Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruKontroversi Drama Korea Anna, Bae Suzy Pakai Jam Tangan Palsu

Kontroversi Drama Korea Anna, Bae Suzy Pakai Jam Tangan Palsu

Kontroversi drama Korea Anna menuai kecaman netizen di China. Salah satu adegan di drama tersebut menggambarkan China sebagai negara produsen barang palsu, sehingga Bae Suzy sempat menjadi trending nomor satu di media sosial China Weibo pada Kamis (30/6) lalu.

Bae Suzy memerankan tokoh Lee Yoo Mi, gadis miskin yang bekerja sebagai pelayan di rumah seorang desainer.

Atasannya, Lee Hyun Joo (Jung Eun Chae) memberi sebuah jam tangan yang tampak mahal kepada Yoo Mi karena sudah bosan memakainya.

Kemudian di kesempatan berikutnya, Yoo Mi hendak menjual jam tangan tersebut ke sebuah toko.

Baca Juga: Sinopsis Drama Korea Anna, Bae Suzy Harus Kehilangan Identitas Dirinya

Akan tetapi, penjaga toko mengatakan bahwa merk jam tangan tersebut pernah terlibat penipuan sekitar 4-5 tahun yang lalu.

Kontroversi drama Korea Anna semakin memanas ketika penjaga toko mengatakan jam tangan tersebut tidak ada nilainya.

Kontroversi Drama Korea Anna Tuai Protes di Media Sosial Weibo

Menurut penjaga toko, jam tangan Vincent & Co yang dibawa Yoo Mi paling mahal bernilai 100 ribu won. Akan tetapi perusahaannya kedapatan menjual 8 hingga 10 juta won, padahal suku cadangnya dari China lalu sekrupnya dipasang di Swiss.

Adegan tersebut memang diadaptasi dari kisah nyata karena pernah terjadi di Korea Selatan tahun 2006. Karena dalam adegan tersebut merk jam tangan menjadi sorotan, kontroversi drama Korea Anna membuat netizen China melayangkan protes.

Sejumlah netizen di Weibo mengatakan Korea selalu memfitnah China, atau Korea sengaja menyebarkan berita palsu.

Rumah Produksi Angkat Bicara

Menanggapi kontroversi drama Korea Anna, rumah produksi Coupang Play angkat bicara. Dilansir dari Allkpop, mereka menegaskan, orang-orang hanya bisa menonton drama Anna secara legal di platform streaming Korea Selatan.

Baca Juga: Drama Korea Start-Up, Bae Suzy dan Nam Joo Hyuk Dalam Dunia Bisnis

Pihak Coupang Play tidak akan mengambil tindakan lebih lanjut terkait protes netizen di China.

Di sisi lain, netizen Korea juga mempertanyakan bagaimana netizen China bisa menonton drama Anna.

Pasalnya, drama Anna hanya tayang di Coupang Play, platform streaming Korea Selatan. Akibat kontroversi yang ada, terungkap bahwa sebagian orang menonton drama tersebut secara ilegal.

Sinopsis Drama Korea Anna

Drama Korea Anna menceritakan Yoo Mi, gadis miskin yang gagal masuk perguruan tinggi. Karena tidak mau mengecewakan kedua orang tuanya, ia berbohong dengan mengatakan telah lolos dan masuk di universitas tujuannya.

Kebohongan itu membuat Yoo Mi harus membuat kebohongan-kebohongan lain untuk menutupi kebenaran.

Selain masalah jam tangan tangan palsu, kontroversi drama Korea Anna juga terletak pada alur ceritanya. Yoo Mi berpura-pura sebagai mahasiswa di depan mantan pacarnya, padahal ia hanya seorang pekerja serabutan.

Saat mulai bekerja sebagai pelayan di rumah seorang desainer, Yoo Mi menemukan paspor Amerika milik atasannya.

Dari sanalah terpikirkan oleh Yoo Mi untuk mengganti nama menjadi Lee Anna, bahkan mengarang resume palsu supaya bisa mengajar di akademi seni. Kebohongan Yoo Mi semakin besar sehingga ia harus menjalani kehidupan ganda sebagai orang lain.

Baca Juga: Drama Korea Dream High, Akting Lawas Bae Suzy dan Kim Soo Hyun

Yoo Mi memiliki seorang teman bernama Ji Won (Park Ye Young) yang sangat bisa diandalkan. Berkat koneksi dari Ji Won, Yoo Mi bisa menjalani kehidupan yang lebih baik sebagai Anna meski ia harus kehilangan jati diri yang asli.

Menikah dengan Seorang CEO Ambisius

Kontroversi drama Korea Anna, identitas baru Yoo Mi sebagai Anna rupanya menarik perhatian Choi Ji Hoon (Kim Joon Han), seorang CEO yang ambisius.

Ji Hoon menikahi Anna bukan karena cinta, tapi karena sosok Anna terlihat meyakinkan karena punya latar belakang pendidikan di luar negeri. Ji Hoon bahkan sampai mau mendirikan sebuah yayasan dengan nama Anna.

Lee Hyun Joo tidak tinggal diam melihat Yoo Mi memanfaatkan namanya. Hyun Joo menyelidiki latar belakang Anna dan berusaha membongkar kebohongannya.

Akan tetapi, Yoo Mi memohon kepada Hyun Joo untuk membiarkannya pergi dan berjanji akan mengakhiri kebohongan tersebut.

Terlepas dari kontroversi drama Korea Anna yang beredar, kiprah Bae Suzy di dunia hiburan memang tidak main-main.

Sebelumnya, ia telah sukses membawakan peran di drama Start Up dan Vagabond. Meski alur cerita drama Anna terasa hambar dan konfliknya tidak begitu menantang, penonton akan memahami segala kejenuhan dan kebosanan dalam sosok Yoo Mi. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)