Kamis, Agustus 11, 2022
BerandaBerita TerbaruNgarai Valles Marineris di Mars Terlihat Memukau, Sangat Besar!

Ngarai Valles Marineris di Mars Terlihat Memukau, Sangat Besar!

Ngarai Valles Marineris di Mars tampak begitu menakjubkan dari gambar yang ditangkap oleh pesawat ruang angkasa milik Badan Antariksa Eropa (ESA).

Pesawat ruang angkasa bernama Mars Express tersebut mengungkap pemandangan baru dari Valles Marineris yang merupakan sebuah ngarai atau lembah di planet merah tersebut.

Dari gambar terlihat bahwa Valles Marineris menjadi sistem ngarai terbesar yang ada di Tata Surya.

Baca Juga: Misteri Balance Rock di Mars Hebohkan Warganet, Campur Tangan Alien?

ESA Bagikan Gambar Paling Detail Ngarai Valles Marineris di Mars

Badan Antariksa Eropa (ESA) membeberkan tangkapan dari pesawat ruang angkasa mereka, Mars Express yang begitu menakjubkan.

Gambar Valles Marineris terlihat begitu detail. Mars Express mengambil gambar tersebut dengan Kamera Stereo Resolusi Tinggi (HRSC).

Ngarai atau lembah ini berbeda dari Grand Canyon yang ada di Sungai Colorado. Valles Marineris kemungkinan terbentuk dari lempeng tektonik yang terpisah.

Adanya berbagai gerakan kekerasan di permukaan Mars membuat lantai ngarai yang bergerigi terbentuk, seperti yang terlihat di dalam gambar terbaru tersebut.

Baca Juga: Pintu Alien di Mars Dibagikan Robot Penjelajah NASA, Ini Penjelasan Ahli!

Parit di Sekitar Lembah

Pesawat ruang angkasa bernama Mars Express milik ESA tersebut telah mengorbit di Mars sejak tahun 2003 silam.

Mereka berhasil menangkap detail dua parit yang membentuk di bagian barat Valles Marineris, yaitu Tithonium Chasma dan Chasma.

Gambar yang ada tidak hanya mengungkap detail permukaan Valles Marineris secara luar biasa. Akan tetapi juga menyoroti tentang ukuran dari kedua parit yang begitu mengesankan.

ESA menyebut hal itu terjadi karena lempeng tektonik terpisah. Kemudian hal tersebut menyebabkan terbentuknya segitiga batu bergigi yang tampak seperti gigi.

Seiring dengan berjalanya waktu, formasi dari batuan ini pun telah runtuh dan terus terkikis.

Baca Juga: Blackthorn Salt di Mars Memiliki Fitur Mirip Bunga, Ini Kata Para Ahli!

Memiliki Ukuran Luar Biasa

Hal yang menjadi sorotan adalah ukuran dari Ngarai Valles Marineris di Mars yang sungguh luar biasa. Ngarai ini membentang sepanjang 4.000 kilometer dengan lebar 200 km, serta kedalaman mencapai 7 km.

Ukuran tersebut hampir 10 kali panjang, 20 kali lebar, serta 5 kali lebih dalam dari lembah Grand Canyon.

Luas Chasma yang berada di sisi selatan Ngarai terbentuk sepanjang 840 kilometer, sedangkan Titanium Chasma di sisi utaranya memiliki panjang 805 km.

Sebagai perbandingan, Grand Canyon memiliki total panjang 446 km dan lebih dari 1 mil pada titik terdalamnya. Dibandingkan dengan kondisi Bumi, Valles Marineris seperti terbentang dari utara Norwegia hingga ujung selatan Sisilia.

Pandangan ESA dari dua jurang menangkap fitur pada permukaan Mars yang sangat beragam, seperti halnya keberadaan bukit pasir gelap yang tercipta akibat aktivitas dari gunung berapi di sekitarnya.

Lebih lanjut, berbagai pesawat ruang angkasa yang mempelajari Valles Marineris telah menunjukkan bukti bahwa kemungkinan air cair pernah mengisi lembah tersebut.

Misi Mars Express sudah mendeteksi tanda keberadaan mineral sulfat yang mengandung air pada area sekitar Ngarai Valles Marineris di Mars, Tithonium Chasma. Sementara itu, Trace Gas Orbiter mendeteksi adanya es air di bawah permukaan Condor Chaos. (R10/HR-Online)