Senin, Agustus 15, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Air Ketuban Keruh Saat Hamil Tua, Kenali Sejak Awal!

Makanan Penyebab Air Ketuban Keruh Saat Hamil Tua, Kenali Sejak Awal!

Makanan penyebab air ketuban keruh perlu Anda ketahui sejak awal kehamilan. Kehamilan memang menjadi momen yang membahagiakan untuk pasangan suami istri.

Agar kehamilan tetap sehat hingga persalinan, maka seorang ibu perlu memperhatikan pola makan yang ia konsumsi setiap hari. 

Mulai dari asupan nutrisi untuk perkembangan janin hingga makanan yang aman selama masa kehamilan.

Terdapat makanan pantangan yang mempengaruhi kesehatan ibu hamil hingga menjadikan air ketuban keruh. Jika hal tersebut terjadi, akan membahayakan kondisi janin dalam kandungan. 

Ketahui Makanan Penyebab Air Ketuban Keruh Saat Hamil

Air ketuban yang normal berwarna bening sedikit kekuningan. Akibat mengonsumsi makanan secara sembarangan, air ketuban tersebut bisa menjadi keruh dan memberi dampak buruk untuk janin.

Baca juga: Pantangan Makanan Setelah Melahirkan yang Harus Dihindari

Fungsi dari air ketuban ini adalah untuk melindungi janin dari benturan luar hingga membantu perkembangan organ janin menjadi lebih sehat. Untuk menjaga air ketuban tetap jernih, sebaiknya Anda menghindari makanan berikut ini. 

Makanan Tidak Higienis

Salah satu penyebab ketuban keruh adalah makanan yang tak steril atau tidak higienis. Beberapa makanan tersebut memicu masalah pada air ketuban hingga berujung pada infeksi.

Makanan dalam artian kotor dan tidak terjamin kebersihannya perlu Anda hindari sejak awal kehamilan

Salah satu makanan penyebab air ketuban keruh adalah gorengan. Gorengan merupakan makanan yang mengandung minyak jenuh sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol pada ibu hamil.

Minyak jenuh dapat menyebabkan penyakit jantung dan hipertensi. Akibat yang paling berbahaya adalah membuat air ketuban cepat keruh dan berdampak negatif pada kesehatan janin. 

Baca juga: Makanan yang Dihindari Saat Hamil Muda, Cegah Masalah Kehamilan

Selain gorengan, makanan yang tidak terjamin kebersihannya adalah beberapa makanan dari pedagang kaki lima.

Bukan berarti semua makanan pedagang kaki lima tidak sehat, namun pengaruh dari lokasi tertentu dan penggunaan minyak curah di beberapa pedagang membuat Anda harus berhati-hati memilih makanan. 

Makanan Belum Matang

Makanan penyebab air ketuban keruh selanjutnya adalah makanan yang belum matang. Jika Anda ibu hamil mengonsumsi makanan mentah maupun belum matang, berisiko air ketuban semakin keruh.

Penyebabnya adalah bakteri yang menempel pada makanan setengah matang tidak baik untuk ibu hamil.

Oleh karena itu, penting sekali memperhatikan tingkat kematangan makanan maupun olahan masakan apapun. 

Baik sayuran maupun protein hewani yang pengolahannya kurang baik dapat menyebabkan beberapa macam organisme tidak mati. Akibatnya, dapat menginfeksi ibu hamil

Makanan yang Pencuciannya Kurang Bersih

Penyebab air ketuban keruh salah satunya karena mengonsumsi makanan dari bahan yang pencuciannya tidak bersih. Mulai dari sayuran dan buah-buahan yang tidak dicuci bersih.

Baca juga: Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil Muda, Ini Daftar Pilihannya!

Meskipun secara nutrisi sayuran dan buah tersebut memiliki gizi yang baik untuk janin, namun akibat tidak bersih dalam mencucinya membuat kandungan peptisida pada buah maupun sayur membahayakan kesehatan ibu dan janin. Efek yang bisa terjadi adalah air ketuban keruh, mual-mual, hingga gangguan sistem pencernaan. 

Makanan Tinggi Gula (Terlalu Manis)

Beberapa hal yang perlu Anda waspadai terkait makanan penyebab air ketuban keruh yakni makanan yang memiliki tingkat gula tinggi.

Terutama adanya manis buatan pada makanan tersebut. Hal ini memicu kondisi ibu hamil mengalami diabetes.

Tahukah Anda, mengonsumsi makanan terlalu manis menyebabkan ibu hamil merasakan risiko besar. Sebaiknya ibu hamil menghindari jenis makanan yang menyebabkan naiknya kadar gula darah. 

Baca juga: Sayuran yang Baik Bagi Ibu Hamil, Ini Dia Daftarnya!

Jenis makanan tersebut seperti makanan kaleng dan buah olahan. Mengonsumsi makanan kaleng yang sudah larut dalam larutan gula justru memicu air ketuban keruh. Baik buah kemasan kaleng dan makanan kalengan lainnya perlu Anda hindari.  

Kue dan Kismis Kering

Selanjutnya adalah kue dan kismis kering. Kue kering termasuk cemilan yang banyak diminati sebagian orang, termasuk ibu hamil.

Namun dalam pembuatan kue kering tersebut terdapat gula serta tepung yang secara kedokteran tidak baik untuk kesehatan.

Sebaiknya Anda menghindari kue kering untuk cegah air ketuban keruh. Begitu juga dengan kismis kering.

Makanan penyebab air ketuban keruh ini memiliki kandungan gula yang kurang baik untuk ibu hamil. Kadar gula yang tinggi pada kismis mampu meningkatkan kadar gula darah. Hal ini memicu air ketuban cepat keruh. (R10/HR-Online)