Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BanjarKebakaran Lahan Seluas 1 Hektar di Kota Banjar, Diduga Akibat Puntung Rokok

Kebakaran Lahan Seluas 1 Hektar di Kota Banjar, Diduga Akibat Puntung Rokok

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Kebakara lahan seluas 1 hektar di wilayah Lingkungan Pangadegan, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman. Tepatnya sekitar area Perumahan Jaswita, Kota Banjar, Jawa Barat, diduga akibat pntung rokok.

Kebakaran tersebut terjadi sekitar pukul 11.30 WIB. Akibatnya lahan yang penuh dengan rumput liar dan ilalang kering itu hangus terbakar.

Ketua RW setempat, Eli mengatakan, api pertama kali muncul pada area bawah dekat tower saluran udara tegangan ekstra tinggi (Sutet). Kemudian, api menjalar ke atas hingga dekat ke perumahan.

“Kebetulan dari bawah itu terlihat asap dan saya berinisiatif ke atas. Ternyata api sudah menyebar kemana-mana,” kata Eli kepada wartawan, Kamis (07/07/2022).

Kemudian, ia mencoba berusaha memadamkan api menggunakan alat seadanya. Namun api terus merambat semakin luas.

“Kebetulan saat itu ada anggota Tagana dan kita berusaha untuk memadamkan api menggunakan alat seadanya. Saya lihat titik pertama kali muncul api itu dari lahan bagian tengah,” terangnya.

Eli menjelaskan, petugas dan warga butuh waktu 30 menit untuk memadamkan api pada lahan bagian bawah.

“Api yang bawah padam, nah yang atasnya agak susah karena hembusan angin lumayan cukup kencang. Tadi membutuhkan waktu hampir setengah jam untuk memadamkan yang bawah dan ini merupakan kejadian yang kedua kalinya,” tutur Eli.

Baca Juga : Diduga Bakar-bakar Sampah, Rumah Warga di Kota Banjar Ludes Terbakar

Karena api yang membakar lahar tersebut tak kunjung padam, akhirnya warga melapor ke  Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Banjar.

Mobil Damkar Banjar Sulit Dekati Lokasi Kebakaran Lahan

Sementara itu, Kalak BPBD Kota Banjar, Kusnadi, melalui Kasi Darlog, Yudi Andiana mengatakan, petugas yang datang mengalami kesulitan. Hal itu karena mobil Damkar tak bisa masuk lantaran jalan terlalu sempit.

“Kendalanya tidak ada akses jalan untuk mobil Damkar mendekat ke lokasi, sehingga petugas kesulitan untuk memadamkan api,” kata Yudi.

Berdasarkan informasi, lanjut Yudi, lahan yang terbakar itu milik warga dan luasnya sekitar 1 hektar. Sedangkan, dugaan sementara penyebab kebakaran lahan ini akibat ada yang buang puntung rokok. Atau yang membakar sampah di bawah,” katanya.

Tidak ada korban jiwa maupun kerugian materi dari peristiwa kebakaran lahan tersebut. Namun, jika tidak segera ditangani, api akan membahayakan dan merembet ke dekat perumahan. (Sandi/R3/HR-Online/Editor-Eva)