Jumat, Oktober 7, 2022
BerandaBerita TerbaruPenyebab Kompresor AC Mobil Macet, Jangan Dianggap Sepele

Penyebab Kompresor AC Mobil Macet, Jangan Dianggap Sepele

Penyebab kompresor AC mobil macet cukup bervariasi. Sebaiknya segera cek kondisinya untuk dapat mengatasi secara tepat.

Saat ini mobil sudah banyak dilengkapi dengan fitur modern dan menarik.

Semua disediakan demi memberikan kenyamanan bagi pemiliknya. Seperti halnya AC mobil, menjadi komponen yang sudah banyak ditemukan saat ini.

AC mobil menjadi piranti yang bisa membantu pemiliknya lebih nyaman saat berada dalam kendaraan. Namun sama seperti komponen lainnya AC terdiri dari beberapa bagian.

Bagian penting dari komponen tersebut yaitu kompresor. Kompresor itu sendiri adalah bagian yang cukup vital dan cukup mahal.

Ketika bagian tersebut mengalami kerusakan, sudah pasti AC tidak berfungsi dengan normal.

Kerusakan pada kompresor cukup bervariasi, salah satunya yaitu macet atau tidak mau berputar. Untuk itu, sebagai pemilik kendaraan sebaiknya Anda perlu tahu apa saja penyebab kompresor AC mobil macet.

Jika sudah terjadi seperti ini, sebaiknya bawa ke bengkel khusus AC mobil. Sehingga daoat mengatasinya dengan tepat.

Baca Juga: Penyebab Freon AC Mobil Cepat Habis dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kompresor AC Mobil Macet yang Sering Terjadi

AC mobil memiliki peran yang cukup penting. Demi menunjang kenyamanan berkendara atau bahkan saat kondisi jalan macet.

Sama seperti komponen mobil lainnya, AC juga membutuhkan perawatan secara berkala.

Cara ini perlu dilakukan untuk menjaga performa kendaraan. Jika tidak dirawat, AC juga bisa mengalami kerusakan apalagi jika sudah digunakan dalam waktu lama.

Salah satu yang rawan kerusakan yaitu bagian kompresornya. Jika kompresor bermasalah udara tidak akan dingin. Sehingga mengurangi kenyamanan selama berkendara.

Untuk dapat mengatasi kompresor macet ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Berikut ini ada beberapa penyebab yang biasa terjadi saat kompresor macet antara lain:

Magnetic Clutch AC Rusak

Sebenarnya ada beberapa penyebab kompresor AC mobil macet. Salah satunya akibat magnet clutch AC rusak.

Komponen ini adalah elektrikal yang memiliki risiko kerusakan cukup besar.

Untuk memastikan kondisinya rusak atau tidak, bisa mengeceknya menggunakan multimeter. Anda bisa cek dengan arus input ke magnetic clutch.

Jika terdapat arus maka rangkaian baik-baik saja, namun magnetic clutchnya mengalami kerusakan.

Anda perlu melakukan penggantian ketika masalah ini terjadi. Karena komponen tersebut sangat tertutup mengakibatkan komponen tidak mudah untuk diatasi.

Baca Juga: Cara Membersihkan AC Mobil, Bisa Anda Lakukan di Rumah

Sensor Tekanan AC Bermasalah

Sensor tekanan freon AC terletak pada bagian selang high pressure. Peran dari komponen tersebut yaitu untuk menandakan kapan magnetic clutch ON dan OFF.

Saat dalam posisi ON tekanan freon mencapai maksimal, maka sensor akan menonaktifkan. Sehingga tekanan freon bertambah dan berangsur turun.

Kerusakan pada sensor juga bisa menjadi penyebab kompresor AC mobil macet.

Saat masalah ini Anda alami, biasanya akan muncul pertanda cek engine pada dashboard terlihat. Anda bisa mengganti sensor agar kompresor dapat berfungsi kembali.

Freon di Dalam Sistem Kurang

Jika Anda temukan lubang atau retakan pada selang freon, sebaiknya jangan di sepelekan. Lama-kelamaan bisa menimbulkan kebocoran.

Setelah itu, freon akan bekerja lebih keras untuk memenuhi kebutuhan pada bagian kabin mobil. Jika tidak segera Anda atasi masalah ini akan mengakibatkan kompresor semakin buruk.

Fan Melemah

Penyebab kompresor AC mobil macet bisa karena beberapa hal. Saat fan AC mati atau melemah mengakibatkan tekanan freon meningkat.

Akhirnya terjadi overheat yang mengakibatkan kompresor memiliki panas berlebih. Jika sudah terjadi seperti ini bisa-bisa kompresor bocor atau memiliki bunyi yang kasar.

Sebagai pemilik kendaraan segeralah untuk melakukan pengecekan agar dapat mengatasi secara cepat dan tepat.

Baca Juga: Fungsi Kondensor AC Mobil dan Cara Perawatannya

Sensor Suhu Rusak

Selain beberapa penyebab sebelumnya, Anda juga bisa cari tahu apakah masalah berasal dari sensor suhu AC atau bukan. Sensor suhu AC berfungsi sebagai feedback yang dapat mendeteksi suhu dalam kabin.

Jika suhu tidak terlalu dingin, maka magnetic clutch akan menonaktifkan setelah suhu mencapai 30 derajat. Setelah suhu turun 30 derajat magneting clutch akan kembali hidup.

Jika sampai sensor suhu mengalami kerusakan mengakibatkan pembacaan suhu kabin error. Sehingga suhu kabin terasa panas akibat kondisi tersebut.

Solusinya sama dengan yang lain yaitu mengganti sensor suhu dengan yang baru. Hal ini adalah salah satu penyebab kompresor AC mobil macet. (R10/HR-Online)