Selasa, September 27, 2022
BerandaBerita TerbaruManfaat Daun Patikan Kebo untuk Kesehatan, Bisa Obati Asma!

Manfaat Daun Patikan Kebo untuk Kesehatan, Bisa Obati Asma!

Manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan memang luar biasa. Meskipun hanya sebagai tanaman pengganggu, namun banyak manfaat yang tersimpan dalam tumbuhan yang masuk dalam jenis gulma ini.

Daun patikan kebo memiliki nama latin Euphorbia Hirta. Tanaman ini merupakan jenis tumbuhan herbal yang memiliki banyak manfaat hampir dalam setiap bagiannya.

Namun getah susu yang keluar saat Anda memetik batang atau daunnya merupakan racun. Jadi, Anda harus berhati-hati supaya tidak terkena getah tersebut.

Baca Juga: Tanaman Obat Penyakit Kulit yang Mudah Dicari

Segudang Manfaat Daun Patikan Kebo bagi Kesehatan

Meskipun patikan kebo tumbuh sebagai tanaman pengganggu, namun banyak kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Daun patikan kebo mengandung zat kalsium, natrium, dan juga litium. Selain itu, dalam tanaman ini juga terdapat kandungan vitamin C, fenolik, dan juga beta-karoten.

Lalu, apa saja manfaat daun patikan kebo untuk kesehatan? Simak berbagai manfaatnya berikut ini!

Obat Malaria

Sifat antiplasmodial yang terdapat pada daun patikan kebo ini bisa bermanfaat untuk mengatasi gangguan kesehatan seperti demam.

Selain itu, tanaman herbal ini juga bisa berpotensi untuk mengobati malaria sebab terdapat ekstrak etanol.

Untuk pengobatan malaria, daun patikan kebo harus Anda kombinasikan dengan penggunaan daun vernonia amygdalina.

Sebab, dalam daun ini terdapat kandungan flavonoid, terpenoid, alkaloid, tanin, dan saponin yang mendukung manfaat daun patikan kebo ini.

Baca Juga: Manfaat Tanaman Patah Tulang, Herbal Ampuh untuk Obat Luar

Mengurangi Gangguan Pernapasan

Daun patikan kebo juga bisa berkhasiat untuk mengurangi gejala gangguan pernapasan yang sangat mengganggu, seperti asma.

Sebab, pada tanaman ini memiliki sejumlah kandungan yang hampir sama dengan obat pernapasan.

Sehingga, bisa memberikan efek rileks pada saluran udara atau bronkus. Kemudian, bisa juga bermanfaat membantu mengurangi gejala asma.

Tak hanya asma, tanaman ini juga banyak dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk masalah sakit tenggorokan, bronchitis, dan juga batuk kronis. 

Menyehatkan Kulit

Daun Euphorbia juga bisa bermanfaat untuk membantu mengobati iritasi untuk permukaan kulit Anda.

Sebab, pada daun ini terdapat kandungan antioksidan yang bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

Bahkan mampu merangsang aliran darah menuju ke kulit. Jadi, bisa menumbuhkan sel-sel baru dengan lebih cepat.

Maka dari itu, banyak produk kesehatan kulit yang di dalamnya terdapat kandungan daun ini. Selain bisa menyehatkan kulit, kandungan yang ada dalam daun ini bisa bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan kulit.

Baca Juga: Manfaat Daun Anyang-anyang Sebagai Obat Herbal Berbagai Penyakit

Efek Samping Daun Patikan Kebo

Meskipun secara penelitian belum menemukan efek samping tanaman herbal ini secara pasti, namun sebaiknya tidak menggunakan daun ini secara berlebihan.

Jika mengonsumsi secara berlebihan, maka bisa mengakibatkan efek mual dan muntah. Lebih baik sebelum mengonsumsinya, sebaiknya Anda berkonsultasi dengan ahlinya praktisi obat herbal.

Meskipun manfaat daun patikan kebo cukup baik untuk kesehatan, namun lebih baik jika Anda tidak mengonsumsinya secara berlebihan. (R10/HR-Online)