Rabu, Agustus 10, 2022
BerandaBerita TerbaruKandungan Surat Al Insyirah Berisi Jaminan Allah Bagi yang Berusaha

Kandungan Surat Al Insyirah Berisi Jaminan Allah Bagi yang Berusaha

Kandungan surat Al Insyirah yang terdapat dalam Al Quran ternyata mengajarkan kita banyak hal. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa surat Al Insyirah itu merupakan surat ke-94 dengan jumlah ayat 8.

Lebih tepatnya setelah surat Ad Dhuha, sebelum Surat At Tin. Surat ini juga merupakan surat golongan Makkiyah karena turun di Mekkah. Al Insyirah sendiri juga mempunyai arti melapangkan.

Perlu Anda ketahui bahwa surat ini turun kepada Nabi Muhammad SAW saat kaum musyrik menghina kemiskinan kaum muslimin. Arti dalam surat ini juga berisikan tentang penegasan Allah SWT mengenai nikmat yang yang Allah berikan kepada umatnya.

Bukan hanya itu saja, tetapi arti dari surat ke-94 ini juga terdapat pengingat bahwa segala hal yang Allah ciptakan itu pasti akan ada tujuan dan jalan keluarnya.

Nama lain dari surat Al Insyirah adalah alamnasroh. Setiap manusia tentunya pernah mengalami kegagalan.

Untuk itu, penting sekali mempunyai sifat lapang dada supaya hal tersebut tidak menjadi beban pikiran apa yang menyebabkan kita overthinking. Sama seperti halnya dengan kandungan yang terdapat dalam surat ke-94 tersebut.

Pada intinya dalam surat ke-94 tersebut terdapat banyak pelajaran yang bisa kita ambil dan hayati serta amalkan.

baca juga: Kandungan Surat Al-Baqarah Ayat 183 Tentang Kewajiban Puasa

Kandungan Surat Al Insyirah dalam Al-Quran

Dalam kitab Haqqi An Nazili juga menjelaskan, siapapun yang membaca surat Al Insyirah ketika selesai melaksanakan salat sebanyak 9 kali, maka Allah akan menghilangkan kesulitan serta mempermudah rezekinya.

Untuk kita lebih mudah memahami kandungan surat Al Insyirah dalam Al Quran tentunya kita harus mengetahui, apa dan bagaimana arti dari surat tersebut ayat 1 sampai dengan 8.

Tetapi pada intinya, surat yang tergolong dalam surat Makkiyah ini terdapat dua arti yang diulang-ulang. Adanya pengulangan tersebut juga menjadi pengingat serta penegasan bahwa segala hal kesulitan apapun yang kita hadapi kelak akan ada kemudahan.

Pengulangan tersebut juga merupakan janji Allah yang harus kita yakini. Sebab segala hal yang terjadi sudah pasti itu atas izin dan kendali dari Allah SWT.

Arti ayat ke-1, Bukankah kami sudah melapangkan untukmu dadamu wahai Muhammad?, Kami juga sudah menurunkan beban darimu (2), yang memberatkan punggungmu (3), dan kami juga meninggikan sebutan namamu untukmu (4).

Maka sungguh kesulitan itu ada kemudahan (5), sungguh setiap kesulitan itu pasti terdapat kemudahan (6), maka apabila telah selesai dari suatu perkara atau urusan, maka tetaplah selalu bekerja keras untuk urusan lainnya (7), hanya kepada Tuhanmulah berharap (8).

baca juga: Kandungan Surat Al-Hujurat Ayat 12, Larangan Cari Keburukan Orang Lain

Kandungan Surat

Seperti sudah menjadi suatu kewajiban untuk mengetahui apa kandungan surat Al Insyirah itu. Kita harus mengetahui bagaimana artinya terlebih dahulu.

Karena dengan mengetahui artinya tersebut kita juga akan lebih mudah memahaminya. Jadi apabila Anda ingin mengetahui apa kandungan yang terdapat dalam suatu surat, ketahui terlebih dahulu bagaimana artinya.

Kandungan yang terdapat dalam surat Al Insyirah pertama Allah melapangkan hati Nabi Muhammad SAW ketika ia berusaha menyebarkan agama Islam, meskipun terdapat banyak rintangan.

Tetapi pada dasarnya surat ini tidak hanya ditujukan untuk Nabi SAW, melainkan juga umat Islam yang terkadang diliputi rasa gelisah dan susah.

Seperti penjelasan sebelumnya yang mengatakan bahwa Allah itu menekankan pengulangan sebanyak 2 kali.

Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Itu artinya kemudahan tersebut memang selalu mengiringi kesulitan itu sendiri.

Hanya orang-orang yang berprasangka baiklah yang bisa memahaminya. Tak hanya itu saja, kandungan surat Al Insyirah dalam Al Quran, tetapi sebagai manusia kita tidak boleh bermalas-malasan atau hanya menunggu keajaiban datang.

Kita mempunyai kewajiban untuk tekun dalam berusaha serta bersabar apabila mengalami kesulitan.

Allah juga memerintahkan untuk kita hanya menyelesaikan satu urusan. Apabila satu urusan telah selesai, maka kita tidak boleh berdiam diri.

Melainkan harus menyelesaikan urusan lain dengan sungguh-sungguh. Dalam hal tersebut kita juga harus senantiasa mengingat Allah yang selalu bersama orang-orang yang tawakal.

baca juga: Kandungan Surat Al-Kafirun, Ajakan Hidup Bertoleransi

Keutamaan

Bukan hanya harus mengetahui apa saja kandungan surat Al Insyirah yang terdapat dalam Al Quran tersebut. Karena dalam agama Islam mengajarkan menuntut ilmu merupakan suatu kewajiban.

Maka untuk menambah ilmu pengetahuan Islam, tidak ada salahnya jika kita juga mengetahui apa saja keutamaan yang akan kita dapatkan apabila membaca surat ke-94 tersebut.

Apabila kita mampu membaca surat tersebut dengan niat yang ikhlas dan hanya mengharap keridhaan dari Allah, maka kita akan mendapatkan kelapangan hati dalam hidup.

Kemudian kita juga akan selalu mendapatkan kemudahan dalam mencari rezeki. Untuk itu, bacalah surat ke-94 agar kita bisa mendapatkan manfaat ataupun keutamaan serta kandungan surat Al Insyirah tersebut. (Muhafid/R6/HR-Online)