Selasa, Agustus 9, 2022
BerandaBerita TerbaruKeutamaan Membaca Surat Al Waqiah Memudahkan, Melancarkan Rezeki

Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah Memudahkan, Melancarkan Rezeki

Keutamaan membaca surat Al Waqiah ternyata masih menjadi rahasia besar yang belum diketahui oleh umat muslim. Padahal surat tersebut merupakan surat yang populer dalam Al Quran.

Banyak juga ulama yang mengatakan surat ini mempunyai banyak keutamaan sehingga menyebabkan Al Waqiah menjadi salah satu surat yang populer. Nabi Muhammad SAW juga bersabda, Siapapun yang membaca surat Al Waqiah setiap malam, maka ia tidak akan miskin selamanya(HR. Baihaqi).

Dari hadits tersebut seolah kita sudah mendapatkan penjelasan, mengapa surat ini sangat istimewa. Padahal manusia di dunia ini selalu tergiur dengan kekayaan.

Tidak sedikit pula mereka yang ingin kaya melakukan cara yang salah atau menyimpang dari ajaran Islam. Padahal dengan melakukan usaha, berdoa, dan selalu mengimbangi usaha tersebut dengan mengamalkan surat Al Waqiah nyatanya nabi menyatakan bahwa ia tidak akan pernah jatuh Miskin.

Apabila kita mengaku beragama Islam tetapi ingin kaya masih menggunakan cara yang salah, berarti pengakuan tersebut hanya keluar dari lisan. Tidak diyakini dalam hati, sehingga Anda tidak percaya akan adanya ketentuan dari Allah SWT.

Padahal Kita paham betul siapa yang menciptakan manusia di bumi dan untuk apa tujuannya. Tepat sekali, Allah tidak akan menciptakan jin dan manusia melainkan hanya untuk beribadah kepadaNya.

baca juga: Keutamaan Puasa Tasua Akan Lebih Sempurna dengan Puasa Asyura

Beberapa Keutamaan Membaca Surat Al Waqiah

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa dalam Al Quran surat Al Waqiah merupakan surat ke 56. Tepatnya sesudah surat Ar Rahman tetapi sebelum Surat Al Hadid.

Terdiri dari 96 ayat dan termasuk surat golongan Makkiyah. Arti dari Al Waqiah itu sendiri adalah hari kiamat. Anda bisa menemukan kata Al Waqiah tepat pada ayat pertama.

Seperti artinya, dalam surat ini menceritakan mengenai bagaimana hari kiamat itu terjadi. Hanya itu saja di dalamnya terdapat keterangan tentang penciptaan manusia, api, dan jenis tumbuhan serta Allah juga menerangkan kekuasaannya.

Tidak boleh ketinggalan dalam surat ini Allah juga menjelaskan tentang adanya hari kebangkitan yang benar-benar nyata, kelak.

Banyak juga yang menganut surat ini sebagai surat untuk memperlancar rezeki bagi siapapun yang membaca. Hadits riwayat Ad Dailami menjelaskan bahwa Surat Al Waqiah merupakan surat kekayaan.

Perlu Anda ketahui bahwa membaca surat Al Waqiah secara rutin merupakan kebiasaan dari para ulama terdahulu. Wali-wali tersebut membiasakan untuk membaca Al Waqiah pada hari-hari yang sulit.

Nabi Muhammad SAW sendiri mengatakan bahwa surat ke-56 ini merupakan salah satu surat yang membuat ia beruban. Ketahuilah bahwa diceritakan dari Ibnu Abbas, Abu Bakar berkata Wahai Rasulullah, engkau sudah beruban.

Mengetahui akan hal tersebut kemudian Baginda Nabi menjawab, sungguh yang telah membuatku beruban adalah Surat Hud, Al Waqiah, Al-Mursalat, Amma Yatasa Alun, dan Idzasy Syamsu Kuwwirat.

Untuk mempermudah Anda dalam memahami keutamaan membaca surat Al Waqiah berikut ini penjelasan lengkapnya.

baca juga: Keutamaan Bulan Dzulqa’dah, Bulan Haram yang Dimuliakan Allah

Terhindar dari Kemiskinan

Untuk keutamaan membaca surat Al Waqiah yang pertama adalah akan dijauhkan dari kemiskinan. Manfaat Ini juga mengacu pada hadits yang sebelumnya.

Mengatakan bahwa siapapun yang membaca surat Al Waqiah di malam hari, maka ia tidak akan jatuh miskin. Bukan hanya itu, saja tetapi jika kita niatkan semuanya karena Allah SWT, kita juga akan mendapatkan limpahan pahala.

Hal penting yang harus Anda ketahui adalah orang-orang Sufi mengamalkan surat tersebut untuk memperlancar rezeki juga dengan puasa selama satu minggu mulai dari hari Jumat.

Lantas setelah melaksanakan sholat fardhu mereka membaca surat ke 56 tersebut sebanyak 25 kali. Hal yang demikian itu juga mereka lakukan sampai pada malam Jumat berikutnya.

Kemudian pada malam Jumat berikutnya selesai salat Magrib mereka membaca surat tersebut sebanyak 25 kali.

Setelah Isya membaca 125 kali, kemudian shalawat nabi sebanyak 1000 kali. Tak cukup itu saja, tetapi Anda juga harus tetap memperbanyak melakukan sedekah.

baca juga: Keutamaan Membaca Ayat Kursi Sebelum Tidur, Berikan Perlindungan

Mendapatkan Kekayaan

Setelah menjauhkan dari kemiskinan, keutamaan membaca surat Al Waqiah juga menjadi penyebab Anda mendapatkan kekayaan yang berlimpah.

Keutamaan ini akan Anda dapatkan apabila Anda mampu melakukan atau membaca surat ke 56 yang terdiri dari 96 ayat ini sebanyak 14 kali setelah melaksanakan salat Asar.

Setelah itu, keutamaan lain ketika Anda mampu membaca surat Al Waqiah akan ditunaikan hajatnya. Hal ini juga mempunyai kaitan dengan rezeki yang sudah Anda dapatkan.

Caranya adalah dengan membaca surat ke 56 sebanyak 41 kali sekali duduk. Setelah itu tunaikan apa yang menjadi keinginan terlebih hal-hal yang berkaitan dengan rezeki.

Seorang Hartawan Dermawan

Supaya kita bisa menjadi orang yang kaya tapi juga selalu bersyukur, dalam dalam Al Quran Allah menjelaskan janjinya bagi mereka yang selalu bersyukur.

Lebih tepatnya dalam Al Quran surat Ibrahim ayat 7, ingatlah ketika Tuhanmu memaklumkan, barangsiapa yang bersyukur pasti Allah akan menambahkan nikmat kepadamu tetapi barangsiapa kufur terhadap nikmat Allah, sungguh azab Allah itu sangatlah Pedih.

Keutamaan membaca surat Al Waqiah sebanyak 3 kali sebelum melakukan sholat Subuh dan sesudah melaksanakan sholat Isya. Kemudian hal tersebut menjadi kebiasaan maka akan menjadi penyebab seseorang mempunyai harta tetapi juga bersifat dermawan.

Maka lebih baik amalkan apa yang menjadi keutamaan dari surat ke 56 ini daripada mencari kekayaan dengan cara yang salah dan menyimpang dari ajaran Islam. (Muhafid/R6/HR-Online)