Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita CiamisMacan Kumbang Turun Gunung, Warga Ciamis Diimbau Tak Pergi ke Hutan

Macan Kumbang Turun Gunung, Warga Ciamis Diimbau Tak Pergi ke Hutan

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Fenomena macan tutul atau kumbang yang turun dari Gunung Sawal, di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, disikapi serius oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA).

Pihak BKSDA  mengimbau, kepada warga khususnya yang ada di Dusun Sukamaju, Desa Talagasari, Kecamatan Kawali, agar tidak pergi ke hutan seorang diri, sebelum macan tutul itu kembali ke habitatnya.

Baca juga: Macan Tutul Gunung Sawal Masuki Desa, Warga Cikupa Ciamis Resah

Lili, Kepala Dusun Sukamaju, Desa Talagasari membenarkan jika petugas BKSDA melarang warga pergi ke hutan gunung Sawal seorang diri.

“Kalaupun memaksakan pergi ke hutan seorang diri, harus memukul apa saja yang sekiranya bisa mengeluarkan suara sehingga tidak terasa sepi,” ujar Lili Rabu (7/7/2022).

Lanjutnya, berdasarkan penjelasan petugas BKSDA Kabupaten Ciamis sebetulnya macan kumbang juga takut oleh manusia.

Kemudian kata Lili, jika upaya penghalauan tidak membuahkan hasil, dan macan masih turun gunung serta berkeliaran di sekitar pemukiman penduduk, maka akan ada tahap evakuasi penangkapan oleh tim BKSDA.

“Jika tak juga kembali ke habitatnya, maka petugas akan melakukan evakuasi penangkapan,” jelasnya. (Edji/R8/HR Online/Editor Jujang)