Senin, Agustus 8, 2022
BerandaBerita BisnisPengertian Saham Bagger dan Kriterianya, Investor Wajib Tahu

Pengertian Saham Bagger dan Kriterianya, Investor Wajib Tahu

Pengertian saham bagger wajib diketahui oleh para trader. Sebab, istilah tersebut mengarah pada kondisi saham yang berpotensi return.

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang memiliki banyak sekali keunggulan.

Selain itu, dalam investasi saham juga banyak istilah yang wajib investor dan trader ketahui.

Istilah-istilah yang ada pada dunia investasi tentu menunjukkan pergerakan atau kondisi saham yang sedang terjadi. Misalnya saja tentang pengertian saham bagger.

Saham bagger merujuk pada kondisi yang baik atau mampu memberikan keuntungan yang tinggi hingga 100%. Agar lebih jelas sebaiknya simak ulasan berikut ini.

Baca Juga: Cara Menghitung Market Cap Saham, Definisi, Faktor dan Contohnya

Pengertian Saham Bagger, Investor Wajib Tahu

Dunia investasi saat ini semakin berkembang pesat. Meski pernah mengalami masa pandemi. Namun kegiatan investasi masih menunggu.

Hal ini membuat masyarakat bisa menjalankannya tanpa harus mengumpulkan banyak uang terlebih dulu. Saham adalah instrumen investasi yang banyak dipilih karena mampu memberikan banyak keuntungan.

Selain itu, saham juga menjadi instrumen dengan cara transaksi mudah. Apalagi kini sudah ada kemajuan dunia digital yang semakin maju.

Hal ini membuat semua investor dapat membantu pergerakan hanya dengan perangkat canggih saja. Bahkan bisa menggunakan smartphone.

Beberapa saham memang bisa mengalami berbagai kondisi. Bisa return yang cukup tinggi hingga mencapai angka 100%.

Pengertian dari istilah bagger ini biasa dikenal juga dengan nama multibagger yang sudah mulai cukup populer sejak tahun 1988.

Bagger itu sendiri berasal dari kata base dari permainan baseball. Di mana menjadi tolak ukur kesuksesan seorang pemain baseball.

Biasanya istilah tersebut banyak yang menggunakan ketika kondisi saham menyebutkan jumlah return. Misalnya saja pengertian saham bagger:

  • 20 bagger, adalah saham yang mampu menghasilkan return sebesar 20 x dari modal awal investasi
  • 30 bagger, menandakan jika sebuah saham bisa menghasilkan return sebesar 30 x dari modal investasi awal,
  • dan seterusnya.

Baca Juga: Saham Masuk Watchlist Bursa Memiliki Kriteria yang Sudah Ditentukan

Kriteria Saham Bagger

Setelah mengetahui penjelasan tentang pengertian saham bagger, Anda pun perlu tahu juga kriterianya. Dalam menentukan saham bagger seorang trader atau investor harus mengetahui kriteria-kriterianya.

Kriteria saham tersebut memiliki ketentuan yang tidak sama. Adapun kriteria secara umum yaitu:

Tidak Memiliki Banyak Utang

Kriteria yang pertama tentu saham tidak memiliki banyak hutang. Hal ini bisa Anda lihat dari pengertian saham bagger yang memiliki profit tinggi. Pastikan perusahaan memiliki level utang yang wajar.

Saham Anti Krisis

Saham bagger yaitu anti kritis. Umumnya memiliki fundamental yang bagus, sehingga tidak mengalami penurunan akibat beberapa sentimen, harga saham yang cepat pulih.

Baca Juga: Strategi Swing Trading Saham Membantu Trader Meraup Keuntungan

Memiliki Price to Earning Ratio (PER) Kecil

Adapun kriteria yang lainnya yaitu sebaiknya mencari saham dengan PER terkecil atau paling kecil.

Sebab jika Anda lihat dari pengertian saham bagger, menunjukkan jika saham memiliki keuntungan tinggi hingga 100%. (R10/HR-Online)