Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita BanjarNakes di Kota Banjar Mulai Vaksin Booster Kedua, Masyarakat Umum Kapan?

Nakes di Kota Banjar Mulai Vaksin Booster Kedua, Masyarakat Umum Kapan?

Berita Banjar, (harapanrakyat.com),- Dinas Kesehatan Kota Banjar, Jawa Barat, akan segera menjadwalkan pemberian vaksin booster dosis kedua. Vaksinasi itu lebih fokus untuk tenaga kesehatan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjar dr. Andi Bastian mengatakan, bahwa pihaknya telah menerima surat edaran dari Kemenkes RI tentang pelaksanaan vaksin booster kedua. 

“Kita sudah menerima surat edaran dari Kementerian Kesehatan tentang pelaksanaan vaksin booster kedua,” kata Andi Bastian, Jumat (29/7/2022). 

baca juga: Jelang Porprov, Atlet Kota Banjar Jalani Tes Kebugaran

Ia menjelaskan, saat ini sasaran penerima vaksin tersebut lebih diprioritaskan untuk tenaga kesehatan. 

“Ini untuk sumber daya bidang kesehatan dan sudah bisa mulai dari hari ini. Selanjutnya sambil kita melihat bagaimana capaian-capaian vaksin tersebut bahwa SDM kesehatan ini sudah melaksanakan booster kesatu 100 persen,” jelasnya. 

Menurutnya, vaksin yang akan digunakan untuk kedua ini bisa saja jenis yang sama dengan sebelumnya. Namun bisa saja berbeda. 

“Untuk melaksanakan yang kedua ini kita akan menggunakan vaksin yang ada, bisa jenis yang sama ataupun jenis berbeda. Paling penting sebelumnya sudah terlaksana,” terangnya. 

Dalam aturan, kata Andi, rentang waktu pemberian vaksin booster kesatu dan kedua minimal 6 bulan. 

Hal ini sesuai arahan Kemenkes yang memandang perlu pemberian vaksin booster untuk tenaga kesehatan.

Sementara itu, masyarakat umum juga akan mendapat vaksin tersebut setelah tenaga kesehatan selesai secara keseluruhan. 

“Saat ini nakes dulu. Tidak menutup kemungkinan nanti semuanya untuk mencegah penyebaran, tapi karena suratnya belum keluar. Untuk yang selain nakes kita tunggu saja,” pungkasnya. (Sandi/R6/HR-Online)