Kamis, Oktober 6, 2022
BerandaBerita BanjarMasak Air, Dapur Rumah Warga Kota Banjar Malah Ludes Terbakar

Masak Air, Dapur Rumah Warga Kota Banjar Malah Ludes Terbakar

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Bagian dapur rumah milik Sri Hayati (35) warga Dusun Sinargalih RT 04, RW 02, Desa Langensari, Kota Banjar, Jawa Barat, ludes terbakar pada Senin (11/7/2022) sekitar pukul 12.30 WIB.

Bangunan dapur rumah milik Sri tersebut ludes terbakar saat memasak namun lupa ditinggal pergi.

Kepala UPTD Pemadam Kebakaran Kota Banjar Aam Amijaya mengatakan, saat itu sebelum terjadi kebakaran ayah pemilik rumah, Setio Utomo tengah memasak air di dapur rumah.

Ia memasak air menggunakan tungku. Saat memasak air tersebut, Setio Utomo pergi ke bagian depan rumah. Setelah itu, tiba-tiba api sudah membakar bagian atap dapur rumah.

“Penyebabnya diduga api berasal dari tungku, lalu merembet ke dinding dapur. Kemungkinan bapaknya itu lupa karena dia sudah berusia lanjut,” kata Aam kepada HR Online.

Baca Juga: Kebakaran Lahan Seluas 1 Hektar di Kota Banjar, Diduga Akibat Puntung Rokok

Lanjutnya, warga kemudian berupaya memadamkan api di dapur rumah menggunakan alat seadanya untuk mengambil air dari sumur sebelum tim petugas Damkar Kota Banjar datang ke lokasi.

Selain itu, antisipasi api agar tidak merambat ke rumah, warga juga merobohkan bagian dapur sehingga sebagian aset masih bisa diselamatkan.

“Bagian dapurnya itu menyatu dengan rumah jadi warga inisiatif merobohkan bagian dapur agar api kebakaran tidak merambat ke bagian yang lain,” katanya.

Lebih lanjut ia mengatakan, setelah sekitar setengah jam api kebakaran akhirnya berhasil dipadamkan dan tim petugas langsung melakukan pendinginan.

Akibat kejadian tersebut, kata Aam, dapur rumah dan alat-alat perabotan rumah habis terbakar. Pemilik rumah diperkiraan mengalami kerugian sekitar Rp 10 juta.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Hanya kerugian material akibat bangunan dapur terbakar. Perkiraan kerugian sekitar 10 jutaan,” kata Aam. (Muhlisin/R7/HR-Online/Editor-Ndu)