Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita TerbaruMakanan Penyebab Sering Buang Air Kecil, Perlu Anda Kenali!

Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil, Perlu Anda Kenali!

Makanan penyebab sering buang air kecil penting sekali Anda kenali. Buang air kecil beberapa kali dalam sehari memang merupakan kondisi yang normal. Akan tetapi, jika Anda buang air kecil berulang kali dalam sehari bisa saja ini tidak normal.

Kondisi sering buang air kecil juga bisa membuat aktivitas Anda sehari-hari menjadi tidak nyaman, bahkan mengganggu. Penyebab sering buang air kecil juga bermacam-macam. Mulai dari penyakit hingga jenis makanan yang Anda konsumsi.

Baca Juga: Makanan Penyebab Sering Kentut, Perlu Anda Perhatikan Konsumsinya

Kenali Makanan Penyebab Sering Buang Air Kecil ini!

Tidak semua makanan bisa memicu seringnya buang air kecil. Akan tetapi, ada beberapa jenis makanan yang bisa menyebabkan sering buang air kecil yang harus Anda kenali.

Dengan begitu, Anda bisa menghindarinya agar tidak bisa mengganggu kenyamanan aktivitas Anda sehari-hari.

1. Jus Buah

Dalam jus buah pada umumnya terdapat kandungan sorbitol. Banyak juga yang menyebut sorbitol ini dengan sebutan glusitol.

Jadi metabolisme gula alkohol dalam tubuh bisa menjadi lebih lambat. Sorbitol ini juga mempunyai efek diuretik pada sistem tubuh. Apa itu efek diuretik? Jadi, diuretik merupakan obat untuk membuang garam dan air dalam tubuh lewat urin.

Maka dari itu, tak heran jika minum jus buah bisa membuat seseorang mengalami kondisi sering buang air kecil.

2. Makanan Asam

Makanan dengan citarasa yang asam seperti buah nanas, jeruk, lemon, dan tomat bisa menimbulkan frekuensi air seni menjadi lebih meningkat.

Tidak berbeda dengan makanan pedas, sifat asam sitrat dan nitrat dalam makanan bisa menjadikan kandung kemih terjadi iritasi.

Permasalahan ini bisa menjadikan otot pada saluran kemih menjadi kendur. Dengan begitu, kondisi ini bisa memicu timbulnya gangguan sering buang air kecil. Sehingga, sangat mengganggu aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, hindari makanan penyebab sering buang air kecil ini.

Baca Juga: Makanan Penyebab Ambeien, Mulai dari Makanan Pedas Hingga Asin

3. Minuman Kafein

Minuman yang mengandung kafein juga bisa mengakibatkan meningkatnya frekuensi buang air kecil pada seseorang. Mengapa demikian?

Berbagai minuman yang memiliki kandungan kafein seperti teh, kopi, dan minuman berenergi juga memiliki sifat diuretik.

Efek diuretik inilah yang menjadikan kandung kemih seseorang yang mengkonsumsi minuman berkafein menjadi lebih sensitif. Dengan begitu akan memproduksi urin yang jumlahnya lebih banyak daripada biasanya.

4. Gula

Dalam gula terdapat kandungan karbohidrat yang tinggi. Nah, gula juga bisa meningkatkan risiko urine menjadi lebih asam. Dengan begitu, bisa meningkatkan risiko gangguan kesehatan berupa ISK atau infeksi saluran kencing.

Jadi, pada dasarnya gula menyediakan nutrisi untuk bakteri. Kemudian bakteri inilah yang bisa menjadi penyebab gangguan infeksi saluran kencing atau ISK pada wanita

Baca Juga: Makanan Penyebab Sakit Pinggang Jangan Anggap Remeh, Cek Disini!

5. Soda

Jika Anda sering mengkonsumsi minuman yang bersoda, maka bisa membuat kandung kemih Anda menjadi terinfeksi. Kemudian, efek yang akan timbul dari permasalahan tersebut yaitu sering buang air kecil yang disertai rasa sakit.

Maka dari itu, hindari mengkonsumsi berbagai jenis makanan penyebab sering buang air kecil ini secara berlebih. Agar kesehatan kandung kemih Anda tidak terganggu. (R10/HR-Online)