Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPaparan Air pada Meteorit Mars, Usianya Sudah 1,3 Miliar Tahun!

Paparan Air pada Meteorit Mars, Usianya Sudah 1,3 Miliar Tahun!

Paparan air pada meteorit Mars menjadi penemuan baru oleh para tim ilmuwan dari Lund University. Mereka memang tengah memeriksa bagan dari Miller Range atau MIL 03346 yang merupakan sebuah meteorit nakhlite dari Miller Range di Antartika.

Saat pemeriksaannya, ternyata tim ilmuwan menemukan paparan air terbatas pada meteorit planet merah yang berusia 1,3 miliar tahun tersebut.

Baca Juga: Asal Air di Bumi Benarkah dari Meteorit? Ini Penjelasannya

Temuan Paparan Air pada Meteorit Mars

Meteorit merupakan batuan dari luar angkasa. Beberapa dari meteorit seringkali masuk ke dalam Bumi, namun karena ukurannya yang relatif kecil maka tidak berdampak apa-apa.

Beberapa meteorit yang jatuh ke Bumi tersebut biasanya para tim ilmuwan jadikan bahan penelitian. Mereka akan meneliti asal, usia, hingga kandungan dari batu luar angkasa tersebut.

Kini para ilmuwan juga bisa meneliti dengan lebih mudah sampel luar angkasa karena kemajuan teknologi yang memberikan alat-alat penelitian canggih.

Seperti yang tim ilmuwan dari Lund University saat ini. Mereka kini tengah meneliti bagian dari meteorit Mars yang bernama Mile Range (MIL) 03346.

Meteorit nakhlite dari Miller Range tersebut sudah berusia sekitar 1,3 miliar tahun. Para ilmuwan menggunakan metode neutron dan tomografi sinar-X Untuk meneliti lebih lanjut meteorit ini .

Laporan penelitian tersebut kini sudah terbit di jurnal Science Advances dan memiliki akses terbuka. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa meteorit ini pernah terpapar oleh air.

Sebagai informasi, nakhlite memang sekelompok meteorit dari Mars beku yang kaya akan kandungan mineral, terkenal dengan sebutan piroksen dan olivin.

Salah satu temuan kunci dalam temuan ini adalah terestrial dari Mars yang merupakan perubahan cairan butiran livin.

Hingga saat ini, semua nakhlite yang teridentifikasi diperkirakan berasal dari sistem vulkanik yang sama. Hal itu berasal dari kondisi geologi batuan dan pembentukannya, geokimia, serta usia ejeksi yang sama, yakni 11 juta tahun.

Baca Juga: Penemuan Gula dalam Meteorit, Petunjuk Asal Kehidupan di Bumi

Usia dan Letak Meteorit

Penemuan paparan air pada meteorit Mars ini memang membuat para ilmuwan juga bertanya-tanya mengenai usianya.

Sebagai meteorit nakhlite, maka mereka berada setidaknya dalam empat peristiwa magnetik dengan rentang usia kristalisasi 1,42 hingga 1,32 miliar tahun yang lalu.

Lokasi dari sumber ini adalah Syrtis Major, dataran vulkanik Elysium-Amazonis, Medan vulkanik besar di Northern Plains, dan juga Tharsis.

Elysium-Amazonis merupakan salah satu dataran yang ada di Mars dan terletak di antara wilayah Tharsis dengan Elysium. Menurut perkiraan, dataran ini berusia 100 juta tahun.

Josefin Martell, mahasiswa doktoral Lund University mengatakan bahwa penyelidikan meteorit ini penting karena air menjadi pusat pertanyaan apakah pernah ada kehidupan di planet Mars.

Baca Juga: Fosil Es di Meteorit Ditemukan Ilmuwan, Berusia 4,6 Miliar Tahun

Untuk dapat menjawab itu, Martell dan rekannya menggunakan neutron serta tomografi sinar-X dalam penelitian.

Tomografi sinar-X untuk meneliti paparan air pada meteorit Mars juga kemungkinan akan NASA gunakan untuk memeriksa sampel dari Mars pada tahun 2030. (R10/HR-Online)