Kamis, Agustus 18, 2022
BerandaBerita TerbaruPengertian Gerak Parabola: Karakteristik, Rumus, dan Juga Contohnya!

Pengertian Gerak Parabola: Karakteristik, Rumus, dan Juga Contohnya!

Pengertian gerak parabola terjadi ketika sebuah benda bergerak di lintasannya secara tidak lurus dan membentuk parabola.

Hal tersebut dapat terjadi karena adanya perpaduan antara Gerak Lurus Beraturan atau GLB dan juga Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB.

Kedua gerak tersebut nantinya akan membentuk sebuah sudut elevasi yang ada pada sumbu x (horizontal) dan juga sumbu y (vertikal). Sumbu x sendiri adalah GLB sedangkan y berupa GLBB.

Baca Juga: Kinematika Gerak Lurus: Memahami Pengertian dan Rumusnya

Apa Pengertian Gerak Parabola dan Karakteristiknya?

Kamu pasti pernah melempar bola. Jika kamu memperhatikan, bola yang terlempar tersebut akan mencapai titik ketinggian tertentu sebelum turun karena tertarik gravitasi Bumi.

Gerak yang bola tersebut alami merupakan gerak parabola. Parabola merupakan perpaduan antara gerak arah horizontal bersumbu x dengan gerak arah vertikal yang memiliki sumbu y.

Saat gerak parabola terjadi, maka asumsinya adalah tidak ada hambatan di udara. Alhasil, semua benda nantinya akan terjatuh dengan kecepatan yang sama.

Mudahnya, gerak parabola ini akan didorong oleh kecepatan awal dan kemudian menempuh lintasan yang arahnya terpengaruh oleh gravitasi. Adapun nama gerak ini juga terkenal dengan nama gerak peluru.

Berikut ini beberapa karakteristik dari gerak parabola:

  • Gerak ini sama dengan gerak jatuh bebas, semua benda yang melakukan gerak peluru atau gerak parabola ini juga akan terpengaruh oleh adanya gaya gravitasi arah ke bawah pusat Bumi sebesar g = 9,8 m/s2.
  • Gerak parable disebabkan oleh gaya yang mereka terima. Kita akan lebih fokus pada gerak benda yang terlempar dan bergerak bebas di udara dengan adanya pengaruh gravitasi.
  • Terdapat hambatan yang membuat benda mendapat gaya dengan kecepatan awal, gerakan tersebut akan bergantung terhadap gravitasi serta gesekan atau hambatannya.

Baca Juga: Gerak Lurus Beraturan, Pengertian dan Perbedaannya Dengan GLBB

Rumus Gerak Parabola

Setelah mengetahui pengertian gerak parabola, kini kamu juga perlu mengetahui rumusnya. Rumus sumbu x berupa Gerak Lurus Beraturan atau GLB adalah:

Vx = V0x = V0 cos α

Atau jarak dalam arah sumbu x menjadi:

X= Vx t

Sedangkan rumus gerak sumbu y Gerak Lurus Berubah Beraturan atau GLBB adalah:

Vy = kecepatan awal (V0) sin α – gt

Atau jarak pada sumbu y menjadi:

y = kecepatan awal (V0) sin α t – 1/2 gt2

Keterangan:

  • Vx = kecepatan menuju arah sumbu X (m/s)
  • X = jarak yang ada dalam arah sumbu X (m)
  • t = waktu (s)
  • y = jarak yang ada di dalam arah sumbu y (m)
  • Vy = kecepatan menuju arah sumbu y (m/s)
  • g = percepatan gaya gravitasi (ms2)

Baca Juga: Gerak Lurus Berubah Beraturan Dipercepat, Ini Rumus dan Contohnya!

Selain pada bola, gerak parabola ini juga terdapat di beberapa kondisi, seperti halnya gerak peluru yang baru saja ketapel tembakkan.

Selain itu, pengertian gerak parabola juga bisa kamu temukan ketika menerbangkan pesawat terbang dari kertas lipat. Pesawat tersebut akan melambung tinggi hingga pada akhirnya jatuh dipengaruhi adanya gaya gravitasi. (R10/HR-Online)