Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap Permanen, Ini Jenisnya!

Makanan Penyebab Bau Badan Tak Sedap Permanen, Ini Jenisnya!

Makanan penyebab bau badan tidak hanya berasal dari bawang. Semua makanan yang Anda konsumsi berpotensi menyebabkan bau ketiak hingga bau badan. Dengan begitu Anda yang memiliki masalah dengan bau badan harus mengurangi konsumsi makanan pantangan tersebut.

Seringnya seseorang hilang kepercayaan dirinya hanya karena masalah satu ini. Bau badan berasal dari keringat yang mengenai bakteri permukaan kulit.

Baca juga: Manfaat Daun Beluntas Berkhasiat Usir Bau Badan Hingga Keputihan

Pada dasarnya keringat yang keluar dari tubuh kita tidak memiliki bau. Namun apa yang Anda makan bisa menjadi penyebab utama aroma menyengat yang keluar dari tubuh dan tanpa sadar tercium oleh orang lain. Lalu apa saja makanan pemicu bau keringat tersebut?

Jenis Makanan Penyebab Bau Badan yang Perlu Anda Ketahui

Beberapa makanan ini perlu Anda batasi konsumsinya demi menghindari bau menyengat.

Makanan Junk Food

Daftar pertama yang sebaiknya Anda hindari adalah makanan junk food atau olahan beku. Junk food ini mengandung gula dan zat lainnya yang mampu memicu bau keringat dan aroma tubuh yang menyengat.

Selain tidak baik untuk tubuh, junk food memicu penyakit lainnya yang menyebabkan masalah kesehatan.

Kandungan lemak jenuh di dalamnya cukup banyak. Jika Anda terlalu sering mengonsumsinya maka Anda akan mendapatkan bau badan yang tidak sedap.

Makanan Olahan Daging Merah

Beberapa penelitian telah menyebutkan, daging merah menjadi makanan penyebab bau badan. Konsumsi daging merah dapat memicu bau ketiak parah.

Baca juga: Manfaat Daun Walang Sangit Ampuh Atasi Bau Badan Hingga Anemia

Hasil sebuah penelitian sekelompok pria yang mengonsumsi daging merah dua kali selama 14 hari menyebabkan bau badan.

Berbeda hasilnya dengan beberapa kelompok yang tidak mengonsumsinya dalam waktu yang sama, mereka tidak ada masalah dengan bau badan.

Kemudian dari 30 wanita yang mencium bantalan dari ketiak orang yang tidak mengonsumsi daging merah menyatakan tidak ada bau sama sekali.

Ketika seseorang mengonsumsi daging merah justru memiliki aroma tubuh yang tidak sedap. Sebaiknya Anda membatasi konsumsi olahan daging merah ini dan sebatas pemenuhan protein untuk tubuh saja.

Makanan yang Mengandung Sulfur

Jenis makanan penyebab bau badan ini juga menjadi deretan makanan yang perlu Anda hindari. Jika ingin mendapatkan aroma tubuh yang wangi.

Makanan dengan sulfur berupa Lobak, Kubis, Brokoli, dan lainnya.

Bahkan beberapa makanan olahan yang terdiri dari bahan ini mampu meningkatkan jumlah keringat. Selain itu mempengaruhi kelembaban ketiak sehingga berbau menyengat.

Baca juga: Tawas Pengganti Deodoran, Penghilang Bau Badan Alami

Bumbu dapur juga mengandung sulfur, mulai dari bawang putih, jinten, dan bawang bombay. Selain menyebabkan bau keringat yang busuk, juga memicu bau mulut yang tak sedap.

Baik lobak hingga bawang putih, cukup agresif dalam menghilangkan elemen berguna dalam tubuh. Jintan terus mempengaruhi limbah pori beberapa hari dan membuat bau urin lebih kuat.

Makanan dengan Bau Menyengat

Salah satu makanan yang bisa menyebabkan bau badan menyengat adalah olahan durian atau campuran dengan buah durian.

Meskipun durian memiliki rasa yang khas dan lezat, namun buah ini mengandung gas dan bau yang dapat memicu aroma tubuh yang tidak sedap.

Terlebih pada durian yang terlalu matang, baik olahan makanan atau buah ini memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan sulfur.

Karena baunya sangat menusuk, bisa-bisa Anda memiliki aroma tubuh yang tak sedap dalam waktu yang lama.

Makanan laut

Makanan penyebab bau badan ini cukup menjadi favorit orang Indonesia. Bagi Anda pecinta seafood perlu waspada. Makanan laut ini menjadi salah satu penyebab mengapa seseorang memiliki bau yang tak sedap.

Terutama pada seseorang yang memiliki kelainan dengan metabolisme tubuh. Misalnya saja seperti trimetilaminuria yaitu kelainan yang dapat menyebabkan tubuh tidak mampu untuk memproses senyawa kimia di dalam seafood.

Makanan Pedas dan Kari

Selanjutnya adalah makanan pedas. Jenis ini memiliki kandungan kimia yang dapat masuk ke pembuluh darah.

Sehingga mempengaruhi keringat dan juga nafas. Dari makanan pedas ini seseorang memiliki potensi memiliki keringat berlebih dan cukup menyengat.

Baca juga: Produk Penghilang Bau Badan, Cegah Ketiak Basah

Terutama makanan kari dengan kuah kental dan aroma kari yang menyengat. Meskipun Anda sudah tidak mengonsumsinya esok hari, namun bau badan dari kari tetap tidak akan hilang.

Anda juga terus menerus dapat merasakan dari bau ketiak yang lembab dan basah.

Makanan penyebab bau badan ini sebaiknya Anda hindari. Bukan berarti Anda tidak bisa mengonsumsi makanan pantangan yang bisa timbulkan penyakit ini, namun membatasi atau tidak berlebihan adalah solusinya. (R10/HR-Online)