Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita CiamisKampung KB Ciheuleut Kabupaten Ciamis Masuk Peringkat Terbaik tingkat Jabar

Kampung KB Ciheuleut Kabupaten Ciamis Masuk Peringkat Terbaik tingkat Jabar

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Kampung KB Ciheuleut, Desa Sadewata, Lumbung, Kabupaten Ciamis, terpilih menjadi kampung KB terbaik tingkat Jawa Barat, tahun 2022.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Ciamis, Drs Dian Budiyana M.Si mengaku bersyukur, kampung KB perwakilan Ciamis bisa berprestasi di tingkat Provinsi.

“Ini merupakan sebuah prestasi bagi Ciamis, yang saat ini tengah merayakan Hari Jadi ke 380 tahun,” ujar Dian, Senin (4/7/2022).

Baca juga: Kadinkes Ciamis Sebut Keberadaan Asklin Ciamis Sangat Penting

Lanjut Dian, Kampung KB Ciheuleut menjadi kampung KB terbaik 3 di Jawa Barat, setelah Kabupaten Kuningan dan Bandung Barat.

“Mudah-mudahan tahun depan, perwakilan kampung KB dari Ciamis bisa menjadi terbaik 1, seperti tahun 2019 dan 2020,” katanya.

Seperti diketahui, Kabupaten Ciamis meraih prestasi kampung KB terbaik tingkat Jabar selama 4 kali berturut-turut.

Tahun 2019 Kampung KB Kaliaren, Desa Banjarangsana jadi juara terbaik 1, kemudian kampung KB Mawar Desa Kertabumi, jadi juara 1 tahun 2020.

Untuk tahun 2021, kampung KB Tanjunggumulung Desa Sidamulya, Cisaga, jadi juara 3.

“Tahun 2022 ini juga kita harus puas menjadi juara 3 terbaik, mudah-mudahan tahun depan juara 1,” jelas Dian.

Sebelum terpilih menjadi kampung KB terbaik di Jabar, kampung KB Ciheuleut sebelumnya menjalani penilaian, mulai dari tahapan administrasi, wawancara pengurus dan terakhir kunjungan lapangan.

Kampung KB Ciheuleut juga memiliki inovasi unggulan, yakni ANTING (Asupan Nugget Ikan Cegah Stunting).

“Inovasi tersebut yakni dengan memanfaatkan bahan yang ada di masyarakat, seperti ikan, singkong dan sayuran, untuk pemenuhan gizi ibu hamil dan balita,” ungkapnya.

Adapun penghargaan akan diterima Kampung KB Ciheuleut sebagai kampung KB terbaik, dalam peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) tingkat Jabar, beberapa waktu mendatang. (R8/HR Online/Editor Jujang)