dan cukup mengganggu. Umumnya terjadi seperti kejang atau otot kencang tanpa dapat dikontrol dan meninggalkan rasa sakit dalam waktu lama.

Selain terjadi di telapak kaki, sering juga terjadi di betis. Baik anak-anak hingga dewasa pun bisa kena kram otot, tak terkecuali para atlet.

Keadaan ini merupakan kejang otot atau charley horses. Lalu apa yang menjadi penyebab dan cara mengatasinya saat terjadi?

Tentunya Anda perlu mengetahuinya secara jelas untuk dapat menanganinya secara tepat.

Baca Juga: Beragam Penyebab Kram Otot dan Penanganannya

Penyebab Kaki Kram di Malam Hari atau Saat Tidur

Menurut para ahli, kaki kram nokturnal tersebut bersifat idiopatik yang artinya belum diketahui secara pasti. Namun ada suatu kondisi posisi tidur dengan sebutan fleksi plantar.

Umumnya lebih merujuk kepada kaki dan jari kaki yang memanjang dari bagian tubuh lainnya. Fleksi plantar tersebut berakibat memperpendek otot bagian betis sehingga dapat membuat kram.

Selain itu penyebab lainnya adalah aktivitas saraf yang tidak normal. Studi elektromiografi menyebutkan kaki mengalami kram karena adanya peningkatan jalannya impuls saraf secara tidak normal.

Hal ini juga kemungkinan terjadi karena kelelahan otot, muncul karena otot yang terlalu dipaksa bergerak akibat olahraga.

Apalagi mereka yang memiliki gaya hidup yang kurang aktif atau jarang bergerak. Karena otot perlu meregang secara teratur agar berfungsi dengan baik.

Penyebab lainnya dari terjadinya pemendekan tendon. Tendon menghubungkan otot dan tulang yang memendek secara alami seiring waktu.

Bahkan ada pemicu yang membuat gangguan medis serius seperti kehamilan, masalah struktur tubuh, seperti kaki datar atau stenosis tulang belakang.

Selain itu, gangguan neurologis misalnya seperti penyakit neuron motorik atau neuropati perifer, gangguan neurodegeneratif seperti parkinson, dan gangguan muskuloskeletal, seperti osteoarthritis, kondisi ginjal, hati, dan tiroid.

Bahkan penyebab kaki kram di malam hari adalah metabolisme seperti diabetes. Kemudian kondisi kardiovaskular seperti penyakit pembuluh darah perifer atau jantung, dan obat-obatan seperti statin dan diuretik.

Baca Juga: Anda Sering Mengalami Kram? Konsumsilah Buah Ini

Cara Mengatasi Kaki Kram

Ketika Anda mengalaminya sebaiknya melakukan pertolongan pertama dengan memijat bagian yang kram dan melakukan peregangan.

Anda dapat berjalan dan berjingkat untuk meregangkan otot. Jika perlu lakukan mandi hangat untuk mengatasinya.

Perbanyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B. Mulai dari ikan, pisang, dan sayuran hijau.

Selain itu, konsumsi multivitamin sesuai anjuran baik vitamin B1, B6, B12, kalium, dan magnesium aspartat.

Cara lainnya dengan minum obat penghilang rasa sakit saat kaki terasa sakit. Untuk meredakannya dapat Anda lakukan dengan minum obat anti-inflamasi nonsteroid.

Baca Juga: Sering Kesemutan Bisa Jadi Indikasi Ada Penyakit Berbahaya, Waspadai!

Mulai dari ibuprofen, naproxen, atau acetaminophen. Minum air hangat yang cukup untuk mengatasi kaki kram di malam hari.

Apabila Anda terlalu sering mengalaminya sebaiknya konsultasikan pada dokter untuk memastikan gejala tersebut. (R10/HR-Online)